Submissions

Online Submissions

Already have a Username/Password for Jurnal Public Policy?
Go to Login

Need a Username/Password?
Go to Registration

Registration and login are required to submit items online and to check the status of current submissions.

 

Author Guidelines

Persyaratan Umum

  1. Panjang artikel maksimal 20 hal (termasuk kepustakaan, catatan-catatan, dan tabel)
  2. Melampirkan pernyataan bahwa artikel belum pernah dipublikasikan sebelumnya, di mana pun dan dalam bentuk apapun.
  3. Setiap artikel akan diuji keplagiatan

Sub-subkomponen tidak diberi pembaban (kecuali komponen hasil dan pembahasan), tetapi indikasi sub-sub komponen itu ada pada kalimat pertama dari suatu alinea dari komponen itu.

Artikel disajikan dengan komponen sebagai berikut:

Judul: maksimal 12 kata baik judul yang berbahasa Indonesia maupun judul berbahasa Inggris. Judul diketik Dengan Huruf Calibri Light, 14 Cetak Tebal

Nama penulis: atau penulis-penulis diketik di bawah judul dengan font Calibri Light 12 cetak tebal, tanpa gelar dan tidak boleh disingkat. Di bawah nama  ditulis bidang keahlian/Jurusan/Prodi, nama institusi dan alamat email penulis.

Abstrak: Panjang abstrak antara 100-200 kata, ditulis dalam bahasa Inggris dan bahasa Indonesia, dalam satu alinea yang berisi: tujuan penelitian, metode penelitian, teknik analisis data dan hasil penelitian. Diketik dengan font Calibri Light 11, spasi tunggal, diketik miring untuk bahasa inggris. Di bawah abstrak ada kata kunci maksimal 5 kata, dipisahkan dengan tanda koma, diketik di bawah abstrak.

Pendahuluan: Pendahuluan berisi tentang latar belakang yang mengatasi suatu permasalahan, urgensi dan rasionalisasi kegiatan, tinjauan pustaka, rencana pemecahan masalah, [Diketik dengan huruf Calibri Light, font 12, spasi 1,15, ukuran kertas A4, setiap awal paragraf atau alinea baru ditulis menjorok (indent) pada ketukan ke tiga].

Metode: Metode penelitian menjelaskan tentang: pendekatan, ruang lingkup atau objek, definisi operasional variable/deskripsi fokus penelitian, tempat, populasi dan sampel/informan, teknik pengumpulan data, dan teknik analisis data [Diketik dengan huruf Calibri Light, font 12, spasi 1,15, ukuran kertas A4, setiap awal paragraf atau alinea baru ditulis menjorok (indent) pada ketukan ke tiga].

Hasil dan Pembahasan: Hasil penelitian disajikan dengan lengkap dan sesuai ruang lingkup penelitian. Hasil penelitian dapat dilengkapi dengan tabel, grafik (gambar), dan/atau bagan. Tabel dan gambar diberi nomor dan judul. Hasil analisis data dimaknai dengan benar. Bagian pembahasan memaparkan hasil penemuan secara logis, mengaitkan dengan sumber rujukan yang relevan. [Diketik dengan huruf Calibri Light, font 12, spasi 1,15, ukuran kertas A4, setiap awal paragraf atau alinea baru ditulis menjorok (indent) pada ketukan ke tiga].

Simpulan dan SaranSimpulan berisi rangkuman singkat atas hasil penelitian dan pembahasan. Simpulan adalah temuan penelitian yang berupa jawaban atas pertanyaan peneitian atau tujuan penelitian. Hasil penelitian memberikan saran/kontribusi terhadap aplikasi dan/atau pengembangan ilmu. [Diketik dengan huruf Calibri Light, font 12, spasi 1,15, ukuran kertas A4, setiap awal paragraf atau alinea baru ditulis menjorok (indent) pada ketukan ke tiga].

Daftar Rujukan: Memuat sumber-sumber yang dirujuk dan minimal 80% berupa pustaka terbitan 10 tahun terakhir. Daftar rujukan ditulis sesuai dengan American Psychological Association (APA) Fifth edition. Semua sumber yang tercantum dalam daftar pustaka harus ada dalam naskah artikel. Penulisan naskah dan situasi yang diacu dalam naskah ini disarankan menggunakan aplikasi referensi (reference manager) seperti Mendeley, Zotero, Reffwork, Endnote dan lain-lain (Dwipayana, Ari, & Eko, 2003)

Click here for download guideline to submit online an article

 

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.

  1. The submission has not been previously published, nor is it before another journal for consideration (or an explanation has been provided in Comments to the Editor).
  2. The submission file is in OpenOffice, Microsoft Word, RTF, or WordPerfect document file format.
  3. Where available, URLs for the references have been provided.
  4. The text is single-spaced; uses a 12-point font; employs italics, rather than underlining (except with URL addresses); and all illustrations, figures, and tables are placed within the text at the appropriate points, rather than at the end.
  5. The text adheres to the stylistic and bibliographic requirements outlined in the Author Guidelines, which is found in About the Journal.
  6. If submitting to a peer-reviewed section of the journal, the instructions in Ensuring a Blind Review have been followed.
 

Copyright Notice

  • Pernyataan ini merupakan komitmen penulis untuk menghormati hak cipta, baik dalam hal pengutipan karya orang lain dan pemanfaatan konten jurnal. Apabila diperlukan, penulis dapat mengirimkan Surat Pernyataan Keaslian Naskah yang menyatakan bahwa “karya ini adalah ide asli penulis dan belum pernah dikirim ke penerbit lain dan diterbitkan dalam publikasi apapun”.
  • Hak publikasi, editing, dan pengunggahan atas semua materi naskah jurnal yang diterbitkan/dipublikasikan dalam situs Jurnal Public Policy ini dipegang oleh dewan redaksi dan pengelola Jurnal Public Policy, dengan sepengetahuan penulis, dan hak moral publikasi adalah milik penulis.
  • Naskah yang diterbitkan/dipublikasikan secara elektronik bersifat open access untuk tujuan pendidikan, penelitian, dan perpustakaan. Di luar tujuan tersebut, Dewan redaksi dan pengelola jurnal tidak bertanggung jawab atas pelanggaran terhadap hukum hak cipta.
  • Aspek legal formal dalam pemanfaatan publikasi jurnal mengacu lisensi  Atribusi 4.0 International (CC BY), yang berarti bahwa konten jurnal dapat dimanfaatkan secara bebas dalam bentuk aslinya dan untuk tujuan non-komersial.

 

Privacy Statement

Dewan redaksi Jurnal Public Policy akan selalu menjaga hak eksklusif dan kualitas naskah penulis dari segala bentuk pelanggaran hak cipta (plagiarisme). Nama dan alamat email yang masuk ke dalam situs Jurnal ini akan digunakan secara eksklusif untuk keperluan penerbitan Jurnal Public Policy, dan tidak akan disalahgunakan untuk tujuan lain, atau diberikan kepada pihak lain secara tidak bertanggung jawab.