Pengaruh Kualitas Produk dan Promosi Terhadap Kepuasan Pelanggan Melalui Loyalitas Pelanggan
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi sejauh mana kualitas produk dan promosi mempengaruhi kepuasan pelanggan serta bagaimana kepuasan tersebut dapat meningkatkan loyalitas pelanggan untuk datang dan membeli kembali di Kopi Bean Spot Alfamart. Populasi pada penelitian ini merupakan pelanggan yang sudah melakukan pembelian sebanyak dua kali dan sampel yang dikumpulkan melalui metode purposive sampling berjumlah 162 responden. Kuesioner disebar antara bulan Januari hingga Maret 2025. Pendekatan analisis data yang diterapkan adalah SmartPLS. Penelitian ini mendapatkan bahwa ditemukan variabel yang berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan meliputi promosi dan loyalitas pelanggan, sedangkan untuk variabel yang berpengaruh positif secara langsung terhadap loyalitas pelanggan meliputi promosi. Sementara itu variabel yang tidak mendukung pengaruh secara langsung terhadap kepuasan pelanggan yaitu kualitas produk serta variabel berpengaruh secara tidak langsung dengan peran mediasi kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan meliputi promosi serta variabel yang tidak berpengaruh tidak langsung dengan pemediasi kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan meliputi kualitas produk.
Full Text:
PDFReferences
Anggita, R., dan Pramadanti, R. (2024). Strategi membangun customer value : pengaruh kualitas produk dan electronic word of mouth melalui mediasi keputusan pembelian. Jurnal Bisnis Dan Kajian Strategi Manajemen, 8(1), 274–288. https://doi.org/10.35308/jbkan.v8i1.9109
Annisa, F.F, Alfansi, L, Wiardi, A.H, Daulay M. I dan Widianti, A. (2023). The Effect of Customer Experience on Customer Satisfaction and Loyalty of Generation Z at Coffee Shops in Bengkulu City. Frontiers in Business and Economics, 2(December), 154–163. https://doi.org/10.56225/finbe.v2i3.293
Barella, Y. , Fergina, Ana. M, Muhammad. K, Rahman,U dan Alajaili, H.M.A (2024). Quantitative Methods in Scientific Research. Jurnal Pendidikan Sosiologi Dan Humaniora, 15(1), 281–287. https://doi.org/10.26418/j-psh.v15i1.71528
Christie, dan Shu, E. (2024). The Effect Of Servicescape And Promotion On Customer Revisit Intention , Mediated By Customer Satisfaction At 38 Coffee Lab. Jurnal Ekonomi, 13(02), 564–580. https://doi.org/10.54209/ekonomi.v13i02
Djauharie, M. E. N. dan Maulidah, S. (2023). The Level Of Customer Satisfaction With The Marketing Mix (9P) In Kopi Nako Slipi. Agricultural Socio-Economics Journal, 23(4), 449–457.
Fajrin, T. R., & Aprianingsih, A. (2024). The Influence Of Marketing Mix ( 7PS ) To Customer Satisfaction Customer Loyalty And Customer Retention At Coffeshop. Ekombis Review: Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 12(3), 2645–2658.
Hair, J. J. F. Anderson, R. E. (2019). Multivariate Data Analysis (Eighth, Vol. 87, Issue 4). Cengage.
Hakunta, T., dan Sujianto, Eko, A. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan Islami, Kualitas Produk, Harga, Dan Lokasi Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening Di Warung Kopi Tequila Tulungagung. Jurnal Ilmiah Hospitality 787, 11(2), 16. http://stp-mataram.e-journal.id/JIH
Hararap, A. E. Hutasuhut, J. (2021). Pengaruh Promosi dan Harga terhadap Kepuasan Konsumen Pada Kedai Kopi Kombur Medan. Jurnal Bisnis Mahasiswa, 215–224.
Haudi dan Wijoyo, H. (2022). The effects of social media marketing, store environment, sales promotion and perceived value on consumer purchase decisions in small market. International Journal of Data and Network Science, 6(1), 67–72. https://doi.org/10.5267/J.IJDNS.2021.10.003
Hocky, A. dan Chandra, T. (2020). The Effect Of Bank Image, Promotion and Quality Of Service On Customers’ Satisfaction and Loyalty PT. Bank Central Asia TBK. Kurs : Jurnal Akuntansi , Kewirausahaan Dan Bisnis, 5(2), 222–239.
Hwang, J. dan Kim, J. J. (2021). The antecedents and consequences of memorable brand experience: Human baristas versus robot baristas. Journal of Hospitality and Tourism Management, 48(April), 561–571. https://doi.org/10.1016/j.jhtm.2021.08.013
Iswati, H., dan Lestari, N. I. (2021). Pengaruh Display Promosi Penjualan dan Kualitas Produk Pada Toko Online terhadap Loyalitas Konsumen dengan Variabel intervening Kepuasan Pelanggan. Jurnal Manajemen, 11(1).
Jannah, D. Q. dan Gustiawan, W. D. (2024). Service Quality and Promotion on The Customer Satisfaction CAFÉ. JEM17: Jurnal Ekonomi Manajemen, 9, 111–124. https://doi.org/10.30996/jem17.v9i1.10946
Karenina, E. L. V. dan Winarno, S. T. (2022). The Effect Of Product Quality And Service On Consumer Satisfaction OUKA Coffee Surabaya. Journal of Applied Management and Business, 8(2), 88–95.
Lawrance, N. L. dan Asdiansyuri, U. (2022). Pengaruh Lokasi , Harga , Promosi , dan Kualitas Produk terhadap Loyalitas Pelanggan Kopi pada Kopi Living Mataram. Kompeten: Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 1(3), 132–140.
