PEMBERDAYAAN PEREMPUAN PENGRAJIN JAMU GENDONG MELALUI PENERAPAN TEKNOLOGI DIVERSIFIKASI PRODUK OLAHAN

Putri Suci Asriani, Bonodikun Bonodikun, Ellys Yuliarti

Abstract

Jamu merupakan sebutan untuk obat tradisional dari Indonesia. Di berbagai kota besar terdapat profesi penjual jamu gendong yang berkeliling menjajakan jamu sebagai minuman sehat dan menyegarkan. Di Kota Bengkulu produk jamu tradisional dipasarkan secara digendong di punggung dan dijajakan dengan berjalan kaki, serta ada juga yang menjual jamu dengan menggunakan sepeda/sepeda motor. Proses pembuatan jamu selama ini masih tradisional dan belum menggunaan alat bantu modern, oleh karena itu pendapatan rata-rata yang mereka peroleh belum maksimal. Untuk itu sasaran kegiatan pengabdian ini adalah membekali para pengrajin jamu tradisional mengenai pengelolaan usaha yang baik, pembuatan produk yang lebih inovatif, pemberdayaan kelompok/koperasi untuk pengembangan usaha. Dari hasil pengabdian yang telah dilaksanakan dapat direkomendasi beberapa hal, yaitu (1) perbaikan kualitas bahan baku; (2) membentuk Kelompok Usaha Bersama (KUBE) Sumber Rejeki menjadi kelompok usaha produktif yang nantinya diharapkan dapat berkembang menjadi Koperasi Jamu Gendong; (3) pengrajin jamu gendong masih menggunakan jamu-jamu sachet racikan yang diproduksi oleh produsen yang belum teregister dan tidak bisa dipertanggungjawabkan, untuk itu perlu dirintis kerjasama dengan produsen jamu racik yang sudah jelas teregister; dan (4) memproduksi jamu kering dalam bentuk sachet instan.

Keywords

pemberdayaan, jamu gendong, teknologi tepat guna, diversifikasi produk jamu gendong, jamu sachet instan.

Full Text:

PDF

References

Ardiyantika, Sulistyary. 2014. Dampak Profesi Perempuan Penjual Jamu dalam Meningkatkan Kesejahteraan Keluarga: Studi Pada Dusun Kiringan, Canden, Jetis, Bantul. Skripsi Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga. Yogyakarta.

Basyaruddin, Muhammad. 2009. Identifikasi Mikroorganisme Jamu Gendong yang Dijual di Jalan Gajayana Malang. Skripsi Jurusan Biologi Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri (UIN) Malang. Malang.

Nur, Mokhamad., Teti Estiasih, Mochamad Nurcholis, Jaya Mahar Maligan. 2010. Aneka Produk Olahan Kunyit Asam (Modul Teknologi Tepat Guna). Jurusan Teknologi Hasil Pertanian Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Brawijaya.Malang.

Rahmawaty, Penny., Nahiyah Jaidi Faraz, Gunarti. 2009. Pemberdayaan Perempuan Pengrajin Jamu Gendong di Dusun Kiringan, Canden, Jetis Kabupaten Bantul. Laporan Pengabdian Kepada Masyarakat LPPM Universitas Negeri Yogyakarta. Yogyakarta.

Setyowati, Nuning., Rhina Uchyani Fajarningsih, Kunto Adi. 2010. Analisis Potensi dan Strategi Pengembangan Jamu Instan di Kabupaten Karanganyar. Fakultas Pertanian UNS Surakarta.

Subiyono, Sudji Munadi, Dwi Rahdiyanto. 2000. Pengembangan Peralatan Proses Produksi Jamu Gendong Tradisional untuk Wirausaha Kecil Daerah Pinggiran Yogyakarta. Laporan Kegiatan Program Vucer Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta. Yogyakarta.

Zulaikhah, Siti Thomas.2005. Analisis Faktor-faktor yang Berhubungan dengan Pencemaran Mikroba pada Jamu Gendong di Kota Semarang. Tesis Magister Kesehatan Lingkungan. Program Pascasarjana Universitas Diponegoro. Semarang

Refbacks

  • There are currently no refbacks.