GREEN MARKETING DAN KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK TUPPERWARE

Aprilianti Aprilianti, Naufal Bachri, Sapna Biby, Muchsin Muchsin

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh green product, green price, green place dan green promotion terhadap keputusan pembelian konsumen pada produk tupperware di lingkungan Universitas Malikussaleh. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, yaitu menggunakan data yang diperoleh dari menyebarkan kuesioner terstruktur. Data yang digunakan sebanyak 119 responden yang dipilih dengan metodejudgement sampling. Metode analisa data menggunakan multiple linear regression dengan bantuan software SPSS. Indikator yang digunakan mengadopsi dan mengadaptasi studi peneliti sebelumnya dan dijadikan instrumen penelitian yang diuji validitas dan reliabilitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel green product, green price, green place dan green promotion berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian konsumen di lingkungan Universitas Malikussaleh. Hasil penelitian membuktikan bahwa konsep green marketing berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Penelitian ini berimplikasi pada pengembangan teori perilaku konsumen. Penelitian memiliki keterbatasan seperti terbatasnya jumlah sampel dan variabel yang digunakan. Seyogyanya, peneliti selanjutnya dapat menggunakan variabel lain yang terkait dengan keinovasian produk untuk menemukan kebaruan studi.

References


Asrianda, Khalil, M., Asnawi, & Bachri, N. (2020). Fuzzy AHP Model in Influencing the Decision to Visit a Coffee Shop. International Journal of Psychosocial Rehabilitation, 24(2), 372–381.

Ayu dan Wardana. (2016). Pengaruh Green Marketing Mix Terhadap Brand Image Bodyshop Pada Store Festival Citilink Bandung. In e Proceeding of Management, 446–453.

Bachri, N., Asnawi, A., & Febriansyah, S. (2022). DIGITAL MARKETING: Determinasi Keputusan Berbelanja Online. E-Mabis: Jurnal Ekonomi Manajemen Dan Bisnis, 23(2), 132–139.

Bachri, N. (2019). Statistika Dasar untuk Bisnis : Teori, Pendekatan dan Contoh Kasusnya. CV. Jejak Publisher.

Balawera, A. (2013). Green marketing dan corporate social responsibility pengaruhnya terhadap keputusan pembelian konsumen melalui minat membeli produk organik di Freshmart kota Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 1(4).

Chrysna, V. Y., Sumarsono, H., & Widyaningrum, P. W. (2022). Pengaruh Green Trust, Green Price, dan Eco Brand Terhadap Keputusan Pembelian. E-Journal Ekonomi Bisnis Dan Akuntansi, 9(2), 65–70.

Dangelico, R. M., & Vocalelli, D. (2017). “Green Marketing”: An analysis of definitions, strategy steps, and tools through a systematic review of the literature. Journal of Cleaner Production, 165, 1263–1279.

Elvierayani, R. R., & Choiroh, F. (2020). Pengaruh Green Product dan Green Price Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Produk Tupperware (Studi Kasus pada Mahasiswa Manajemen FE UNISLA). Mandalika Mathematics and Educations Journal, 2(1), 67–75.

Fatimah, S., & Chrismardani, Y. (2022). PENGARUH GREEN MARKETING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK SEPHORA (Studi Pada Mahasiswi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Trunojoyo Madura). Jurnal Kajian Ilmu Manajemen (JKIM), 2(1).

Firdiansyah, R., Mohamed, M., Yusoff Yusliza, M., Saputra, J., & Muhammad, Z. (2021). A Review of Green Marketing Strategy Literature: Mini Review Approach. In Proceedings of the 11th Annual International Conference on Industrial Engineering and Operations Management Singapore: IEOM Society International. (Vol. 2/103.

Fitaloka, J., & Kusuma, M. (2022). The Effect Of Green Marketing, Green Product And Trust On Purchase Decisions At KFC BIM Bengkulu City. Jurnal Akuntansi, Manajemen Dan Bisnis Digital, 1(2), 397–404.

Fitri, A., Bachri, N., & Abubakar, R. (2018). Pengaruh Kemampuan Inovasi terhadap Keputusan Pembelian Roti Bantal melalui Daya Tarik Produk dan Daya Tarik Promosi sebagai Variabel Mediasi di Kota Banda. Jurnal Manajemen Indonesia (J-MIND), 2(1), 31–47.

