Analisis Strategi Pengembangan Bisnis PT. Gojek Indonesia melalui Pendekatan Bussines Model Canvas (BMC) dan Analisis SWOT

bianti fitricia febrina mooduto

Abstract


Transportasi saat ini menjadi bagian penting dari kehidupan masyarakat seiring dengan bertambahnya jumlah penduduk. Saat ini, rata-rata masyarakat perkotaan sudah memiliki kendaraan pribadi yang efektif dan efisien untuk berpindah dari satu lokasi ke lokasi lain. Tingginya minat pengguna jasa ojek online juga mengingat bahwa ojek adalah alat transportasi penting bagi penduduk setempat yang sebenarnya sudah tertanam dalam kehidupan sehari-hari sejak lama. Salah satu penyedia jasa transportasi online yaitu Gojek. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis model bisnis dengan teknik analisis datanya menggunakan Bussines Model canvas dan Analisis SWOT. Deskriptif kualitatif ialah metode yang digunakan dalam penelitian ini dengan teknik analisis datanya yaitu Business Model Canvas (BMC) dan analisis SWOT. Responden dalam penelitian ini terdiri dari Pengguna aplikasi Gojek dan mitra kerja gojek. Hasil dari penelitian ini yaitu berdasarkan analisis bisnis model canvas dan analisis SWOT dapat memberikan masukan kepada perusahaan untuk meciptakan aplikasi yang lebih baik kedepannya.

 

Kata Kunci: Aplikasi Gojek, Bussines Model Canvas, Analisis SWOT


References


Agustiadi A, Syarief R, Nurrochmat D R. 2018. “Strategi Pengembangan Bisnis Rental Mobil

Wiralodra 27 Dengan Pendekatan Model Bisnis Kanvas”. Jurnal Aplikasi Manajemen dan Bisnis.

Bonazzi, F. L. Z., & Zilber, M. A. (2014). Innovation and Business Model : a case study about integration of Innovation Funnel and Business Model Canvas Inovação e Modelo de Negócio : um estudo de caso sobre a integração do Funil de Innovación y modelo de negocio : un estudio de caso acerca de la. 16(53), 616–637. https://doi.org/10.7819/rbgn.v16i52.1812

Fathurrohman, Y. E., Putri, R. hayti, & Qonita, S. M. (2022). Analisis perancangan business model canvas (bmc) di ud kali mengaji kecamatan cilongok kabupaten banyumas. Agritech, XXIV(1), 1–10.

Hambali Achmad, Andarini Sonja. 2021. “Formulasi Strategi Pengembangan Bisnis

Menggunakan Pendekatan Bussines Model Canvas (BMC) dan SWOT Analysis dalam Upaya Meningkatan Daya Saing pada Piring Seng Coffee & Co Tanjungan Surabaya”. Jurnal Administrasi Bisnis.

Henry Mulya Gondosaputro. (2017). Analisis Business Model Canvas pada CV. Triputra Perkasa. Agora, 5(Business Model Canvas).

Surjogondokusumo Bella Natalie, Indriyani Ratih. 2016. “Analisis Model Bisnis pada Restoran

Yung Ho dengan Menggunakan Bussines Model Canvas”. Jurnal Manajemen.

Varianto Vincent. 2017. “Model Bisnis Colleges Need menggunakan metode Bussines Model

Canvas”. Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis.

Wijaya F, Sultan M A. 2019. Formulasi Perancangan Strategi Pengembangan Usaha

Menggunakan Analisis SWOT dan Business Model Canvas. Jurnal Ilmu Manajemen & Bisnis.

Yuliantari Kartika. 2017. “SWOT dalam menentukan strategi pemasaran pada PT Gojek

Indonesia”. Jurnal manajemen.

Yusuf, M., Wisnubroto, P., & Freitas, J. M. (2013). STRATEGI PEMASARAN GUNA MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN DENGAN PENDEKATAN TECHNOLOGY ATLAS PROJECT METHOD. 6, 161–168.




DOI: https://doi.org/10.35308/jbkan.v7i1.6783

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Bisnis dan Kajian Strategi Manajemen (JBKSM)

Editorial Office

Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Teuku Umar

 Jl. Alue Peunyareng, Ujong Tanoh Darat, Meureubo, Kabupaten Aceh Barat, Aceh 23681, Indonesia

 jbksm@utu.ac.id

+6282165076974  l  +6285277182682

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.