Evaluating School Zoning as a Policy Instrument for Promoting Educational Equity
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abidin, M. Z., & Asrori. (2018). Peranan sekolah kawasan berbasis sistem zonasi dalam pembentukan karakter di SMP Negeri 15 Kedung Cowek Surabaya. Jurnal Pendidikan Islam, 7(1), 1–19. https://doi.org/10.30651/td.v7i1.1636
Altavilla, C., Brugnolini, L., Gürkaynak, R. S., Motto, R., & Ragusa, G. (2020). Measuring euro area monetary policy. 108(2019), 162–179. https://doi.org/10.1016/j.jmoneco.2019.08.016
Ardianti, D., & Fitranandan, C. A. (2019). Program kemitraan masyarakat (pkm) untuk usaha sabun herbal di kota bandung. Jurnal Abdi MOESTOPO, 2(1), 23–29. https://doi.org/10.32509/am.v2i1.692
Aristo, T. J. V., & Meo, F. I. (2020). Analisis sistem zonasi dalam penerimaan peserta didik baru sebagai pemerataan pendidikan. JMSP (Jurnal Manajemen Dan Supervisi Pendidikan), 4(3), 249–254. https://doi.org/10.17977/um025v4i32020p249
Ball, S. J. (2020). Following policy: Networks, network ethnography and education policy mobilities. In Globalisation and Education, 126–143. https://doi.org/10.1080/02680939.2015.1122232
Desrinelti, D., Afifah, M., & Gistituati, N. (2021). Kebijakan publik: konsep pelaksanaan. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 6(1), 83–88. https://doi.org/10.29210/3003906000
Elwijaya, F., Mairina, V., & Gistituati, N. (2021). The basic concept of education policy. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 6(1), 67–71. https://doi.org/10.29210/3003817000
Fadil, K., Amran, & Alfaien, N. I. (2023). Peningkatan kualitas pendidikan dasar melalui implementasi kurikulum merdeka belajar dalam mewujudkan sustainable development goal’s. Journal of Elementary Education, 7(2). https://doi.org/10.32507/attadib.v7i2.1944
Faria-e-castro, M. (2020). Fiscal policy during a pandemic. Journal of Economic Dynamics & Control, 125, 104088. https://doi.org/10.1016/j.jedc.2021.104088
Greer, S. L., & Jarman, H. (2021). What is EU public health and why ? Explaining the scope and organization of public health in the European Union. Journal OfHealth Politics, Policy and Law, 46(1), 23–47. https://doi.org/10.1215/03616878-8706591
Hakim, L. (2016). Pemerataan askes pendidikan bagi rakyat sesuai dengan amanat undang-undang nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional. EduTech (Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial), 2(1), 53–64. https://doi.org/10.30596/edutech.v2i1.575
Hasbullah, & Anam, S. (2019). Evaluasi kebijakan sistem zonasi sekolah dalam penerimaan peserta didik baru di (PPDB) di tingkat sekolah menengah pertama negeri (SMPN) di Kabupaten Pamekasan. REFORMASI, 9(2), 112–122. https://doi.org/10.33366/rfr.v9i2.1413
Hendrawansyah, & Zamroni. (2020). Evaluasi kebijakan sistem zonasi dalam penerimaan siswa baru sekolah menengah atas. Jurnal Kependidikan: Penelitian Inovasi Pembelajaran, 4(1), 70–82. https://doi.org/10.21831/jk.v4i1.27007
Isrotun, U. (2022). Analisis kebutuhan awal pengembangan bahan ajar pembelajaran berdiferensiasi berbasis kearifan lokal kabupaten pekalongan mata pelajaran IPAS Kelas IV sekolah dasar. 2st Proceeding STEKOM 2022, 2(1). https://doi.org/10.51903/semnastekmu.v2i1.188
Juhji, J., Syarifudin, E., Supardi, S., Paiman, P., Indriana, D., Sutanto, S., Ruhiawati, I. Y., & Rahmawati, I. (2023). Exploring the relationship between teacher job satisfaction and professional development in urban schools during a pandemic. International Journal of Evaluation and Research in Education (IJERE), 12(4), 1755–1763. https://doi.org/10.11591/ijere.v12i4.24510
Junaedy, I. K. D., Mardika, I. M., & Yudhiantara, I. M. (2021). Evaluasi Kkebijakan sistem zonasi dalam penerimaan peserta didik baru (PPDB) di sekolah menengah pertama negeri (SMPN) 1 Abiansemal mengacu pada Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor. Public Inspiration : Jurnal Administrasi Publik, 6(2), 107–115. https://doi.org/10.22225/pi.6.2.2021.107 -115
Koeswara, H., Aromatica, D., Yulivestra, M., Kabullah, M. I., & Liesmana, R. (2021). Public Policy Failure: A Study of Home Industry Food Production Certification Policy. Jurnal Public Policy, 7(2), 161–167. https://doi.org/10.35308/jpp.v7i2.3909
Kompas. (2023a). Kisruh PPDB 2023 terjadi di sejumlah daerah, sanksi mengintai para pelanggar. https://www.kompas.tv/nasional/426522/kisruh-ppdb-2023-terjadi-di-sejumlah-daerah-sanksi-mengintai-para-pelanggar?page=all, retrieved 1 August 2023