FuiYeng, W., & Yazdanifard, R. (2015). Green Marketing: A Study of Cosumer Buying Behavior in Relation to Green Products. Global Journal of Management and Business Research, 15(5), 1–8.

Ghozali, I. (2011). “ Alikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS.” Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hanifah, hidayani & M. (2015). Pengaruh Produk Ramah Produk Tupperware. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis Dewantara (JMD), 2(1), 37–44.

Hanifah, H. N., Hidayati, N., & Mutiarni, R. (2019). Pengaruh produk ramah lingkungan/Green Product dan Harga terhadap keputusan pembelian produk Tupperware. JMD: Jurnal Riset Manajemen & Bisnis Dewantara, 2(1), 37–44.

Hashem, T. N. & A. R. (n.d.). The influence of applying green marketing mix by chemical industries companies in three Arab States in West Asia on consumers mental image. Vol. 2 No.

Imam, G. (2011). Alikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Keller, K. dan. (2014). Manajemen Pemasaran.

Keller, P. K. & K. L. (2009). Marketing Management 13th Edition. New Jersey.

Kotler, dan Armstrong, G. (2016). Prinsip Pemasaran. Edisi Kedelapan, Erlangga.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management 15th Edition. Harlow: Pearson Education Limited.

Kusnandar, D. L., & Rinandiyana, L. R. (2017). The Influence of Green Marketing on Purchase Decision with Brand Image as Mediate Variable. Sustainable Competitive Advantage7 (SCA-7) FEB Unsoed.

Mahmoud, T. O. (2018). Impact of Green Marketing Mix on Purchase Intention. International JOurnal of Advanced and Applied Science, 5(2), 127–135. https://doi.org/https://doi.org/10.21833/ijaas.2018.02.020.

Makatumpias, D., Moniharapon, S., & Tawas, H. N. (2018). Pengaruh Green Product Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Produk Oriflame Dimanado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 6(4).

Mamahit. (2015). Pengaruh Green Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Produk Air Minum Dalam Kemasan Ades Pada Mahaiswa Universitas Slamet Riyadi Surakarta. Jurna Ekonomi Dan Kewirausahaan, 1(2 SEPT), 1–6.

Manongko, A. A. C., & Kambey, J. (2018). The influence of green marketing on decision purchasing organic products with interests of buying as an intervening variable at Manado City, Indonesia.

Masterson, R., & Pickton, D. (2014). Marketing: An Introduction Paperback. New Delhi: SAGE Publication.

Mulfachriza, M., Bachri, N., & Biby, S. (2021). Pengaruh Bauran Pemasaran dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Konsumen Memiliki Kartu Kredit Bank BRI Dengan Gaya Hidup Sebagai Variabel Moderating. J-MIND (Jurnal Manajemen Indonesia), 6(1), 70–79.

Nasyatul, A. (2022). PENGARUH STORE ATMOSPHERE, BRAND AMBASSADOR DAN GREEN MARKETING TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN INNISFREE CENTRAL PARK MALL. Jurnal Manajemen, 5(1), 42–58.

Nikmah, F., Hasan, H., & Mardika, E. M. P. (2018). Pengaruh Green Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Produk Tupperware. Khazanah Ilmu Berazam, 1–6.

Oktaviani, D., Haidar, K., & Ellyawati, N. (2021). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Green Produk Cosmetic Sariayu Martha Tilaar Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Mulawarman Samarinda. In Educational Studies: Conference Series, 1(2).

Parengkuan, V., Tumbel, A., & Wenas, R. S. (2014). Analisis pengaruh brand image dan celebrity endorsment terhadap keputusan pembelian produk shampo Head and Shoulders di 24 mart Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 2(3).

Paysal, S. A. R. A., & Hidayat, R. (2016). Pengaruh Green Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Pada Produk Nike Di Bandung-2016. EProceedings of Applied Science, 2(3).

Qabiluddin, Abubakar, R., & Bachri, N. (2018). Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa Terhadap Keputusan Pendengar Radio Dakwah Aceh Utara Dan Lhokseumawe. Jurnal Manajemen Indonesia (J-MIND), 2(1), 118–123.

