Kepuasan Masyarakat Terhadap Layanan Minimarket di Simeulue

Triyanto Triyanto, Alimas Jonsa, Nodi Marefanda, Ligar Abdillah

Abstract


Merebaknya minimarket bertaraf nasional bagi sebagian orang dianggap mengancam keberlangsungan para pedagang kecil di daerah. Tampilan yang elegan seolah memberikan prestise yang tinggi bagi para pelanggannya. Namun bukan berarti tidak ada cacatnya, banyak minimarket bertaraf nasional dengan konsep swalayan tersebut diduga banyak melakukan penipuan. Khususnya penipuan mengenai harga, harga yang dipajang di rak barang sering lebih rendah daripada harga barang yang ada di kasir. Masyarakat sering tertipu dengan harga-harga tersebut, namun setiap komplain dijawab dengan harga yang benar yang ada di kasir. Kemudian sebagian orang mengabaikan dan sebagian lagi mengembalikan ke dalam rak. Hal ini sangat berbeda dengan toko-toko kecil yang dikelola tidak menggunakan konsep swalayan. Bahkan harga sering dinego oleh pembeli, untuk mendapatkan harga yang lebih murah lagi meskipun selisihnya hanya sedikit. Bagaimana sesungguhnya kepuasan masyarakat dalam berbelanja di minimarket/swalayan? Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada setidaknya 5 (lima) indikator layanan minimarket/swalayan masih belum memuaskan dan harus diperbaiki dengan prioritas yang tinggi. Kemudian terdapat 7 (tujuh) indikator yang harus diperbaiki dengan prioritas rendah, 1 (satu) indikator layanan merupakan berlebihan, dan 8 (delapan) indikator layanan perlu dipertahankan. Mengenai perbedaan harga antara di rak dengan di kasir, merupakan layanan yang harus diperbaiki dengan prioritas yang tinggi. Harapan masyarakat agar pelayan memberikan harga di rak daripada di kasir, ternyata mengecewakan. Petugas selalu berpatokan dan memberikan harga di kasir daripada di rak. Namun yang mengagetkan, banyak masyarakat yang belum menyadari akan hal ini, masyarakat berpikir antara harga di rak dan di kasir sama.  


Keywords


Sosiologi, Kepuasan, layanan

Full Text:

PDF

References


Admin. (2023). KONSEP MINIMARKET RUMAHAN : KELEBIHAN DAN KELEMAHAN. rajarak.co.id. https://www.rajarak.co.id/2023/05/konsep-minimarket-rumahan-kelebihan-dan-kelemahan.html

Afifah, Z. N., Rohimah, N. S., Putra, R. U., & Septiadi, M. A. (2024). Analisis Kepuasan Masyarakat Terhadap Kehadiran Mal Pelayanan Publik (MPP) di Kota Bandung. Jejaring Administrasi Publik, 16(1), 61–75. https://doi.org/10.20473/jap.v16i1.59244

Ariyana, I. P. G. A., & Susila, G. P. A. J. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Citra Perusahaan dalam Menentukan Kepuasan Pelanggan Toko Swalayan Alfamart. Prospek: Jurnal Manajemen dan Bisnis, 4(3), 366–374. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/Prospek/article/view/37029

BPS Simeulue. (2020). Luas Daerah dan Jumlah Pulau Menurut Kecamatan di Kabupaten Simeulue 2020. https://simeuluekab.bps.go.id/indicator/153/164/1/luas-daerah-dan-jumlah-pulau-menurut-kecamatan-di-kabupaten-simeulue.html

Černikovaitė, M., Karazijienė, Ž., Bivainienė, L., & Dambrava, V. (2021). Assessing Customer Preferences for Shopping Centers: Effects of Functional and Communication Factors. Sustainability, 13(6), 3254. https://doi.org/10.3390/su13063254

Dukcapil Simeulue. (2023). Jumlah Penduduk Kabupaten Simeulue menurut Jenis Kelamin Perkecamatan Tahun 2022. https://dukcapil.simeuluekab.go.id. https://dukcapil.simeuluekab.go.id/media/2023.08/jumlah_penduduk_20221.pdf

