ANALISIS PEMASARAN SAPI BALI DI KECAMATAN BARANGKA KABUPATEN MUNA BARAT

Laode Muh Munadi

Abstract

Pemasaran sapi Bali melibatkan pelaku bisnis hingga menimbulkan biaya dalam setiap tahap saluran pemasaran. Penelitian bertujuan menganalisis saluran pemasaran sapi Bali dan margin pemasaran di Kecamatan Barangka Kabupaten Muna Barat pada bulan Agustus-Oktober 2020. Populasi penelitian adalah peternak dan pedagang sapi Bali sebanyak 6 desa dengan penentuan lokasi ditentukan secara stratified sampling berdasarkan populasi sapi terendah, sedang, tinggi dengan pemilihan responden secara purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan saluran pemasaran sapi Bali memilik 5 tipe yaitu, (1) peternak produsen-pedagang pengumpul tingkat desa-pedagang tingkat kecamatan-pedagang pengumpul antar pulau-konsumen akhir, (2) peternak produsen-pedagang pengumpul tingkat desa-pedagang antar pulau-konsumen akhir, (3)peternak produsen-pedagang antar kecamatan-pedagang antar pulau-konsumen akhir, (4) peternak produsen-pedagang pengecer-konsumen akhir, (5) peternak produsen-konsumen akhir. Margin pemasaran sapi Bali terbesar dari peternak produsen ke pedagang pengecer mencapai Rp 2.620.489 per ekor dan margin terkecil penjualan ternak dari peternak produsen ke pedagang pengumpul tingkat desa Rp 1.035.823 per ekor.

Keywords

Pemasaran, Saluran Pemasaran, Margin Pemasaran

References

DAFTAR PUSTAKA

Abdillah, A. H., Juraemi, J., & Daru, T. P. (2019). Analisis Finansial Usaha Ternak Sapi Bali (Bos Sondaicus) Di P4s Cahaya Purnama Kabupaten Kutai Timur. Ziraa’ah Majalah Ilmiah Pertanian, 44(2), 154–162. https://doi.org/10.31602/zmip.v44i2.1768

Agustin, M., & Hayati, M. (2020). Pemasaran Sapi Potong Di Desa Lobuk Kabupaten Sumenep. Agrisocionomics: Jurnal Sosial Ekonomi Pertanian, 4(1), 14–21.

Ayele, S. (2017). Analysis of Market Structure, Conduct and Performance of Beef Cattle: The Case of Dugda District, East Shoa Zone, Oromia Regional State, Ethiopia. Journal of Biology, Agriculture and Healthcare, 7(5), 5-11.

Badan Pusat Statistik. (2020). Sulawesi Tenggara Dalam Angka. Kendari.

Badan Pusat Statistik Muna Barat. (2020). Populasi Ternak Sapi Potong Muna Barat. Laworo.

Daniel, M. (2002). Pengantar Ekonomi Pertanian. Bumi Aksara. Jakarta

Daroini, A. (2013). Pola Pemasaran Sapi Potong Pada Peternak Skala Kecil Di Kabupaten Kediri. Jurnal Manajemen Agribisnis, 13(1), 55–62.

Hoddi, A. H., & Rombe, M. B. (2011). Analisis Pendapatan Peternakan Sapi Potong Di Kecamatan Tanete Rilau, Kabupaten Barru. Jurnal Agribisni, 10(3), 98–109.

Kasim, S. N., & Sirajuddin, S. N. (2011). Strategi Pengembangan Usaha Sapi Perah Di Kabupaten Enrekang. Jurnal Agribisnis, 10(3), 81–97.

Koesmara, H., Nurtini, S., & Budisatria, I. G. S. (2015). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Margin Pemasaran Sapi Potong Dan Daging Sapi Di Kabupaten Aceh Besar. Buletin Peternakan, 39(1), 57–63. https://doi.org/10.21059/buletinpeternak.v39i1.6160

Lasaharu, N. A., & Boekoesoe, Y. (2020). Analisis Pemasaran Sapi Potong. Jambura Journal of Animal Science, 2(2), 62–75. https://doi.org/10.35900/jjas.v2i2.5092.

Mahaputra, K, I. (2007). Pola Pemasaran Sapi bali di Kawasan Primatani LKDRIK Kabupaten Buleleng. Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Bali. Bali.