Kompas. (2023b). Tolak gugatan soal sistem zonasi PPDB, MK: itu masalah penerapan aturan. https://nasional.kompas.com/read/2023/09/27/17260751/tolak-gugatan-soal-sistem-zonasi-ppdb-mk-itu-masalah-penerapan-aturan, retrieved 1 October 2023
Madiana, I., Alqadri, B., Sumardi, L., & Mustari, M. (2022). Penerapan kebijakan sistem zonasi serta dampaknya terhadap kesetaraan hak memperoleh pendidikan. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan Volume, 7(2c), 735–740. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i2c.633
Mediatati, N., & Jati, D. H. P. (2023). Peningkatan kemampuan guru menyusun karya ilmiah berbasis penelitian tindakan kelas. International Journal of Community Service Learning, 7(2), 155–159. https://doi.org/10.23887/ijcsl.v7i2.61289
Mustari, N. (2015). Pemahaman kebijakna publik: formulasi, implementasi, dan evaluasi kebijakan publik. Leutika Nouvalitera.
Nanggala, A. (2020). Analisis wacana pembaharuan kebijakan zonasi menteri pendidikan dan kebudayaan nadiem makarim sebagai solusi pemerataan pendidikan di indonesia. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha, 8(2), 46–56. https://doi.org/10.23887/jpku.v8i2.24758
Okedukasi. (2023). Kisruh PPDB online, 97 nama Siti Aisyah dengan alamat berbeda diterima di jalur zonasi. https://edukasi.okezone.com/read/2023/07/13/624/2845790/kisruh-ppdb-online-97-nama-siti-aisyah-dengan-alamat-berbeda-diterima-di-jalur-zonasi?page=1, retrieved 1 August 2023
Pangaribuan, E. N., & Hariyati, N. (2019). Implementasi kebijakan sistem zonasi penerimaan peserta didik baru jenjang SMP di Kabupaten Gresik. Inspirasi Manajemen Pendidikan, 7(1), 1–12.
Parameswara, M. C., Iskandar, M. F., & Amelia, R. F. (2022). Pengaruh kebijakan sistem zonasi bagi sekolah dalam Penerimaan Peserta Didik Baru. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), 9570–9578. https://doi.org/10.31004/jptam.v6i2.3936
Pawero, A. M. D. (2021). Arah baru perencanaan pendidikan dan implikasinya terhadap kebijakan pendidikan. Dirasah: Jurnal Studi Ilmu Dan Manajemen Pendidikan Islam, 4(1), 16–32.
Pradewi, G. I., & Rukiyati. (2019). Kebijakan sistem zonasi dalam perspektif pendidikan. JMSP (Jurnal Manajemen Dan Supervisi Pendidikan), 4(1), 28–34. https://doi.org/10.17977/um025v4i12019p028
Purike, E. (2021). Political communications of the ministry of education and culture about "Independent Learning, Independent Campus” policy: effective ? EduLine: Journal of Education and Learning Innovation, 1(1), 1–8. https://doi.org/10.35877/454RI.eduline361
Putri, I., Yulianto, Y., & Meutia, I. F. (2021). Role of Actors in the Implementation of School Zoning System Policy. Journal of Research, Policy & Practice of Teachers and Teacher Education, 11(2), 59–73. https://doi.org/10.37134/jrpptte.vol11.2.5.2021
Republika. (2023). Terjadi di semua daerah, Jokowi minta kisruh PPDB diselesaikan. https://news.republika.co.id/berita/ry32u2330/terjadi-di-semua-daerah-jokowi-minta-kisruh-ppdb-diselesaikan, retrieved 1 Augsut 2023
Rozak, A. (2021). Kebijakan pendidikan di Indonesia. Alim| Journal of Islamic Education, 3(2), 197–208. https://doi.org/10.51275/alim.v3i2.218
Sabrina, D. C., & Ishak. (2019). Evaluasi kebijakan sistem zonasi dalam seleksi penerimaan peserta didik baru (PPDB) tingkat sekolah menengah atas di kota pekanbaru. NAHKODA: JURNAL ILMU PEMERINTAHAN, 18(2), 92–103. https://doi.org/10.35967/jipn
Safitri, M. A., & Yusran, R. (2021). Evaluasi Kebijakan Penerimaan Peserta Didik Baru ( PPDB ) dengan Sistem Zonasi pada SMA Negeri di Kota Padang. Journal of Civic Education, 4(1), 92–100. https://doi.org/10.24036/jce.v4i1.436
Said, R., Ramli, A., & Wahyuti, S. (2023). Evaluasi manfaat dan dampak pelaksanaan kebijakan sistem zonasi penerimaan peserta didik di Kecamatan Masamba Kabupaten Luwu Utara. Journal on Education, 05(04), 12066–12084. https://doi.org/10.31004/joe.v5i4.2167
Sepadi, M., & Molapo, K. (2024). Exploring teacher understanding of curriculum and assessment policy statement document implementation in South African schools. Frontiers in Education, 9, 01–09. https://doi.org/10.3389/feduc.2024.1354959
Setiawan, F., Rifkisyahputra, Nihayah, N., & Hilay, A. (2021). Analisis sistem zonasi terhadap peserta didik. Jurnal Inovasi Penelitian, 2(2), 679–690. https://doi.org/10.47492/jip.v2i2.730
Setiawan, H. R., & Rahaju, T. (2021). Evaluasi sistem zonasi penerimaan peserta didik baru (PPDB) tingkat SMP di Kota Surabaya. PUBLIKA, 9(4), 491–502. https://doi.org/10.26740/publika.v9n4.p491%20-%20502
Sinta, T. Della, & Wahyuni, B. D. (2022). Kesenjangan sosial dalam mengakses pendidikan di Indonesia. Edukasia Multikultura, 4(1), 11–28.
