ANALISIS TRANSMISI DAN INTEGRASI PASAR BAWANG MERAH ANTARA PUSAT PASAR MEDAN DENGAN PASAR PENGECER BINA USAHA MEULABOH

Devi Agustia, Muhammad Reza Aulia

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keterpaduan pasar dan perubahan harga bawang merah di Pusat Pasar Medan dengan Pasar Pengecer Bina Usaha Meulaboh menggunakan Elastisitas Transmisi Harga dengan bantuan Ms.Excel dan Metode IMC (Indexs of Market Connection ) dengan SPSS. Metode penentuan daerah penelitian yang digunakan adalah secara Purposive dan data yang digunakan berupa data sekunder yang diperoleh dari Instansi yang terkait seperti PIHPS (Pusat Informasi Harga Pangan dan Strategis Nasional) maupun juga diperoleh dari Dinas Perdagangan Kabupaten Aceh Barat. Hasil penelitain ini menunjukkan bahwa perubahan harga bawang merah di Pusat Pasar Medan dengan Pasar Bina Usaha Meulaboh bersifat elastis dimana ET = 0,67 (<1) artinya perubahan harga bawang merah sebesar 1% di Pasar Bina Usaha Meulaboh maka perubahan harga kurang dari 0,67% di tingkat pedagang besar Pusat Pasar Medan Artinya Perubahan harga bawang merah di Pasar Bina Usaha Meulaboh akan mengikuti perubahan harga bawang merah yang ada di Pusat Pasar Medan. Integrasi atau ketepaduan pasar bawang merah antara Pusat Pasar Medan dengan Pasar Bina Usaha Meulaboh mendapatkan IMC = 0,19769. Dimana IMC = < 1, maka integrasi semakin tinggi yang menunjukkan harga bawang merah di Pusat Pasar Medan dengan Pasar Bina Usaha Meulaboh memiliki ketekaitan pasar atau adanya hubungan timbal balik antara kedua pasar.

Keywords

Elastisitas Transmisi Harga; Integrasi Pasar; IMC

Refbacks

  • There are currently no refbacks.