Submissions

Online Submissions

Already have a Username/Password for JURNAL COMMUNITY?
Go to Login

Need a Username/Password?
Go to Registration

Registration and login are required to submit items online and to check the status of current submissions.

 

Author Guidelines

KETENTUAN PENULISAN Jurnal Komunitas

 

Ruang Lingkup

Diperoleh dari hasil karya ilmiah berupa artikel yang akan diterbitkan untuk diterbitkan di Jurnal Komunitas belum pernah diterbitkan pada prosiding, jurnal atau majalah ilmiah lainnya. Komunitas sebagai jurnal dengan slogan pengawas dinamika sosial. Masyarakat Pedesaan Kutipan Petani dan Masyarakat Pedesaan Memancing. Kajian ini diselaraskan dengan visi misi Universitas yang menekankan agro dan industri kelautan.

  

Pengetikan Naskah

Naskah diketik dalam format  Microsoft Word dengan dan PDF dengan ukuran kertas A4 dengan jarak spasi 1,15 dengan jenis font Times New Roman  ukuran 12. Tata letak halaman tegak (portrait) dengan margin atas, bawah, kanan dan kiri berjarak 3 cm. Panjang naskah antara 10-13 halaman termasuk gambar dan tabel. Naskah dan CV (memuat email) penulis dikirim ke Redaksi dalam bentuk digital dan dikirim via email ke Jcommunityutu@gmail.com dan melalui website jurnal community.

 

Isi Naskah dan Sistematika Penyajian

  1. Artikel ditulis dengan gaya esai, menggunakan sub-judul untuk masing-masing bagian, kecuali bagian latar belakang atau pendahuluan. Penulisan nomor halaman diletakkan pada bagian kanan atas, berikutnya akan diberikan nomor oleh
  2. Artikel hasil penelitian meliputi :
    1. Judul. Judul harus berupa ungkapan dalam bentuk kalimat pendek yang mencerminkan isi penelitian atau artikel konseptual/kajian. Judul artikel diketik dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris (Time New Roman, 12, Bold, Spasi 1 Center).
    2. Nama lengkap penulis (tanpa gelar). (Time New Roman, 10, Spasi 1, Center)
    3. Lembaga atau afiliasinya, dan korespondensi peneliti (email). (Time New Roman, 10, Spasi 1, Center)
    4. Abstrak dalam Bahasa Inggris (maks. 250 kata), Kata kunci 3-4. (Time New Roman, 12, Spasi 1, Justify)
    5. Pendahuluan (tanpa judul, termasuk tujuan penelitian). (Time New Roman, 12, Spasi 1.15, Justify)
    6. Tinjauan Pustaka. Bagian ini berisikan kajian literatur yang dijadikan sebagai penunjang konsep penelitian. Kajian literature tidak terbatas pada teori saja, tetapi juga bukti-buktiempiris. Hipotesis penelitian (jikaada) harus dibangun dari konsep teori dan didukung kajian empiris (penelitian sebelumnya). (Times New Roman, 12 normal, spasi 1.15, justify).
    7. Metode Penelitian. Penentuan informan / sampel, teknik pengumpulan, analisis data dan teknik menguji keabsahan data. (Times New Roman, 12 normal, spasi 1.15, justify).
    8. Hasil/Temuan dan Pembahasan. (Times New Roman, 12 normal, spasi 1.15, justify).
    9. Kesimpulan (Times New Roman, 12 normal, spasi 1.15, justify).
    10. Daftar Pustaka. Daftar pustaka disusun berdasarkan sistem nama dan tahun dengan urutan abjad nama pengarang, tahun penerbitan, judul tulisan, dan sumber atau penerbit dan kota penerbit. Untuk pustaka yang berasal dari jurnal ilmiah, perlu juga mencantumkan nama jurnal, volume dan nomor penerbitan, serta halaman dimana artikel tersebut dimuat. (Times New Roman, 12 normal, spasi 1.15, justify). 

Tabel dan Gambar

Tabel dan gambar diberi judul singkat dan jelas. Setiap tabel dan gambar diberi nomor urut (1,2,3,…dst). Nomor dan judul tabel berada diatas, sedangkan untuk gambar berada di bawah. Bila gambar berupa foto, maka kualitas foto harus baik. Agar memudahkan proses editing, dianjurkan gambar di”group”

 

Penerbitan

Naskah dan CV penulis dikirim ke alamat Redaksi dalam bentuk digital dikirim via email ke jcommunityutu@gmail.com CV ditulis dalam bentuk narasi yang menjelaskan identitas penulis, minat penelitian dan kepakaran. Naskah yang diterima akan di telaah oleh Mitra Bestari yang akan menyetujui atau menolak penerbitannya. Penulis yang naskahnya disetujui, maka harus mengirimkan lembar Assignment of Copyright (Persetujuan Hak Cipta) ke Redaksi. Naskah akan diterbitkan dalam edisi cetak dan online. Jurnal Community terbit dua kali dalam setahun pada bulan April dan Oktober .

 

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.

  1. Pengajuan belum dipublikasikan sebelumnya, juga tidak sebelum jurnal lain untuk dipertimbangkan (atau penjelasan telah disediakan di Komentar untuk Editor).
  2. File pengiriman dalam format file dokumen OpenOffice, Microsoft Word, RTF, atau WordPerfect.
  3. Jika tersedia, URL untuk referensi telah disediakan.
  4. Teks ini memiliki spasi tunggal; menggunakan font 12 poin; menggunakan huruf miring, bukan garis bawah (kecuali dengan alamat URL); dan semua ilustrasi, gambar, dan tabel ditempatkan di dalam teks pada titik yang sesuai, bukan di akhir.
  5. Teks tersebut mematuhi persyaratan gaya dan bibliografi yang diuraikan dalam Pedoman Penulis , yang ditemukan dalam About the Journal.
  6. Jika mengirimkan ke bagian jurnal yang ditinjau oleh rekan sejawat, instruksi dalam Memastikan Tinjauan Buta telah diikuti.
 

Privacy Statement

The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.