Handayani, L. P., & Yulianthini, N. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Nilai Pelanggan Terhadap Kepuasan Pelanggan Di Minimarket Cahaya Baru Singaraja. Bisma: Jurnal Manajemen, 8(1), 177–185. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/BISMA-JM/article/view/35371

Jannah, Y. R., Edwina, S., & Rifai, A. (2023). ANALISIS KEPUASAN KONSUMEN BERBELANJA BUAH DI PASAR MODERN SAAT PANDEMI COVID-19 DI KOTA PEKANBARU (STUDI KASUS JUMBO MART DELIMA). SEPA: Jurnal Sosial Ekonomi Pertanian dan Agribisnis, 20(1), 96. https://doi.org/10.20961/sepa.v20i1.58485

Koentjaraningrat. (2009). Pengantar Ilmu Antropologi. Rineka Cipta.

Menteri Perdagangan Republik Indonesia. (2022). Peraturan Menteri Perdagangan Republik Indonesia Nomor 18 Tahun 2022 tentang Perubahan atas Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 23 Tahun 2021 tentang Pedoman Pengembangan, Penataan, dan Pembinaan Pusat Perbelanjaan dan Toko Swalayan. In Menteri Perdagangan Republik Indonesia.

Pangiuk, A. (2019). Strategi Adaptasi Pasar Tradisional Dalam Menghadapi Ancaman Ekonomi Masyarakat Ekonomi Asean di Indonesia. Kontekstualita, 33(01), 90–125. https://doi.org/10.30631/kontekstualita.v33i1.125

Ramandhani, K., & Abadi, M. T. (2023). Membangun Loyalitas Pelanggan Melalui Promosi yang Efektif Studi Kasus Usaha Kebab di Wonokerto. Jurnal Mahasiswa Kreatif, 1(4), 39–50. https://doi.org/10.59581/jmk-widyakarya.v1i3.646

Rifa’i, M., Prasetyo, D., Tijani, A., Amaliya Putri, D., & Saad, M. (2022). STRATEGI PENDIRIAN MINI MARKET DENGAN MODAL TERBATAS. Journal of Islamic Business Management Studies (JIBMS), 3(1), 1–12. https://doi.org/10.51875/jibms.v3i1.189

Rustam, C. D. S., & Octavia, D. (2015). CONSUMER PREFERENCE ANALYSIS ON CHOOSING MINIMARKET WITH CONVENIENCE STORE CONCEPT IN BANDUNG (Study in Circle K, Indomaret and Alfamart in 2014). Conference In Business, Accounting, And Management (CBAM), 200–207. http://jurnal.unissula.ac.id/index.php/cbam/index

Sukirno, F. S., & Harianto, S. (2017). PERGESERAN GAYA HIDUP MASYARAKAT SUB URBAN AREA DI KOTA MOJOKERTO. Paradigma, 5(1), 1–10. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/paradigma/article/view/18102

Timbulengi, F. J., Walewangko, E. N., & Tolosang, K. D. (2023). ANALISIS DAMPAK MINIMARKET (INDOMARET) TERHADAP WARUNG TRADISIONAL DI KECAMATAN JAILOLO KABUPATEN HALMAHERA BARAT. Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi, 23(5), 61–72. https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/jbie/article/view/48178

Wahyudin, W., Suryanty, M., & Badrudin, R. (2019). ANALISIS KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP LAYANAN PASAR MODERN DI KOTA BENGKULU. Jurnal AGRISEP : Kajian Masalah Sosial Ekonomi Pertanian dan Agribisnis, 18(1), 153–164. https://doi.org/10.31186/jagrisep.18.1.153-164




DOI: https://doi.org/10.35308/jspps.v4i1.10214

Refbacks

  • There are currently no refbacks.













Jurnal Society : Pengamat Perubahan Sosial 

Prodi Sosiologi
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Teuku Umar
Jl. Alue Peunyaring, Meulaboh - Aceh Barat, Aceh 23681, Indonesia 
email: society@utu.ac.id |sosiologi@utu.ac.idhttp://sosiologi.utu.ac.id