MANAJEMEN RANTAI PASOK TAUGE DI PASAR KUTABLANG KABUPATEN BIREUEN

naya desparita, Elfiana Elfiana

Abstract

Rantai pasok merupakan semua kegiatan yang terkait dengan arus dan transportasi barang hingga sampai pengguna akhir, serta seluruh arus informasi terkait, atau jalan penciptaan nilai dari produsen dasar ke konsumen, termasuk semua transportasi dan layanan logistik yang terhubung di dalamnya. Dalam konteks manajemen rantai pasok pengukuran tidak hanya melibatkan proses internal pelaku bisnis, tetapi terhadap seluruh pihak yang terlibat dalam rantai pasoknya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui manajemen rantai pasok tauge di Pasar Kutablang Kabupaten Bireuen. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis desktiptif kualitatif. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan pada usaha tauge milik bapak Muzakkir di Desa Meunasah Timu Kecamatan Peusangan Kabupaten Bireuen diperoleh bahwa rantai pasok tauge pada usaha bapak Muzakkir di Desa Meunasah Timu Kecamatan Peusangan Kabupaten Bireuen meliputi beberapa tahapan, yaitu perencanaan, pengadaan bahan baku, produksi, pengelolaan tenaga kerja, dan distribusi. Perencanaan yang dilakukan oleh pemilik usaha tauge di Desa Meunasah Timu meliputi ; a) Jumlah Bahan Baku, b) Jumlah Produk yang akan diproduksi/ kebutuhan pasar, 3) Penggunaan tenaga kerja yang ideal dengan kebutuhan, dan 4) Aspek Pemasaran. Jumlah produk tauge yang diproduksi pada usaha bapak Muzakkir di Desa Meunasah Timu Kecamatan Peusangan Kabupaten Bireuen adalah 396 kg/hari. Jumlah tersebut dihasilkan dari 66 kg bahan baku kacang hijau.

Keywords

Manajemen, Rantai Pasok, Tauge

Full Text:

PDF

References

Amilah, Astuti. 2016. Kacang Hijau, Antioksidan yang Membantu Kesuburan Pria. http://web.ipb.ac.id/.

Andrews, 2015. Exports, Imports, and Economic Growth in Liberia: Evidence from Causality and Cointegration Analysis” Journal of Management Policy and Practice. Vol. 16 (3)

Arikunto, 2016. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Ari Sudarman, 2017. Teori Ekonomi Mikro Edisi Keempat. Yogyakarta: BPFE.

Assauri, 2014. Manajemen Pemasaran, Jakarta: Rajawali Pers.

Azmiyati dan Hidayat, 2016. Pengukuran Kinerja Rantai Pasok pada PT. Louserindo Megah Permai Menggunakan Model SCOR dan FAHP. Al-Azhar Indonesia Seri Sains dan Teknologi, Vol. 3(4), 163-170.

Desparita, Naya., Elfiana. Nursayuti. 2022. Manajemen Rantai Pasok Garam di Kabupaten Bireuen Provinsi Aceh. Agrisaintifika Jurnal Ilmu-Ilmu Pertanian. Vol. 6, No. 2, 2022

Griffin, 2014. Organizational Behavior. Managing People and Organizations. Eleventh edition.

Guritno dan Harsasi, 2017. Manajemen Rantai Pasokan. Edisi 1. Tangerang selatan: Universitas Terbuka

Heizer dan Render, 2014. Manajemen Operasi. Jakarta: Salemba Empat

Irawan, 2018. Manajemen Pemasaran Modern, Liberty, Yogyakarta.

Kotler, 2013. Manajemen Pemasaran. Edisi 13 Jilid 1. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Lubis, 2016. Pengantar Manajemen Keuangan: Edisi Kedua . Prenada.

Maryuni, 2014. Efisiensi Saluran Pemasaran Kacang Hijau Di Desa Julubori Kecamatan Pallangga Kabupaten Gowa. [skripsi], Program Studi Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Muhammadiyah Makassar

Noemi, 2014. Benefical Effects of Quersetin on Obesity and Diabetes. The open nutraseutical journal. 189-198 : Victoria Spain

Pujawan, 2015. Supply Chain Management, Edisi Kedua. Surabaya: Guna Widya.

Putri, YR., Santoso, SI., Roessali, W. 2014. Farmer Share Dan Efisiensi Saluran Pemasaran Kacang Hijau. Jurnal Agriwiralodra, 6 (2)

Reynaldi., Juri J., Mulyati, NS. 2020. Efisiensi Pemasaran Kacang Hijau (Vigna radiata, L.) Di Kabupaten Indramayu. Jurnal Agriwiralodra, 12 (2)

Saefuddin, 2013. Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Setyawan, 2016. Teknik Praktis Analisis Data Penelitian Sosial & Bisnis dengan. SPSS, Andi Publisher.

Sherlywati, 2017. Pengelolaan Risiko Rantai Pasok Sebagai Keunggulan Bersaing Perusahaan. Maranata Economics & Bussiness Conference 2016. Universitas Kristen Maranata.

Simanjuntak, 2017. Manajemen Hubungan Industrial. Jakarta: Pustaka Sinar.

Sri Adiningsih, 2016. Transformasi Ekonomi Berbasis Digital Di Indonesia. Jakarta: PT.Gramedia Pustaka Utama.

Sugiarto, dkk, 2013. Management Produksi (Pengendalian Produksi), Pt Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Sukanto, Indriyo, 2013. Manajemen Produksi, Edisi 4. Yogyakarta : BPFE.

Turban, 2014. Information technology for management 4th edition. John Wiley & Sons, Inc.

Vide Malik, 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta : Deepublish.

Wahyuni, 2013. Pengaruh Rasio Keuangan Terhadap Pertumbuhan Laba Pada Perusahaan Perdagangan di Indonesia. Jurnal MB Vol 13 No. 1 April 2013 ISSN 1693-7619.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.