PENGELOLAAN SUMBER DAYA DI PT. LEMBAH KARET SETELAH PENGIMPLEMENTASIAN QUALITY MANAJEMEN SYSTEM ISO 9001: 2008.

Yulia Windi Tanjung, Anisah Nasution

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengelolaan sumber daya di PT. Lembah Karet  setelah pengimplementasian Quality Manajemen System ISO 9001:2008. Metode penelitian yaitu deskriptif kualitatif dengan menetapkan key informan dan triangulasi data. Sampel dalam penelitian yaitu PT. Lembah Karet  setelah mengimplementasikan Quality Management System ISO 9001:2008. Instrumen penelitian berupa panduan wawancara dan kuesioner. Hasil penelitian yaitu PT. Lembah Karet telah melakukan pengelolaan sumber daya sesuai dengan pengimplemetasian Quality Manajemen System ISO 9001:2008 klausul 6. Pengelolaan kompetensi  dengan meningkatkan kompetensi karyawannya melalui kebijakan yang diterapkan dan program pelatihan yang telah dilaksanakan. Pengelolaan kesadaran melalui kebijakan Punishment yang diberikan untuk menambah kesadaran karyawan dalam meningkatkan kinerjanya.  Pengelolaan Pelatihan Karyawan dengan mengadakan program pelatihan dari pihak internal maupun eksternal sejak tahun 1991. Pengelolaan Prasarana yaitu melakukan perbaikan yang berkelanjutan terhadap mesin/peralatan serta bangunan produksi. Pengelolaan Lingkungan kerja yaitu melakukan perbaikan terus-menerus terhadap keadaan lingkungan kerja melalui pemeriksaan rutin keadaan udara, kebisingan, dan kandungan zat-zat saat proses produksi serta hubungan kerja.

 

 

Keywords

QSM ISO 9001:2008; Resource Management.

References

Hadiyatno, Didik. 2010. Pengaruh Kompetensi, Kompensasi, Dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Ciomas Adisatwa Balikpapan. Jurnal Faculty Of Economics University Balikpapan. 19 Hal.

Hasibuan, Malayu, dkk. 2003. Manajemen Sumber Daya Manusia. PT. Amara Books: Yogyakarta

Hasibuan, Siti Maisarah dan Syaiful Bahri. 2018. Pengaruh Kepemimpinan, Lingkungan Kerja dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja. Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, Vol. 1, No. 1, Hal 71-80.

Heizer, Jay dan Barry Render. 2009. Manajemen Operasi. Jakarta : Salemba Empat.658 hal

Nashihin, Idhotun. 2020. Pengaruh Manajemen Sarana Prasarana dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada Universitas Islam Jember. Jurnal Manejerial Bisnis, Vol.3, No.3. Hal 211-222.

Prabowo, Sugeng Listyo. 2009. Implementasi Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2008 di Perguruan Tinggi (Guidelines IWA-2). Malang : UIN-Malang Press.

Riyadi, Agus dan Hasyim Hasanah. 2015. Pengaruh Kesadaran Diri dan Kematangan Beragama Terhadap Komitmen Organisasi Karyawan RSUD Tugurejo Semarang. Psympatic, Jurnal Ilmiah Psikologi, Vol 2, No.1, Hal: 102 – 112.

Rudhaliawan, Very Mahmudhitya, Dkk. 2012. Pengaruh Pelatihan Terhadap Kemampuan Kerjadan Kinerja Karyawan (Studi Pada Karyawan PT. Telkom Indonesia, Tbk Kandatel Malang). Jurnal Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Malang. 10 Hal.

Tjiptono, Fandy dan Anastasia Diana. 2005. Prinsip-prinsip Total Quality Service. Yogyakarta: Penerbit ANDI .175 hal.

Yusnita, Nancy dan Feriza Fadhil. 2015. Pengaruh Pelatihan Karyawan Terhadap Kinerja Karyawan Pada CV Cibalung Happy Land Bogor. JIMFE (Jurnal Ilmiah Manajemen Fakultas Ekonomi), Vol 1, No 1, Hal 1-5.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.