Pengaruh inovasi produk dan citra merek terhadap kepuasan pelanggan pada Rumah Cafe
Abstract
Penelitian ini menganalisis pengaruh inovasi produk (X1), citra merek (X2) terhadap kepuasan pelanggan (Y). Objek penelitian dari penelitian ini adalah Rumah Cafe yang berada di Kecamatan Lubuk Pakam. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan insidental Sampling yaitu sebanyak 30 Sampel. Analisis pada penelitian ini dengan menggunakan software Smart PLS4 for windows. Nilai thitung untuk variabel citra merek yaitu 1.741 ≤ ttabel 2.051 dan nilai signifikansi atau P Value 0.082 ≤ 0,5 alpha (5%), maka H0 diterima dan H1 ditolak, dengan demikian secara parsial citra merek tidak berpengaruh positif tetapi signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Nilai thitung untuk variabel inovasi produk yaitu 4.115 ≥ ttabel 2.051 dan nilai signifikansi 0.000 ≤ 0,5 alpha (5%), maka H0 ditolak dan H1 diterima, dengan demikian secara parsial penelitian inovasi produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan.
Full Text:
PDFReferences
Bahrudin, M., & Zuhro, S. (2016). Pengaruh kepercayaan dan kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan. BISNIS: Jurnal Bisnis Dan Manajemen Islam. https://doi.org/10.21043/bisnis.v3i1.1463
Devara, K. S., & Sulistyawati, E. (2019). PERAN INOVASI PRODUK DALAM MEMEDIASI PENGARUH ORIENTASI PASAR TERHADAP KINERJA PEMASARAN. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 8(10). https://doi.org/10.24843/ejmunud.2019.v08.i10.p25
D, Prasetyo, Bambang dkk. (2020). Komunikasi Pemasaran Terpadu. Malang: Penerbit UB Press
Hasibuan, D., Hasibuan, M. I., & Harahap, J. M. (2021). Pengaruh Kreativitas Dan Inovasi Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Bang Kendik Cafe Rantauprapat. Kapital: Jurnal Ilmu Manajemen, 3(1).
Irawan, R. (2013). Pengaruh Inovasi Produk Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Makanan Ringan Yagi Yagi Di Easy Café Bandung. International Migration Review, 47(2).
J. Supranto. Pengukuran tingkat kepuasan pelanggan untuk menaikkan pangsa pasar. Jakarta: Rineka Cipta. 2011. pp 59-241.
Maulana, Y. S., & Alisha, A. (2020). Inovasi Produk dan Pengaruhnya Terhadap Minat Beli Konsumen (Studi Kasus pada Restoran Ichi Bento Cabang Kota Banjar). Inovbiz: Jurnal Inovasi Bisnis, 8(1). https://doi.org/10.35314/inovbiz.v8i1.1313
Moputi, B. R., Tolinggi, W. K., & Boekoesoe, Y. (2018). Pengaruh Inovasi Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada Ukm Flamboyan Di Kota Gorontalo. Jurnal Agribisnis, 3(1).
Saputri, E. D., Saputri, E. D., Satiya Ningtyas, D. P., & Kustiningsih, N. (2021). PENGARUH INOVASI PRODUK TERHADAP PENINGKATAN KINERJA UMKM OT APPAREL. Journal MISSY (Management and Business Strategy), 1(1). https://doi.org/10.24929/missy.v1i1.1238
Saragih, M. D., Pauzy, D. M., & ... (2022). Pengaruh Inovasi Produk dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian: Survei pada konsumen Samudra Resto & Cafe Kota Tasikmalaya. ULIL ALBAB: Jurnal Ilmiah …, 1(10).
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung : Alfa Beta
Sugiyono. 2017. Statiska Untuk Penelitian. Bandung : Alfa Beta
Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif (Mixed Methods).
Bandung : Alfa Beta
Viona, S., & Rosmayani, R. (2021). Pengaruh inovasi produk terhadap minat beli pada usaha tekat tiga dara di Kota Pekanbaru. SYNERGY: Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 1(2). https://doi.org/10.52364/synergy.v1i2.11
Wiryawan, I. P. G. H., & Seminari, N. K. (2022). PERAN INOVASI PRODUK MEMEDIASI ORIENTASI PASAR TERHADAP KINERJA PEMASARAN. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 11(6). https://doi.org/10.24843/ejmunud.2022.v11.i06.p02
Wulandari, E. E. P. (2021). PENGARUH LOKASI, INOVASI PRODUK, DAN CITA RASA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA ELEVEN CAFE DI KOTA BENGKULU. (JEMS) Jurnal Entrepreneur Dan Manajemen Sains, 2(1). https://doi.org/10.36085/jems.v2i1.1379
DOI: https://doi.org/10.35308/jbkan.v7i2.7904
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Bisnis dan Kajian Strategi Manajemen (JBKSM)
Editorial Office
Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Teuku Umar
Jl. Alue Peunyareng, Ujong Tanoh Darat, Meureubo, Kabupaten Aceh Barat, Aceh 23681, Indonesia
jbksm@utu.ac.id
+6282165076974 l +6285277182682
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.