PENGARUH FINANCIAL LEVERAGE TERHADAP PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY SERTA DAMPAKNYA TERHADAP NILAI PERUSAHAAN PADA PERUSAHAAN YANG TERMASUK DALAM INDEKS SRI-KEHATI YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA
Abstract
Abstract:This study aimed to examine the effect of financial leverage to corporate social responsibility disclosure and its impact on the firm value. The population in this study is index SRI-KEHATI company listed on the Indonesian Stock Exchange during the 5 years (2009-2013). The sample was selected using purposive sampling method and obtained a sample of 16 companies. The data are process by using a balanced panel data. The method of analysis used in this study were path analysis. The results of this study show that financial leverage have influence to the disclosure of corporate social responsibility. Financial leverage and disclosure of corporate social responsibility have influence to firm value.
Keywords: Firm Value, Corporate Social Responsibility, Financial Leverage
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menguji financial leverage terhadap pengungkapan Corporate Social Responsibility serta dampaknya terhadap nilai perusahaan. Populasi pada penelitian ini adalah perusahaan yang termasuk dalam indeks SRI-KEHATI yang terdaftar di BEI selama 5 tahun (2009-2013). Pemilihan sampel dengan menggunakan metode purposive sampling, dan diperoleh sebanyak 16 perusahaan. Data di proses dengan menggunakan balanced panel data. Metode analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah path analysis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa financial leverage berpengaruh terhadap pengungkapan CSR. Financial leverage dan pengungkapan CSR berpengaruh terhadap nilai perusahaan.
Kata kunci: Nilai Perusahaan, Pengungkapan CSR, Financial Leverage
Full Text:
PDFReferences
Barakat, Abdallah. (2014). The Impact of Financial Structure, Financial Leverage and Profitability on Industrial Companies Shares Value (Applied Study on a Sample of Saudi Industrial Companies). Research Journal of Finance
and Accounting. 5(1): 55-66.
Baron, R. M. dan Kenny, D. A. (1986). The Moderator-Mediator Variable Distinction in Social Psychological Research: Conceptual, Strategic, and
Statistical Considerations. Journal of Personality and Social Psychology. 51(6): 1173-1182.
Chaucan, Swati. dan Amit. (2014). A Relational Study of Firm’s Characteristics
and CSR Expenditure. Procedia Economics and Finance. 11: 23-32.
Fuad, M., C. Handayani, Nurlela, Sugiarto, dan Paulus. (2006). Pengantar Bisnis. Edisi Kelima. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Gregory, A., R. Tharyan. dan J. Whittaker. (2014). Corporate Social Responsibility and Firm Value: Dissagregating the Effects on Cash Flow, Risk and Growth. J Bus Ethics.633-657.
Kohansal, M. R., A. Dadrasmoghaddam., K. M. Karmozdi. dan A. Mohseni. (2013). Relationship between Financial Ratios and Stock Prices for The Food Industry Firms in Stock Exchange of Iran. World Applied Programming. 3(10): 512-521.
Lech, Aleksandra. (2013). Corporate Social Responsibility and Financial Performance. Theoritical and Empirical Aspects. Comparative Economics Research. 16(3): 49-62.
Nurlela, Rika dan Islahuddin. (2008). Pengaruh Corporate Social Responsibility terhadap Nilai Perusahaan dengan Prosentase Kepemilikan Manajemen sebagai Variabel Moderating. Simposium Nasional Akuntansi XI. Pontianak.
Sartono, R. Agus. (2010). Manajemen Keuangan: Teori dan Aplikasi. Edisi
Keempat. Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta.
Sekaran, Uma. (2006). Metode Penelitian untuk Bisnis. Buku dua, Edisi Keempat. Jakarta: Salemba Empat.
Solikahan E. Z, K. Ratnawati dan A. H. Djawahir. (2013). Pengaruh Leverage dan Investasi terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Aplikasi Manajemen. 1(3): 427-433.
Tambunan, Andy Porman. (2007). Menilai Harga Wajar Saham (Stock Valuation). Jakarta: Elex Media Komputindo.
Yintayani, N. N dan N.K. Muliati. (2012). Factors that Influence Corporate Social Responsibility. Jurnal Bisnis dan Kewirausahaan. 8(2): 127-138.
DOI: https://doi.org/10.35308/akbis.v0i0.1020
Refbacks
- There are currently no refbacks.