Rahayu, L. M. P., Abdillah, Y., & Mawardi, M. K. (2017). Pengaruh Green Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen (Survei Pada Konsumen The Body Shop di Indonesia dan di Malaysia). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 43(1), 121–131.

Rahayu, L. M. P., Abdillah, Y., & Mawardi, M. K. (2017). Pengaruh Green Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 43(1).

Rahman. (2017). Pengaruh Green Marketing Mix Trehadap Keputusan Pembelian Konsumen Produk Tupperware. Forum Ekonomi, 19(1), 119.

Ramanakumar, D. K. P. V., C.G, M., & S. S. R. (2012). Consumer Attitude Towards Green Products Of Fmcg Sector: An Empirical Study. International Journal of Research In Commerce and Management, 3(2), 34–39.

Schiffman, K. (2011). Perilaku Konsumen. Edisi Kedua. Jakarta: PT. Indeks Gramedia.

Shaputra, R. K. (2013). Penerapan Green Marketing Pada Bisnis Produk Kosmetik. Jurnal JIBEKA, 7, 47–53.

Singh, K. &. (2015). Impact of Green MarketingMix on Consumers Purchase Behavior: A Study in the Jalandhar Region of Punjab. International Journal of Engineering and Management Research, 5(1), 267–272.

Solaiman, M., Osman, A., Suberi, M., & Halim, B. A. (2015). Green Marketing: A Marketing Mix Point of View. International Journal of Business and Technopreneurship, 5(1), 87–98.

Sorongan, S., Lapian, J. S., & Soepeno, D. (2022). Analisis Green Marketing Pada Usaha Mirko Kecil dan Menengah UNSRAT Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 10, 330–339.

Sukraeni, N. L. G., & Kusyana, D. N. B. (2022). Meningkatkan Keputusan Pembelian dengan Meningkatkan Green Marketing Mix. WidyaAmrita: Jurnal Manajemen, Kewirausahaan Dan Pariwisata, 2(4), 1206–1216.

Suryawan, I. P. E., Wimba, I. G. A., & Dewi, I. S. (2022). Pengaruh Green Marketing Mix terhadap Keputusan Pembelian Makanan dan Minuman pada Restoran Braga Permai Cabang Bali Kewirausahaan dan Pariwisata. WidyaAmrita: Jurnal Manajemen, 2(4), 1084–1095.

Syamni, G., & Bachri, N. (2012). Bisnis Hijau Dan Faktor-Faktor Yang Mendorongnya: Suatu Kajian Literatur. Jurnal Ekonomi, Manajemen Dan Akuntansi, 1(1), 63–70.

Widiarsa, I. B. I. S., & Sulistyawati, E. (2018). Peran Keunggulan Kompetitif Memediasi Pengaruh Green Marketing Terhadap Keputusan Pembelian. E-Jurnal Manajemen Unud, 7(7), 3442–3470.

Wirayanthy, N., & Santoso, S. (2018). Pengaruh Harga, Citra Merek Dan Kualitas Terhadap Minat Beli Produk Private Label. JMD: Jurnal Riset Manajemen & Bisnis Dewantara, 1(2), 87–96.

Wulandari, H. A. (2015). Pengaruh kualitas produk, harga dan brand image terhadap keputusan pembelian pada produk Tupperware (studi kasus di masyarakat kelurahan Mandonga). Vol : 20 N.

Yazid, K. (2021). Pengaruh Brand Ambassador Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda : Tinjauan Sport Marketing (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).

Yulianti. (2020). Pengaruh Brand Image, Green Marketing Strategy, Dan Emotional Desire Terhadap Keputusan Pembelian Produk Mcdonald’s. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 5(1), 70–80.




DOI: https://doi.org/10.35308/jbkan.v7i1.6739

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Bisnis dan Kajian Strategi Manajemen (JBKSM)

Editorial Office

Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Teuku Umar

 Jl. Alue Peunyareng, Ujong Tanoh Darat, Meureubo, Kabupaten Aceh Barat, Aceh 23681, Indonesia

 jbksm@utu.ac.id

+6282165076974  l  +6285277182682

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.