ANALISIS PERBANDINGAN TINGKAT PENGELUARAN RUMAH TANGGA PETANI PADI PEMILIK PENGGARAP DAN PENGGARAP DI DESA LUBUK SUKON KECAMATAN INGIN JAYA KABUPATEN ACEH BESAR

zakiah zakiah zakiah, fauzan fauzan fauzan

Abstract

Pengeluaran rumah tangga petani merupakan pengeluaran dari seluruh anggota rumah tangga petani, pengeluaran tersebut terdiri atas pengeluaran pangan dan pengeluaran non pangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan pengeluaran rumah tangga petani padi pemilik-penggarap dan penggarap di Desa Lubuk Sukon Kecamatan Ingin Jaya Kabupaten Aceh Besar. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder, data primer merupakan data yang secara langsung diberikan oleh responden dengan menggunakan kuisioner. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan rumus struktur pengeluaran rumah tangga petani. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata pengeluaran rumah tangga petani pemilik-penggarap adalah sebesar Rp 43.866.600/tahun dan rata-rata pengeluaran rumah tangga petani penggarap adalah sebesar Rp 33.689.000/tahun.

Keywords

Pengeluaran, Pengeluaran pangan, pengeluaran non pangan

References

Alfian D, M. (2016). Analisis Perbandingan Pola Konsumsi Pangan dan Non Pangan Rumah Tangga Kaya dan Miskin di Kota Makassar. Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.

Sajogyo. (1977). Garis Miskin dan Kebutuhan Minimum Pangan. Lembaga Penelitian Sosiologi Pedesaan (LPSP). IPB. Bogor.

Samuelson, P. A. dan W. D. N. (2004). Ilmu Makroekonomi. Alih Bahasa Haris Munandar. Jakarta:PT. Gelora Aksara Pratama.

Sudama, F. S., & Noor, T. I. (2021). Struktur Pendapatan dan Struktur Pengeluaran Serta Mekanisme Koping Petani Pemilik Sekaligus Penggarap di Kelurahan Setianagara Kecamatan Cibeureum Kota Tasikmalaya. Mimbar Agribisnis: Jurnal Pemikiran Masyarakat Ilmiah Berwawasan Agribisnis, 7(1), 132–145.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.