Muslimah, M. M., & Azmi, N. (2015). Strategi Pengembangan Usaha Pemasaran Daging Sapi (Bos taurus) DI Kecamatan Kuala Simpang Kabupaten Aceh Tamiang. Jurnal Penelitian Agrisamudra, 2(2), 11–20. https://doi.org/10.33059/jpas.v2i2.243

Ningsih, U. W., Hartono, B., & Nugroho, E. (2017). Analisis pemasaran sapi potong melalui analisis marjin, transmisi harga, struktur pemasaran, perilaku pemasaran dan kinerja pemasaran. Jurnal Ilmu-Ilmu Peternakan (Indonesian Journal of Animal Science), 27(1), 1–11. https://doi.org/10.21776/ub.jiip.2017.027.01.01

Noach, Y. R., & Lalus, M. F. (2020). Analisis Indeks Koneksi Pasar dan Distribusi Margin Pada Lembaga-Lembaga Pemasaran Ternak Sapi Potong di Kabupaten Kupang Nusa Tenggara Timur Indonesia. AGRIMOR, 5(1), 13–16. https://doi.org/10.32938/ag.v5i1.939

Purba, H. J., & Hadi, P. U. (2016). Dinamika dan Kebijakan Pemasaran Produk Ternak Sapi Potong di Indonesia Timur. Analisis Kebijakan Pertanian, 10(4), 361–373. https://doi.org/10.21082/akp.v10n4.2012.361-373

Putritamara, J. A., Febrianto, N., & Ndaru, P. H. (2018). Strategi pemasaran sapi potong di PT Tunas Jaya Raya Abadi Nganjuk. Jurnal Ilmu-Ilmu Peternakan (Indonesian Journal of Animal Science), 28(2), 96–104. https://doi.org/10.21776/ub.jiip.2018.028.02.01

Rusastra, I. W. (2016). Perdagangan Ternak dan Daging Sapi: Rekonsiliasi Kebijakan Impor dan Revitalisasi Pemasaran Domestik. Forum penelitian Agro Ekonomi, 32(1), 59–71. https://doi.org/10.21082/fae.v32n1.2014.59-71.

Saliem, H, P. (2004). Analisis Margin Pemasaran : Salah satu pendekatan dalam sistem distribusi. Dalam Prospek Usaha dan Pemasaran Beberapa Komoditas Pertanian. Monogrph. Series No. 24. Pusat Penelitian dan Pengembangan Sosial Ekonomi Pertanian Bogor. Bogor.

Subagyo, W. H., & Widiyastuti, A. (2020). Persepsi Konsumen Terhadap Bauran Pemasaran Pada Produk Daging Sapi Segar Di Warung Pangan Sehat Kota Bogor. Economicus, 14(2), 191–200. https://doi.org/10.47860/economicus.v14i2.197

Sudiyono, A. (2004). Pemasaran Pertanian. Universitas Muhamadiyah, Malang.

Sukmawati, Sani L. A., & Nafiu, L. O. (2011). Efisiensi Pemasaran Sapi Bali Di Pulau Kabaena Kabupaten Bombana. 13(25), 145-159. 10.33772/bpsosek.v13i25.5955

Sulistyati, M. (2013). Potensi Usaha Peternakan Sapi Perah Rakyat dalam Menghadapi Pasar Global (Potential of Small Scale Dairy Farm for Facing in Global Market). Jurnal Ilmu Ternak Universitas Padjadjaran, 13(1), Article 1. https://doi.org/10.24198/jit.v13i1.5116

Sumantri, J., Kusumastuti, T. A., & Widiati, R. (2013). Pemasaran Ternak Sapi Potong Di Kabupaten Ogan Komering Ilir, Sumatera Selatan. Buletin Peternakan, 37(1), 49–58. https://doi.org/10.21059/buletinpeternak.v37i1.1959

Syahdani, A., Hasnudi, & Hanafi, N. D. (2016). Analisis Pendapatan Dan Efisiensi Pemasaran Usaha Sapi Potong Di Kabupaten Langkat: The Income Analysis and Marketing Efficiency of Beef Cattle Business in Langkat District. Jurnal Peternakan Integratif, 4(3), 222–234.

Trizulita, W., Hadiyani, D. P. P. A., & Susanto, W. E. (2018). Analisis pemasaran susu sapi di kud karangploso desa bocek kecamatan karangploso kabupaten malang. Jurnal Sains Peternakan, 6(1), 1–8. https://doi.org/10.21067/jsp.v6i01.2760.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.