PERUBAHAN RELIGI MASYARAKAT KETURUNAN PORTUGIS DI KABUPATEN ACEH JAYA

Siti Sundari, Yenni Srilestari, Nurkhalis Nurkhalis

Abstract


Penelitian ini dilakukan karena saat ini masyarakat keturunan Portugis di Kabupaten Aceh Jaya tidak memiliki kepercayaan pada nenek moyang yang telah melakukan perubahan agama dan mereka paham bahwa sistem religi yang diakui adalah agama Islam. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perubahan agama masyarakat keturunan Portugis di Kabupaten Aceh Jaya. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi dan wawancara, penentuan informan menggunakan snowball sampling, dan analisis data dengan cara reduksi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian dalam artikel ini menunjukkan bahwa perubahan agama pada masyarakat keturunan Portugis di Kabupaten Aceh Jaya dapat dilihat dalam aktivitas kesehariannya, baik dari segi penampilan, perkataan, perilaku atau perbuatan, adat istiadat, maupun kegiatan keagamaan di masyarakat. Bentuk kepercayaan yang dipercaya oleh masyarakat sekitar diperoleh dari asimilasi yang dilakukan nenek moyang keturunan Portugis dengan masyarakat setempat dan diteruskan kepada keturunannya.


Keywords


Perubahan Agama, Agama, Masyarakat, Keturunan Portugis, Bangsa Portugis

Full Text:

PDF

References


Ahmad, Z., & Nasrudin Sulaiman, R. (2008). Sejarah Perlawanan Aceh Terhadap Kolonialisme dan Imperasialisme. Banda Aceh: Yayasan PeNa Banda Aceh.

Amran, A. (2015). Peranan Agama Dalam Perubahan Sosial Masyarakat. Jurnal HIKMAH, Vol. II, No. 01 , 23-99.

Boty, M. (2015). Agama Dann Perubahan Sosial (Tinjauan Perspektif Sosiologi Agama). Jurnal Istinbath/No.15/Th.XIV, 35-50.

Firmansyah, E. K., & Nurina Dyah Putrisari. (2017). Sistem Religi dan Kepercayaan Masyarakat Kampung Adat Kuta Kecamatan Tambaksari Kabupaten Ciamis. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Vol. 1, No. 4, 236-243.

kki. (2018, Desember 1). Kabupaten Aceh Jaya. Retrieved November 21, 2019, from kongres.kebudayaan.id: Http ://kongres.kebudayaan.id/kabupaten-aceh-jaya/

Lumintang, J. (2015). Pengaruh Perubahan Sosial Terhadap Kemajuan Pembangunan Masyarakat Di Desa Tara-Tara I. e-journal "Acta Diurna" Volume IV. No.2, 1-9.

Moeis, S. (2008). Religi Sebagai Salah Satu Identitas Budaya. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Pratiwi, C. A. (2017). Harai: Telaah Konsep Religi Koentjaraningrat. Jurnal JAPANOLOGY, VOL. 5, NO. 2, 173-185.

Soekanto, S. (2012). Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: Rajawali Pers.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Suherman, A. (2015, April 27). Esensi Beragama. Retrieved Desember 18, 2019, from File.upi.edu: Http://file.upi.edu

Suyanto, B., & Sutinah. (2008). Metode Penelitian Sosial : Berbagai Alternatif Pendekatan. Jakarta: Kencana.

Thontowi, A. (2015, Maret 25). Hakekat Relegiusitas-Kemenag Sumsel. Retrieved Desember 18, 2019, from Sumsel Kemenag: Http//sumsel.kemeneg.go.id

Waris, A. (2015). Transformasi Makna Dan Konteks Sosial Sistem Religi Dalam Bangunan Tanean Lanjang Di Legung Timur. Yogyakarta: Skripsi Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga.




DOI: https://doi.org/10.35308/jspps.v1i1.6483

Refbacks

  • There are currently no refbacks.













Jurnal Society : Pengamat Perubahan Sosial 

Prodi Sosiologi
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Teuku Umar
Jl. Alue Peunyaring, Meulaboh - Aceh Barat, Aceh 23681, Indonesia 
email: society@utu.ac.id |sosiologi@utu.ac.idhttp://sosiologi.utu.ac.id