YAYASAN SEBAGAI PENANGGULANGAN ANAK TERLANTAR (Sebuah Studi di Pondok Misbahul Fatayat Kecamatan Panga Kabupaten Aceh Jaya)

T. Syarifuddin T. Syarifuddin, Safwandi Safwandi

Abstract


Terjadinya konflik dan tsunami Aceh, selain menimbulkan keterpurukan dalam bidang sosial, ekonomi, dan budaya masyarakat, juga menimbulkan masalah sosial lain yaitu anak terlantar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk penanggulangan anak terlantar, serta apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam penanggulangan anak terlantar di Kecamatan Panga Kabupaten Aceh Jaya. Metode penelitian ini adalah metode kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakanTeknik Siklus Kesamaan Data. Dari hasil penelitian ini diketahui bahwa, bentuk penanggulangan anak terlantar dalam meningkatkan kesejahteraan sosial di Kecamatan Panga Kabupaten Aceh Jaya, dilakukan dengan memfasilitasi berbagai keperluan yang berkaitan dengan pendidikan anak terlantar, baik yang dilakukan oleh pemerintah setempat, maupun oleh Yayasan Pondok Pesantren Miftahul Fatayat. Adapun faktor pendukung dalam penanggulangan anak terlantar di Kecamatan Panga Kabupaten Aceh Jaya adalah, adanya Yayasan Pondok Pesantren Miftahul Fatayat yang menampung anak-anak terlantar untuk dibina secara formal dan informal. Sedangkan faktor penghambat kurang berkembangnya Yayasan Pondok Pesantren Miftahul Fatayat dalam menanggulangi anak terlantar di Kecamatan Panga Kabupaten Aceh Jaya, dikarenakan minimnya bantuan yang didapatkan Yayasan Pondok Pesantren Miftahul Fatayat untuk operasional dan biaya asuh. Saran-saran hasil penelitian ini, kepada dinas terkait diharapkan dapat memberikan modal usaha kepada anak terlantar sebagai tindak lanjut pasca pendidikan di yayasan. Dan bagi Yayasan Pondok Pesantren Miftahul Fatayat, diharapkan dapat menjalin hubungan baik dengan pihak lain, guna mendapatkan pendanaan yang bisa digunakan untuk meningkatkan pengembangan yayasan dan pengadaan fasilitas yang lebih memadai bagi anak-anak terlantar yang ada di Yayasan Pondok Pesantren Miftahul Fatayat.


Keywords


Penanggulangan, Anak Terlantar, Kesejahteraan Sosial

Full Text:

PDF

References


Nurcholis, H. (2005). Teori dan Prakatik Pemerintahan dan Otonomi Daerah. Jakarta: Grasindo.

Nataniel, Elake, 2008, Pemberdayaan Masyarakat Pesisir, cetakan pertama, GeMMa Press: Ambon

Moleong, L. J. (2007). Metode Penelitian Kualitatif edisi Revisi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Oktari, A. (2009). Pemberdayaan Anak Terlantar Melalui Rumah Singgah, Studi Kasus: Rumah Singgah Amar Makruf IV, Kelurahan VI Suku, Kec. Lubuk Sikarah, Kota Solok. (Skripsi). Padang: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Jurusan Antropologi Sosial, Universitas Andalas, Padang.

Purba, J. (2005). Pengelolaan Lingkungan Sosial. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

Raco, J. R. (2010). Metode Penelitian Kualitatif Jenis Karakter dan Keunggulannya. Jakarta: Grasindo.

Saragih, R. R. (2007). Respon Remaja Binaan Terhadap Program Pelatihan Keterampilan Yang Diberikan Oleh Panti Sosial Bina Remaja 'PSBR' Nusa Putera Tanjung Morawa. (Skripsi). Medan: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Sumatera Utara, Medan.




DOI: https://doi.org/10.35308/jcpds.v7i1.3776

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Community : Pengawas Dinamika Sosial 
ISSN 2477-5746 (cetak); ISSN 2502-0544 (online)
Prodi Sosiologi
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Teuku Umar
Meulaboh, Kabupaten Aceh Barat, Aceh 23681, Indonesia 
email: jcommunityutu@gmail.com |sosiologi@utu.ac.id| http://sosiologi.utu.ac.id
________________________________________________________________________________

 Community : Pengawas Dinamika Sosial dilisensikan dengan Lisensi Internasional Creative Commons Attribution 4.0 .