Studi Bibliometrik: Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Pembelian Produk Kopi di Jawa Timur

Aditya Arief Rachmadhan, Prasmita Dian Wijayati, Akbar Hariputra, Putri Nurmalita Sari, Mirza Ramadhani

Abstract

Berbagai penelitian telah dipublikasikan pada tema faktor-faktor yang memengaruhi pembelian produk kopi di Jawa Timur. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab kebutuhan akan pemetaan penelitian melalui pendekatan bibliometrik. Analisis dokumen menunjukkan tren positif publikasi dan sitasi tahunan; khususnya untuk tahun 2020–2024, dimana terjadi lonjakan jumlah publikasi dan sitasi tahunan pada penelitian tematik. Sedangkan analisis penulis dan afiliasi menunjukkan bahwa kontributor utama pada tema ini berasal dari Provinsi Jawa Timur. Analisis tematik menunjukkan kata kunci “consumer” (konsumen) dan “produk” menjadi subjek penelitian yang paling banyak muncul dalam penelitian tematik. Hasil analisis menemukan empat kluster kata kunci dalam penelitian tematik; sebagai berikut: (1) kluster consumer, (2) kluster produk, (3) kluster customer satisfaction, dan (4) kluster technology.

Keywords

Bibliometrik, Konsumen, Kopi, Pembelian, Produk

References

Altarturi, H. H. M., Nor, A. R. M., Jaafar, N. I., & Anuar, N. B. (2023). A bibliometric and content analysis of technological advancement applications in agricultural e-commerce. Electronic Commerce Research, 25(2), 805–848. https://doi.org/10.1007/s10660-023-09670-z

Ariyani, A. H. M., Wulan, A. C., Sunyigono, A. K., & Subari, S. (2022). ANALYSIS OF THE DEVELOPMENT STRATEGY OF SME RUBATH COFFEE JOMBANG EAST JAVA. Journal of Integrated Agribusiness, 4(2), 21–36. https://doi.org/10.33019/jia.v4i2.3164

Darmawan, V. E. B. (2021). PENERAPAN TEKNOLOGI TEPAT GUNA ERGONOMICS MESH STRAINER TOOL DALAM PENINGKATAN KUALITAS DAN KUANTITAS PRODUKSI KOPI PADA UMKM DJAPA COFFEE DI KABUPATEN MALANG. Jurnal Pengabdian Pendidikan Dan Teknologi (JP2T), 2(2), 106–111. https://doi.org/10.17977/um080v2i22021p106-111

Dewa, R. P., & Tranggono, D. (2022). Strategi Komunikasi Pemasaran Pit-Stop Kopi KIG Gresik dalam Mempertahankan Loyalitas Pelanggan. Jurnal Nomosleca, 8(1), 30–45. https://doi.org/10.26905/nomosleca.v8i1.6569

Febrianto, D., Yuliati, N., & Atasa, D. (2023). PENGARUH SEGMENTASI PASAR TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA CAFÉ SUPER GLU! RUNGKUT. AGROTEKSOS Agronomi Teknologi Dan Sosial Ekonomi Pertanian, 33(2), 561–571. https://doi.org/10.29303/agroteksos.v33i2.933

Gunawan, S., Juwari, J., Aparamarta, H., Darmawan, R., & Rakhmawati, N. A. (2021). Pendampingan Berkelanjutan Sistem Jaminan Halal Bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Sewagati, 5(1), 8–14. https://doi.org/10.12962/j26139960.v5i1.8120

Herawati, A., Listyawati, L., Sarwani, S., Kamariyah, S., & Lestari, D. S. (2024). Penguatan UKM Kopi Rempah Al Jaidi Berbasis Green Economy Di Kecamatan Nglegok, Kabupaten Blitar. TRANSFORMASI JURNAL PENGABDIAN PADA MASYARAKAT, 4(1), 25–39. https://doi.org/10.31764/transformasi.v4i1.22375

Hidayati, F. A., & Prabowo, P. S. (2021). Pengaruh Pengetahuan Dan Religiusitas Konsumen Kopi Kekinian Terhadap Minat Beli Kopi Kekinian Yang Telah Memiliki Sertifikasi Halal. At-Taradhi Jurnal Studi Ekonomi, 12(1), 36–61. https://doi.org/10.18592/at-taradhi.v12i1.4354

