KAJIAN STRATEGI PENERAPAN TEKNOLOGI PASCAPANEN PADA RANTAI PASOK KOPI DITINJAU DARI ASPEK NILAI TAMBAH DAN SUSUT PASCA PANEN

Baihaqi Baihaqi, Naya Desparita, Diah Fridayati, Ajmir Akmal, Syahirman Hakim

Abstract


Kopi merupakan salah satu komoditas ekspor non migas dan andalan produk perkebunan yang memberi kontribusi dalam perekonomian Indonesia, yaitu sebagai penghasil devisa, sumber pendapatan petani penghasil bahan baku industri, penciptaan lapangan kerja dan pengembangan wilayah. Dalam lima tahun terakhir, data sama menempatkan Indonesia sebagai produsen kopi terbesar ketiga di dunia, setelah Brazil dan Vietnam. Terjadinya permintaan pasar kopi dunia telah memberikan tekanan kepada para importir dan pedagang besar untuk segera memberikan tanggapan terhadap tuntutan citarasa dan tuntutan konsumen lainnya. Hal ini membuka peluang bagi para produsen di Negara-negara sedang berkembang seperti Indonesia, untuk mengisi ceruk pasar (niche market) kopi spesialti yang menawarkan harga lebih mahal dibanding dengan kopi komersial biasa. Untuk memberikan jaminan bahwa pembeli akan menerima produk yang memiliki mutu sesuai dengan yang dikehendaki serta petani menerima pembagian laba yang layak, maka  melalui pendekatan manajemen rantai pasok (supply chain management) dengan penerapan metode penanganan pascapanen yang baik dan benar tersebut akan mampu menghasilkan nilai tambah yang optimal. Berdasarkan hasil analisis diperoleh kesimpulan bahwa fermentasi pada tahap pengolahan kopi dapat memberikan mengurangi rasa pahit dan mendorong terbentuknya kesan “mild” pada citarasa seduhan kopi dan juga merupakan tahapan penting untuk meningkatkan persaingan global dengan menghasilkan produk biji yang berkualitas tinggi. Penyimpanan sebaiknya dilakukan pada kondisi ruang penyimpanan yang sejuk (suhu 27°C). Penyimpanan biji kopi  dalam karung dapat dilakukan dengan menumpuk/menyusun karung di atas rak-rak kayu yang diberi jarak dengan dinding. Kadar air biji penyimpanan adalah <13%


Keywords


Nilai Tambah; Rantai Pasok; Teknologi Pascapanen

Full Text:

PDF PDF

References


Agustini, S., & Yusya, M.K. (2020). The effect of packaging materials on the physicochemical stability of ground roasted coffee. Current Research on Biosciences and Biotechnology, 1(2), 66–70

Arachmah Zakia Siregar, Devy Susanty, RTM Suthamihardja. Fermentasi Biji Kopi Arabika (Coffea arabica l.) dengan Penambahan Bakteri Asam Laktat (Lactobacillus sp). Sains Natural-Jurnal Ilmiah Ilmu-ilmu Biologi dan Kimia. Vol 10 (2).

Badan Standardisasi Nasional. (2008). SNI 01-2907-2008, Biji Kopi. Badan Standardisasi Nasional (BSN), 1–12.

Baihaqi, I Wayan Budiastra, Sedarnawati Yasni, Emmy Darmawati. 2018. Peningkatan Efektivitas Ekstraksi Oleoresin Pala Menggunakan Metode Ultrasonik. Jural Keteknikan Pertanian. Vol. 6 (3) 249-254.

Dirjen Industri Agro Kementerian Perindustrian. 2011. Kebijakan dan Pengembangan Industri Agro. Kementrian Perindustrian. Indonesia

Hayami, Y. 1987. Agricultural Marketing and Processing in Upland Java, A Prespective From Sinda Village. Coarse Grains Pulses Roots and Tuber Center (CGPRTC). Bogor. 75 hal.

Kaminsky, P Simchi-Levi, D., Simchi-Levi, E. (2003). Designing & Managing the Supply Chain Management. New York: Mc.Graw Hill.

Mawardi S, Yusianto, Hulupi, Khalid, A. Marsh. 2009. Evaluasi Mutu beberapa varietas kopi Arabika. APED- Banda Aceh.

Mawardi S, R Hulupi, A Wibawa, S Wiryadi Putra dan Yusianto. 2008. Panduan Budidaya dan Pengolahan Kopi Arabika Gayo. Puslit Kakao dan Kopi Indonesia dan Bappeda Aceh. Banda Aceh.

Mayrowani, H. 2013. Kebijakan penyediaan teknologi pascapanen kopi dan masalah pengembangannya. Forum Penelitian Agro Ekonomi 31(1):31-49.

Muchtadi, T. R. dan Sugiyono. 1992. Ilmu Pengetahuan Bahan Pangan. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi. Pusat Antar Universitas. Institut Pertanian Bogor. Bogor.

Pusat Penelitian Kopi dan Kakao Indonesia. 2006. Pengolah Produk Primer dan Sekunder Kopi. Jember.

Rahardjo P. 2012. Panduan Budi Daya dan Pengolahan Kopi Arabika dan Robusta.Trias QD, editor. Jakarta (ID): Penerbit Swadaya.

Reta, Dahlia, Ophirtus Sumule dan Halimah Larekeng. 2021. Penerapan Teknik Panen dan Pascapanen Kopi Arabika Kalosi Produk Unggulan Kabupatan Enrekang. Jurnal Dinamika Pengabdian. Volume 6 (2).

Sudiyono, A. 2002. Pemasaran Pertanian. Yogyakarta: UMM Press.

Tia Thalia, Ersan, Febrina Delvitasari, Maryanti. 2020. Pengaruh fermentasi S. Cerevisiae terhadap mutu kopi robusta. Jurnal Ilmu-ilmu Pertanian (Journal of Agriculture Science). Vol 18 (1).

Yani, Alwi. 2004. Serangan Cendawan Pascapanen dan Kontaminasi Okratoksin pada Biji Kopi di Tingkat Petani dan Pedagang Pengumpul di Propinsi Bengkulu. Sekolah Pascasarjana IPB., Bogor. Tesis




DOI: https://doi.org/10.35308/jtpp.v4i1.5683

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022

--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

JURNAL TEKNOLOGI PENGOLAHAN PERTANIAN
e-ISSN: 2723-5157 --- DOI: 10.35308

UNIVERSITAS TEUKU UMAR

Jl. Alue Peunyareng, Ujong Tanoh Darat, Meureubo, Kabupaten Aceh Barat, Aceh 23681, Indonesia.

+62 655-7110535 ; +6285260005998

License Creative Commons This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

-------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------