DAMPAK PEMASARAN ONLINE DI ERA COVID-19
Abstract
Seiring dengan perkembangan waktu, teknologi berkembang semakin pesat yang ditandai dengan adanya pemanfaatan internet dan juga media digital. Teknologi dan media digital menjadi salah satu komponen penting bagi para pelaku usaha dalam memasarkan produknya secara online. Pemasaran online (Internet Marketing/E-Marketing) dinilai lebih menguntungkan dikarenakan dapat menjangkau calon konsumen/pelanggan potensial dalam cakupan yang luas tanpa batasan ruang dan waktu dengan biaya pemasaran yang lebih murah dibandingkan dengan pemasaran secara offline. Terlebih lagi di situasi COVID-19 yang sedang melanda dunia tak terkecuali Indonesia, pemasaran online dianggap sebagai salah satu cara bagi para pelaku usaha agar dapat mempertahankan usaha ataupun jasa yang mereka pasarkan. Namun pada situasi saat ini, pemasaran online berdampak terhadap beberapa sektor yang dialami oleh para pelaku usaha.
Keyword: Pemasaran Online, COVID-19.
Full Text:
PDFReferences
Boone, Louise E., dan Kurtz, David L. 2005. Contemporary Marketing. Thomson South Western. Ohio.
ES, Dedi Purwana, Rahmi, dan Aditya Shandy. 2017. Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Kelurahan Malaka Sari, Duren Sawit. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM) Vol.1 No.1 Juli 2017.
Hakim, Muhammad Malik dan Nurkamid, Mukhamad. 2017. Model Adopsi UKM di Kudus Terhadap E-Commerce. Jurnal Simetris, Vol. 8 No 1 April 2017.
Kotler, Philip dan Armstrong, Garry. 2008. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jilid I, Penerbit: Erlangga. Jakarta.
Laudon, Kenneth C dan Laudon Jane P. 2008. Sistem Informasi Manajemen. Edisi 10. Penerbit: Salemba Empat. Jakarta.
Mayfield, Antony. 2008. What Is Social Media?. Icrossing.
Nirmala, Endar, dkk. 2016. Guru Pembelajar: Modul Paket Keahlian Pemasaran Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Bisnis dan Pariwisata, Direktorat Jenderal Pendidik dan Tenaga Kependidikan. Jakarta.
Strauss, Judy dan Frost, Raymond. 2009. E-Marketing. 5th Edition. Prentice-Hall, Inc. Upper Saddle. New Jersey.
Tiago, Maria Teresa Pinheiro Melo Borges dan Verissimo, Jose Manuel Cristovao. 2014. Digital Marketing and Social Media: Why Bother? Jurnal Business Horizons (2014) 57, 703-708.
https://jogja.tribunnews.com/2019/02/14/653-persen-penduduk-indonesia-melek-internet-pebisnis-wajib-go-online
https://tekno.kompas.com/read/2019/02/04/19140037/separuh-penduduk-indonesia-sudah-melek-media-sosial
https://www.dbs.com/indonesia-bh/blog/live-smart/ini-strategi-pemasaran-produk-secara-online.page
DOI: https://doi.org/10.35308/jbkan.v4i2.2620
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Bisnis dan Kajian Strategi Manajemen (JBKSM)
Editorial Office
Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Teuku Umar
Jl. Alue Peunyareng, Ujong Tanoh Darat, Meureubo, Kabupaten Aceh Barat, Aceh 23681, Indonesia
jbksm@utu.ac.id
+6282165076974 l +6285277182682
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.