Negoro, R. L. M. D., dan Pramadanti, R. (2024). Peran EWOM Dalam Memediasi Kualitas Produk dan Perceived Value Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Bisnis Dan Kajian Strategi Manajemen, 8(2), 380–393.
Nurdeagraha, D., dam Suryawardana, E. (2020). Analysis of Factors that Increase Customer Satisfaction Coffee Products. Journal of Digital Marketing and Halal Industry, 4810, 155–166.
Nursaidah, M. dan Sukesih, I. (2022). Pengaruh kualitas produk, promosi, dan lokasi terhadap kepuasapan pelanggan (studi kasus kopi janji jiwa jilid 35 kota tangerang). JEB, 28(1), 149–162.
Pambudi, B. dan Jakaria. (2024). The Influence Of Coffee Product Quality , Food Product Quality And Price On Consumer Loyalty In Mediation Of Customer Satisfaction At Coffee Shop KONNICHIWA Pantai Indah Kapuk. Ijsr.Internationaljournallabs, 3, 948–956.
Poushneh, A. (2021). Impact of auditory sense on trust and brand affect through auditory social interaction and control. Journal of Retailing and Consumer Services, 58(August 2020), 102281. https://doi.org/10.1016/j.jretconser.2020.102281
Pramadanti, R. dan Riyanto, A. (2023). Strategi membangun loyalitas merek : Pengaruh kualitas produk , perceived value , dan e-wom melalui mediasi kepercayaan merek. Jurnal Inspirasi Bisnis Dan Manajemen, 7(2), 129–148.
Pramadanti, R. Alagus, K. dan Riyanto. A (2023). Strategi membangun loyalitas merek: Pengaruh kualitas produk, perceived value, dan e-wom melalui mediasi kepercayaan merek. Jurnal Inspirasi Bisnis Dan Manajemen, 7(2), 2579–9312.
Prananca, Z. E., dan Pramadanti, R. (2025). Peran Customer Satisfaction Memediasi Pengaruh EWOM dan Promotion Terhadap Repurchase Intention. Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Ekonomi, 22(01), 38–52.
Pratiwi, R. Rydarto, D. (2024). Influence of Store Atmosphere, Promotion Application and Product Display Towards Consumer Satisfaction Tomoro Coffee Bengkulu City. Bima Journal – Business Management and Accounting, 5(2), 83–92.
Prianggoro, N. F., dan Sitio, A. (2019). Effect Of Service Quality and Promotion On Purchase Desicion and Their Implications Customer. IJETMR, 6(3). https://doi.org/10.5281/zenodo.3251747
Rahman, G., dan Rayuwanto. (2020). The Effect Of Service Quality and Product Quality On Customer Loyality Through Customer Satisfaction as Intervening Variable. KEIZAI, E-Jurnal Kajian Ekonomi, Manajemen, & Akuntansi, 1, 39–49.
Rahmi, L. Triana, L. (2020). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Konsumen Terhadap Kopi Arabika Lolo Pada Kafe Gubuk Coffee Central Di pAYAHKUMBUH. Journal of Socio Economics on Tropical Agriculture, 0953, 122–129. https://doi.org/10.25077/joseta.v2i2.234
Seyiawan, C. dan Pangosta, J. R. (2022). The Effect of Promotion on Purchase Decision at Cafe Praja. Tourism Research Journal, 6(2017), 39–48.
Sugiono, E., dan Aisyah, T. S. (2021). The Effect of Product Quality, Price and Promotion to Customer Satisfaction and Loyalty in You Coffee and Resto in Jagakarsa. Open Access Indonesia Journal of Social Sciences, 4(1), 116–128.
Suryana, P., dan Haryadi, M. R. (2019). Stores Atmosphere and Promotion On Customer Satisfaction and Its Impact On Customer Loyalty. Trikonomika, 18(1), 2012–2016.
Suryana, P. dan Yuliyanti, A. (2024). The Influence of Store Atmosphere and Sales Promotion on Customer Satisfaction and its Impact on Customer Loyalty Coffee Shop Kopilogi. International Journal of Current Science Research and Review, 07(116), 257–264. https://doi.org/10.47191/ijcsrr/V7-i1-27
Syjung, H. dan Angel, del P. (2021). Determinants of customer brand loyalty in the retail industry: A comparison between national and private brands in South Korea. Journal of Retailing and Consumer Services, 63(July), 102684. https://doi.org/10.1016/j.jretconser.2021.102684
Tirtayasa, S. (2023). Effect Of Product Quality And Service On Customer Loyalty With Customer Satisfaction As An Intervening Variable ( Study On Coffee Shop In Medan ). International Journal of Science, Technology & Management, 1438–1444.
Tuti, M., dan Wulandari, A. (2024). Utilizing Technology To Boost Brand Recognition In Sales of Thrift Stores. Technium Social Sciences Journal, 58(178–189).
Widnyani, N. M. dan Astitiani, N. L. P. S. (2024). The Influence Of Product Quality and Price On Repurchase Interest Through Consumer Satisfacttion At Coffee Shops In Denpasar City. Journal of Economics and Public Health, 3(4), 141–146.
Woen, N. G. (2021). Pengaruh Kualitas Layanan , Kualitas Produk , Promosi , dan Harga Normal terhadap Kepuasan dan Loyalitas Konsumen. 10(2), 146–163.
DOI: https://doi.org/10.35308/jbkan.v9i2.11704
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Bisnis dan Kajian Strategi Manajemen (JBKSM)
Editorial Office
Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Teuku Umar
Jl. Alue Peunyareng, Ujong Tanoh Darat, Meureubo, Kabupaten Aceh Barat, Aceh 23681, Indonesia
jbksm@utu.ac.id
+6282165076974 l +6285277182682

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.






