PENGARUH GREEN MARKETING DAN BRAND IMAGE TERHADAP MINAT BELI AMDK ADES (Studi Pada Konsumen Produk Air Minum Dalam Kemasan ADES di Indonesia)

Meilyna Rachmawaty, Imanuddin Hasbi

Abstract


Polusi plastik telah menjadi perhatian para pecinta lingkungan hidup karena merupakan merupakan salah satu permasalahan lingkungan yang sedang dihadapi oleh masyarakat. Salah satu sampah plastik yang menyebabkan meningkatnya jumlah timbunan sampah berasal dari botol air minum dalam kemasan (AMDK). Hal tersebut membuat banyak masyarakat khawatir, sehingga menumbuhkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya menjaga kelestarian lingkungan. Maka dari itu timbulah fenomena baru dalam dunia pemasaran yaitu berupa konsep green marketing. Salah satu perusahaan AMDK yang menerapkan konsep green marketing adalah AMDK Ades dengan kampanye peduli lingkungan mereka yang berslogan “Pilih, Minum, dan Remukkan”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh green marketing dan brand image terhadap minat beli AMDK Ades di Indonesia.

Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif dan kausal. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode non-probability sampling dengan teknik purposive sampling. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 100 responden. Sedangkan alat analisis yang digunakan dengan bantuan SPSS versi 20. Metode analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah uji Analisis Regresi Berganda.

Hasil dari analisis regresi linier berganda dapat disimpulkan bahwa Green Marketing (X1), dan Brand Image (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Minat Beli (Y) AMDK ADES di Indonesia baik secara parsial maupun simultan dengan pengaruh total sebesar 57,2% sedangkan 42,8% dipengaruhi faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

 

Kata Kunci: Green Marketing, Brand Image, Minat Beli




DOI: https://doi.org/10.35308/jbkan.v4i1.1893

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Bisnis dan Kajian Strategi Manajemen (JBKSM)

Editorial Office

Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Teuku Umar

 Jl. Alue Peunyareng, Ujong Tanoh Darat, Meureubo, Kabupaten Aceh Barat, Aceh 23681, Indonesia

 jbksm@utu.ac.id

+6282165076974  l  +6285277182682

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.