Stavros, J., Cooperrider, D., & Kelley, D. L. (2003). Strategic inquiry! Appreciative intent : Inspiration to SOAR a new framework for strategic planning. Ai Practitioner, 1–21.
Sulistiani, I., Isna, A., & Noviko, S. (2020). Evaluasi implementasi sistem zonasi pendidikan. JURNAL ILMU ADMINISTRSI NEGARA (AsIAN), 08(01), 20–26. https://doi.org/10.47828/jianaasian.v8i01.28
Sulistyosari, Y., Wardana, A., & Dwiningrum, S. I. A. (2023). School zoning and equal education access in Indonesia. International Journal of Evaluation and Research in Education (IJERE), 12(2), 586–593. https://doi.org/10.11591/ijere.v12i2.22488
Sumar, W. T., & Sumar, S. T. (2019). Implementasi program pengembangan keprofesian berkelanjutan guru melalui peningkatan kompetensi pembelajaran berbasis zonasi. PEDAGOGIKA, 10(Nomor 2), 84–94. https://doi.org/10.37411/pedagogika.v10i2.60
Sunandar, D., & Kurniawan, A. F. (2022). Problematika implementasi penerimaan peserta didik baru (PPDB) sistem zonasi di sekolah menengah atas negeri rangkas bitung lebak banten. Jurnal Pendiidkan Indonesia: Teori, Penelitian Dan Inovasi, 2(5), 37–45. https://doi.org/10.59818/jpi.v2i5.240
Susanto, R., Judijanto, L., Irsyad, I., & Fitri, S. A. (2024). The Impact of Implementing School Zoning Policy on Inequality of Access to Education at the Junior High School Level. International Journal of Learning, Teaching and Educational Research, 23(8), 556–571. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2023.e15685
Syakarofath, N. A., Sulaiman, A., & Irsyad, M. F. (2020). Study of pros and cons of educational zoning system in Indonesia. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 5(2), 115–130. https://doi.org/10.24832/jpnk.v5i2.1736
Widayati, T., & Sudrajat, A. (2020). Conflict and Overlapping Authorities in the Newly Implemented School Zoning Policy in Indonesia the Case in the Urban–Rural Regency of Magelang. 2nd International Conference on Social Science and Character Educations (ICoSSCE 2019), 277–282. https://doi.org/10.2991/assehr.k.200130.056
Wijaya, C., Fuadi, A., & Hasibuan, S. (2020). Zoning system policy implementation on the acceptance of new students in the first middle schoil of Langkat Regency. JUPIIS: Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial Available, 12(1), 162–177. https://doi.org/10.24114/jupiis.v12i1.16463.g13238
Yetra, S., & Hakim, R. (2022). Evaluation of the zoning system policy in admission of new students at the high school level in tanah datar regency. International Journal of Educational Dynamics, 4(2), 24–27. https://doi.org/10.24036/ijeds.v4i2.342
Zed, M. (2014). Metode Penelitian Kepustakaan. Jakata: Yayasan Obor Indonesia.
DOI: https://doi.org/10.35308/jpp.v11i3.11589
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Milwan Milwan, Jayanti Armida Sari
p-ISSN: 2477-5738 I e-ISSN: 2502-0528 I DOI: 10.35308
Jl. Alue Peunyareng, Ujong Tanoh Darat, Meureubo, Kabupaten Aceh Barat, Aceh 23681, Indonesia
(0655) 7110535 l +621260313742 l +6285277110911