Imamah, N., & Iradawaty, S. N. (2022). THE STRATEGY OF COFFEE CUSTOMER SATISFACTION IMPROVMENT THROUGH ATMOSPHERE STORE, DISCOUNTS AND SERVICE QUALITY. JAE (JURNAL AKUNTANSI DAN EKONOMI), 7(2), 137–146. https://doi.org/10.29407/jae.v7i2.18151

Indrawati, L., & Amalia, D. D. (2020). DAMPAK SENSE, FEEL, THINK, ACT, RELATE DAN BRAND IMAGE TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN CAFE DI SURABAYA. Jurnal Bisnis Terapan, 4(1), 23–36. https://doi.org/10.24123/jbt.v4i1.2497

Kurniawan, F. A. (2019). Pendekatan Business Model Canvas Sebagai Perancangan Strategi Bisnis Baru: SKETSA BISNIS, 4(2), 123–135. https://doi.org/10.35891/jsb.v4i2.1602

Kusuma, V. A. M., Sahabuddin, Z. A., & Hutasoit, P. S. J. K. (2022). Strategi Digital Marketing pada Usaha Mikro dan Menengah (UMKM) di Masa Pandemi Covid-19 Melalui Pendekatan Pemberdayaan Ekonomi Rakyat. Jurnal Cafetaria, 3(1), 24–35. https://doi.org/https://doi.org/10.51742/akuntansi.v3i1.492

Maulani, R. D., & Wahyuningsih, D. (2021). Analisis Ekspor Kopi Indonesia pada Pasar Internasional. Jurnal Pamator Jurnal Ilmiah Universitas Trunojoyo, 14(1), 27–33. https://doi.org/10.21107/pamator.v14i1.8692

Mubarak, R. A., Arsyianti, L. D., & Hasanah, N. (2023). Pengaruh Sertifikasi Halal dan Bauran Pemasaran Terhadap Intensi Pembelian Konsumen Muslim Pada Produk Minuman Kopi Kekinian. MANAJEMEN IKM Jurnal Manajemen Pengembangan Industri Kecil Menengah, 18(2), 125–132. https://doi.org/10.29244/mikm.18.2.125-132

Mühl, D. D., & de Oliveira, L. (2022). A bibliometric and thematic approach to agriculture 4.0. Heliyon, 8(5), e09369. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2022.e09369

Pambudi, B. S., & Suyono, S. (2020). DIGITAL MARKETING AS AN INTEGRATED MARKETING COMMUNICATION STRATEGY IN BADAN USAHA MILIK DESA (BUMDesa) IN EAST JAVA. Competence Journal of Management Studies, 13(2), 121–151. https://doi.org/10.21107/kompetensi.v13i2.6829

Prabasiwi, Y. P., & Kusmiati, A. (2019). FAKTOR - FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KONSUMSI PRODUK KOPI ARABIKA MATT COFFEE DI KABUPATEN BONDOWOSO. JSEP (Journal of Social and Agricultural Economics), 12(2), 57–66. https://doi.org/10.19184/jsep.v12i2.12205

Pramurdjito, O. I. S., Yuliati, N., & Laily, D. W. (2023). PENGARUH HARGA, KUALITAS PRODUK, DAN WORD OF MOUTH TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MINUMAN KOPI (STUDI PADA KONSUMEN DI SEKALA COFFEE MADIUN). Jurnal Ilmu-Ilmu Agribisnis, 11(4), 216–222. https://doi.org/10.23960/jiia.v11i4.7375

Rahayu, L. P., Muntini, M. S., Indarto, B., Arifin, Z., Widianto, M. Y. H., Al Kindhi, B., Priambodo, J., & Adhim, F. I. (2024). Digitalisasi Komoditas dan Hasil Olahan Kopi Desa Pesanggarahan, Kecamatan Batu, Kota Batu, Jawa Timur. Sewagati, 8(4), 1879–1890. https://doi.org/10.12962/j26139960.v8i4.1088

