AKUNTABILITAS APARATUR GAMPONG UJONG DRIEN DALAM PENGELOLAAN ANGGARAN DANA DESA PADA TAHUN 2023

Dessy Angriani, Novita ramadani, Rahmat Afrizal, Irfan Marta

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa akuntabel aparatur Gampong Ujong Drien dalam mengelola anggaran dana desa tahun 2023. Kami menentukan informan dengan menggunakan penentuan informan yang disebut dengan Porposive Sampling. Penentuan informan seperti ini adalah cara penentuan informan dengan cara menentukan informan berdasarkan karakter atau keahliannya. Dalam mendeskripsikan penelitian ini kami menggunakan mode penelitian kualitatif, dengan pendekatan deskriptif. alasan kami menggunakan metode ini karena memudahkan kami dalam menganalisis dan memberikan penjelasan yang lebih mendalam dan menyeluruh mengenai masalah penelitian yang kami teliti. Hasil penelitian menunjukkan bahwa belanja dana desa tidak disajikan kepada publik, dengan kata lain alokasi dana desa tidak dipublikasikan, hanya pembangunan-pembangunan besar saja yang anggarannya diberikan kepada publik. Hal ini tentu menimbulkan banyak pertanyaan bagi masyarakat Gampong Ujung Drien, sehingga tidak heran jika mereka kerap melakukan protes dengan mendatangi kantor keuchik dan meminta transparansi terkait alokasi dana desa dan pembangunan lainnya.

Keywords


Akuntabilitas, Purposive Sampling, Penelitian Kualitatif, Dana Desa, Anggaran

Full Text:

PDF

References


Afifi, Z., Mulyanto., & Nugroho, D. H. (2021). Pengaruh kompetensi perangkat desa Terhadap akuntabilitas pengelolaan dana desa. In ummagelang conference series (pp. 111-117).

Alpionita, R. (2018). Peran perangkat desa dalam akuntabilitas pengelolaan dana desa (studi Pada desa sungai sorik kecamatan kuantan hilir seberang). 887–904.

Bagus, S. (2020). Analisis peran perangkat desa dalam akuntabilitas pengelolaan dana desa Pada desa gunturu kecamatan herlang kabupaten bulukumba.

Dura, J. (2018). Pengaruh akuntabilitas pengelolaan keuangan alokasi dana desa, kebijakan Desa, dan kelembagaan desa terhadap kesejahteraan masyarakat. Jurnal ilmiah bisnis dan Ekonomi asia, 10(2), 26–32. https://doi.org/10.32812/jibeka.v10i2.70

Dwi Setiana, N., & Laila Yuliani, N. (2017). Pengaruh pemahaman dan peran perangkat desa Terhadap akuntabilitas pengelolaan dana desa. Urecol, 2–6.

Elliyana, N., Diana, N., & Junaidi, J. (2021). Peran perangkat desa dalam akuntabilitas

Pengelolaan keuangan desa (studi pada desa pekalongan dan desa sukalela kecamatan Tambak kabupaten gresik). Jurnal ilmiah riset akuntansi, 10(10).

Elviani, L., & Novasari, D. (2019). Pengelolaan keuangan desa ( studi pada desa melati II Kecamatan perbaungan ). 8(2), 2–5

Pahlevi, Indra. (2015). Dana Desa dan Permasalahannya. Info Singkat Pemerintahan Dalam Negeri. Vol. VII No. 17 September 2015.

Kumorotomo, Wahyudi, 2005. Akuntabilitas Birokrasi Publik: Sketsa Pada Masa Transisi. Penerbit: Magister Administrasi Publik UGM kerjasama dengan Pustaka Pelajar

Moncrieff, J. 2001. Accountability: Idea, Ideals, Constraints. Democracy, Vol. 8 No. 3, pp. 26-50.

Sinandang, Kristanto, dan Maria R. Nindia Radyati. 2011. Pedoman Akuntabilitas Pengelolaan Bantuan Kemanusiaan di Indonesia. Public Interest Research and Advocacy Center Humanitarian Forum Indonesia. Penerbit: Piramedia, Depok.




DOI: https://doi.org/10.35308/jspps.v3i2.9690

Refbacks

  • There are currently no refbacks.













Jurnal Society : Pengamat Perubahan Sosial 

Prodi Sosiologi
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Teuku Umar
Jl. Alue Peunyaring, Meulaboh - Aceh Barat, Aceh 23681, Indonesia 
email: society@utu.ac.id |sosiologi@utu.ac.idhttp://sosiologi.utu.ac.id