STRATEGI SURVIVAL UMKM BATIK TULIS PEKALONGAN DI TENGAH PANDEMI COVID-19 (STUDI KASUS PADA “BATIK PESISIR” PEKALONGAN)
Abstract
Pandemi virus Corona bukan hanya sekedar bencana kesehatan, virus yang dikenal sebagai Covid-19 ini telah menimbulkan kekacauan di sektor ekonomi. Tidak hanya industri besar, pandemi virus Corona telah membuat pelaku UMKM di Indonesia mulai gelisah. Keberadaan UMKM yang peranannya memberikan sumbangsih yang cukup besar terhadap laju perekonomian tidak lepas terdampak dari wabah Covid-19. Batik Pesisir Pekalongan sebagai salah satu UMKM batik tulis Pekalongan juga ikut merasakan dampak dari Covid-19 ini. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana strategi survival yang dijalankan oleh Batik Pesisir Pekalongan agar tetap bisa eksis dan bertahan di tengah pandemic Covid-19 yang melanda Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Dari hasil penelitian ini, dapat diketahui bahwa dalam menjalankan bisnisnya, “Batik Pesisir Pekalongan” menggunakan berbagai macam strategi dalam menghadapi persaingan industri batik di tengah pandemi Covid-19. Strategi bersaing yang diambil dengan melakukan differensiasi produk setiap minggunya, sedangkan dalam strategi promosi “Batik Pesisir Pekalongan” menggunakan beberapa bauran promosi seperti periklanan (advertising), promosi penjualan (sales promotion), hubungan masyarakat (public relation) dan publikasi, pemasaran langsung (direct marketing), personal selling dan juga internet marketing seperti pemanfaatan social media dan shorby (link bisnis).
Full Text:
PDFReferences
Arlita, Margareta Ninda dan Luthfi Muta’ali. 2014. Analisis Strategi Pemasaran dalam Meningkatkan Daya Saing Industri Batik Tulis Giriloyo untuk Mendukung Pembangunan Wilayah di Desa Wukirsari, Imogiri, Bantul.
Agency, ANTARA News. “43 Ribu UMKM Pekalongan Terdampak COVID-19.” Antara Jateng. Accessed June 13, 2020. https://jateng.antaranews.com/berita/310156/43-ribu-umkm-pekalongan-terdampak-covid-19.
Bisnis.com. “Pandemi Covid-19 Bikin Ekonomi Buruk, Istana: Kita Masih Bisa Bertahan | Ekonomi,” June 8, 2020. https://ekonomi.bisnis.com/read/20200608/9/1249847/pandemi-covid-19-bikin-ekonomi-buruk-istana-kita-masih-bisa-bertahan.
Bisnis.com. “Dampak Pandemi Covid-19, Ekonomi Indonesia Diperkirakan Pulih 2022 | Ekonomi,” April 27, 2020. https://ekonomi.bisnis.com/read/20200427/9/1233454/dampak-pandemi-covid-19-ekonomi-indonesia-diperkirakan-pulih-2022.
Chan, Szu Ping. “Karena virus corona, dunia hadapi resesi yang lebih buruk daripada Depresi Besar tahun 1930-an.” BBC News Indonesia, April 16, 2020, sec. Dunia. https://www.bbc.com/indonesia/dunia-52295243.
Firmansyah, M. Anang & Budi W, Mahardhika. 2015. Pengaruh Strategi Marketing Mix (Produk, Harga, Promosi, dan Distribusi) terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Batik di Surabaya. Surabaya : Universitas Muhammadiyah Surabaya. Jurnal Balance Vol. XII No.2, Juli 2015.
Huda, Abdul. 2008. Strategi Promosi Batik Pesisir dalam Meningkatkan Pangsa Pasar Pecinta Batik Pekalongan. Yogyakarta: Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Skripsi.
Intan Sherlin, “Pengaruh Inovasi Produk dan Kinerja Pemasaran Terhadap Keunggulan Bersaing” (Jurnal Benefita 1, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Sakti Alam Kerinci, 2016), hlm.105-106
Iskandar dan Eny Kustiyah. 2016. Batik Sebagai Identitas Kultural Bangsa Indonesia di Era Globalisasi. Surakarta : Universitas Islam Batik Surakarta, ISSN : 0215 – 3092.
J. Moleong, Lexy. 2005. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : Remaja Rosda Karya.
M. Anang Firmansyah dan Budi W. Mahardhika,”Pengaruh Strategi Marketing Mix (Produk, Harga, Promosi dan Distribusi) terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Batik di Surabaya”, (Surabaya : Universitas Muhammadiyah Surabaya, Jurnal Balance Vol. XII No.2, Juli 2015) hlm. 19
Media, Kompas Cyber. “Sebanyak 37.000 UMKM Terdampak Virus Corona.” KOMPAS.com. Accessed June 13, 2020. https://money.kompas.com/read/2020/04/17/051200426/sebanyak-37.000-umkm-terdampak-virus-corona.
Philip Kotler dan Kevin Lane Keller,Marketing Management (Indonesia : PT Indeks, 2009) hal. 432
Ridho, M.Rosid. 2015. Strategi Komunikasi Pemasaran Terpadu CV. Acor Advertising Yogyakarta. Yogyakarta : Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta. Skripsi.
Republika Online. “Pengrajin Batik di Pekalongan Terkena Imbas Pandemi Covid-19,” April 9, 2020. https://republika.co.id/share/q8itjs314.
R2. “UMKM Pilar Ketenagakerjaan, Perlu Belajar Dari Jerman.” Reaktor.co.id, September 20, 2019. https://reaktor.co.id/umkm-pilar-ketenagakerjaan-perlu-belajar-dari-jerman/.
Sugiyono. 2005. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung : Alfabeta.
SWA.co.id. “Yuswohady: UKM Harus Manfaatkan Perkembangan Digital,” February 6, 2017. https://swa.co.id/swa/csr- corner/yuswohady-ukm-harus-manfaatkan-perkembangan-digital.
Tamamudin. 2015. Promosi Industri Batik Pekalongan. Pekalongan : STAIN Pekalongan. Jurnal Hukum Islam (JHI), Vol.13, No.2 Desember 2015.
Thomas, Vincent Fabian. “Moody’s Prediksi Ekonomi Indonesia Melambat di 4,8% Akibat Corona.” tirto.id. Accessed June 13, 2020. https://tirto.id/moodys-prediksi-ekonomi-indonesia-melambat-di-48-akibat-corona-eDPW.
TV, CNBC Indonesia. “Ini Kata Teten Masduki Soal Dampak Covid-19 Bagi UMKM.” news. Accessed June 13, 2020. https://www.cnbcindonesia.com/news/20200429173402-8-155339/ini-kata-teten-masduki-soal-dampak-covid-19-bagi-umkm.
Wardhana, Aditya. 2015. Strategi Digital Marketing dan Implikasinya pada Keunggulan Bersaing UKM di Indonesia. Universitas Telkom, Forum Keuangan dan Bisnis IV, ISBN :978-602-17225-4-1
DOI: https://doi.org/10.35308/jbkan.v4i2.2424
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Bisnis dan Kajian Strategi Manajemen (JBKSM)
Editorial Office
Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Teuku Umar
Jl. Alue Peunyareng, Ujong Tanoh Darat, Meureubo, Kabupaten Aceh Barat, Aceh 23681, Indonesia
jbksm@utu.ac.id
+6282165076974 l +6285277182682
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.