Rizal, M., Afrianti, R., & Abdurahman, I. (2021). Dampak Kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) bagi Pelaku Bisnis Coffe shop pada Masa Pandemi Terdampak COVID-19 di Kabupaten Purwakarta. Jurnal Inspirasi, 12(1), 96–105. https://doi.org/https://doi.org/10.35880/inspirasi.v12i1.198

Rizkiyah, N., & Shofiyah, S. (2021). Strategi Pengembangan Ekonomi Lokal melalui Kawasan Desa Wisata Berbasis Komoditas Unggulan Kopi Liberika (Kba) di Desa Kumpai Batu Atas Kecamatan Arut Selatan Kabupaten Kotawaringin Barat. Mimbar Agribisnis, 7(2), 1572–1584. https://doi.org/10.25157/ma.v7i2.5513

Rohmatillah, R. A. (2023). POTRET KEMASAN MINUMAN JANJI JIWA SEBAGAI MEDIA PENCITRAAN DI SOSIAL MEDIA INSTAGRAM. Jurnal Ilmu Budaya, 19(2), 114–123. https://doi.org/10.31849/jib.v19i2.13366

Romadhon, P. N., Rizqi, A. W., & Hidayat, H. (2023). Analisis Pasar Segmentation, Targeting, Positioning, dan Marketing Mix 4P Minuman Kopi UD. XYZ. Jurnal Teknik Industri Jurnal Hasil Penelitian Dan Karya Ilmiah Dalam Bidang Teknik Industri, 9(1), 80–85. https://doi.org/10.24014/jti.v9i1.22034

Rosandiena, T. T., & Indrojarwo, B. T. (2018). Perancangan Website sebagai Media Penjualan Online IKM di Jawa Timur. Jurnal Sains Dan Seni ITS, 7(1), 44–47. https://doi.org/10.12962/j23373520.v7i1.29544

Sari, F. D. P., & Sitepu, S. N. B. (2016). Peran Faktor Internal dan Faktor Eksternal pada Keberlangsungan Start-Up Bisnis Kota Surabaya. Jurnal Manajemen Teori Dan Terapan, 9(1), 12–22. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.20473/jmtt.v9i1.2783

Sastra, A. O., Yuliati, N., & Atasa, D. (2023). PENGARUH SELF ACTUALIZATION DAN GAYA HIDUP HANGOUT TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA GENERASI Z DI COFFEE SHOP. AGROTEKSOS Agronomi Teknologi Dan Sosial Ekonomi Pertanian, 33(2), 533–543. https://doi.org/10.29303/agroteksos.v33i2.931

Simorangkir, N. C., & Rosiana, N. (2022). Analisis Efisiensi Pemasaran Kopi Robusta. Jurnal Agribisnis Indonesia, 10(1), 113–125. https://doi.org/10.29244/jai.2022.10.1.113-125

Sitepu, S. N. B., & Christina, A. I. (2020). Pengaruh Karakteristik Toko terhadap Pengalaman Konsumen Gerai Kopi. Jurnal Manajemen Teori Dan Terapan | Journal of Theory and Applied Management, 13(2), 138–159. https://doi.org/10.20473/jmtt.v13i2.18930

Veliani, H. (2024). Marketing Mix 4P Pengaruh Strategi Bauran Pemasaran Terhadap Kepuasan Konsumen Centrale Gelato Malang: Meraki Journal of Creative Industries, 2(01), 37–51. https://doi.org/10.24123/meraki.v2i01.6989

Wulandari, K. A., & Iriani, S. S. (2020). Store Atmosphere dan Gaya Hidup Hedonis sebagai Penentu Keputusan Pembelian (Studi pada Konsumen Rolag Kopi Kayoon Surabaya). Jurnal Ilmu Manajemen, 8(3), 909–920. https://doi.org/10.26740/jim.v8n3.p909-920

Zahra, K. A., Winarmo, S. T., & Yuliati, N. (2024). Pengaruh Ekuitas Merek, Kualitas Layanan, Kualitas Produk, dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Di Starbucks Merr Surabaya. JPEK (Jurnal Pendidikan Ekonomi Dan Kewirausahaan), 8(3), 1438–1445. https://doi.org/10.29408/jpek.v8i3.27414

Refbacks

  • There are currently no refbacks.