DISTRIBUSI DANA BANSOS (BLT) MASYARAKAT RANTO PANYANG BARAT KECAMATAN MEUREBO KABUPATEN ACEH BARAT

Arbai'yah Arbai'yah, Yuliana Yuliana, Siti Hawa, Rahmatul Marvirah, Ilhamdi Almi

Abstract


Penyaluran dana bansos dilakukan melalui proses panjang penentuan penerima, langkah demi langkah dilakukan oleh aparat gampong untuk menyeleksi masyarakat yang akan diusulkan sebagai penerima bantuan langsung tunai (BLT), dana tersebut diperoleh dari dana gampong. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana sistem penyaluran dana BLT kepada masyarakat. Penelitian dilakukan dengan metode kualitatif, teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi.  Hasil kajian menemukan bahwa aparat gampong memilih masyarakat yang memenuhi kriteria dan syarat yang ditentukan untuk menjadi penerima bantuan BLT. Penentuan penerima manfaat dilakukan melalui berbagai tahapan yaitu dengan data yang diterima dari kadus perlorong dan disampaikan kepada aparat gampong, kemudian data tersebut akan ditambahkan hingga keluar nama penerima bantuan BLT, dan akan diganti penerimanya jika sudah menerima bantuan sosial lainnya. Hasil penelitian juga ditemukan bahwa di Gampong Ranto Panyang Barat terjadi naik turun persentase penerima bansos BLT.

 


Keywords


Distribusi, dana bantuan, BLT, Meurebo, Aceh Barat

Full Text:

PDF

References


Febriaty, H. & Mistia, M., 2021. Evaluasi Penerimaan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Pada Masyarakat Miskin Di Masa Pandemi Covid 19 (Studi Kasus Masyarakat Kecamatan Medan Marelan). Medan, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.

Firdaus, T., Rafiuddin, R. & Mukrabin, M., 2021. Dampak Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa Terhadap Kesejahteraan Masyarakat Desa Oi Tui Pada Masa Pandemi Covid-19 di Tinjau Dari Perspektif. J-ESA (Jurnal Ekonomi SYariah), 4(2), pp. 161-170.

Gemiharjo, I. & Rosfiantika, E., 2017. Tata Kelola Pemerintahan Dalam Penanggulan Kemiskinan Melalui Dana Hibah Dan Bantuan Sosial Di Indonesia. Jurnal Ilmu Politik dan Komunikasi, 7(1), p. 103.

Hariandja, T. R. & Budiman, N. T., 2020. Transparansi Dalam Pelaksanaan Bantuan Langsung Tunai (Blt) Dana Desa. Indonesian Journal of Law and Islamic Law, 2(2), pp. 264-287.

Joharudin, A., Septiadi, M. A., Maharani, S., Aisi, T. D., & Nurwahyuningsih, N. (2020). Panic Syndrom Covid-19 : Penekanan Terhadap Kebijakan Yang Diberikan. Jurnal Perspektif, 4(1), 44–53

Nirwana, K. P., Sakir, S. & Sutan, A. J., 2022. Analisis Kebijakan Blt Dan Dana Desa Dalam Upaya Penanganan Covid-19 Pada Sektor Desa. JURNAL ILMIAH ILMU PEMERINTAHAN, 7(2), pp. 1-14.

Puji Astuti, N. R. D., Nugroho, E. & Aribowo, E., 2008. Sistem Penentuan Penerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dengan Metode Analitycal Hirarchy Process. Jurnal Informatika Ahmad Dahlan, 2(2).

Riztiana, L., 2020. RASIONALITAS GRADUASI MANDIRI SEBAGAI PENERIMA PKH DI DESA BABADAN KABUPATEN NGANJUK. unesa, pp. 1-19.

Santoso ,S., Informatika,M., & Kisaran, A.R.(2019) Siasial Untuk Keluarga Miakin Dengan Metode Simple Addtive weighting(Saw) 4307(Februairy), 21-28

Saroh, A. Z. & Panjaitan, R. P., 2021. Desa Terdampak Covid-19 Menilik Implementasi Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD). Jurnal Administrasi Negara, 27(2), p. 110.

Sasuwuk, C. H., Lengkong, F. D. & Palar, N. A., 2021. IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PENYALURAN BANTUAN LANGSUNG TUNAI DANA DESA (BLT-DD) PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI DESA SEA KABUPATEN MINAHASA. Jurnal Administrasi Publik, VII(108), pp. 78-89.

Sugiyono, 2013. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D.. Bandung: Alfabeta.

Utami, F. A., 2020. Apa Itu BLT?. [Online]

Available at: https://wartaekonomi.co.id/read315489/apa-itu-blt

[Accessed 1 Desember 2022].

Wahidah, A. Z. et al., 2022. PROSEDUR PENYALURAN BANTUAN SOSIAL DI ERA PANDEMI COVID-19 PADA DINAS SOSIAL KABUPATEN BLITAR. Journal of Management Studies,, pp. 51-63.




DOI: https://doi.org/10.35308/jspps.v2i1.6844

Refbacks

  • There are currently no refbacks.













Jurnal Society : Pengamat Perubahan Sosial 

Prodi Sosiologi
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Teuku Umar
Jl. Alue Peunyaring, Meulaboh - Aceh Barat, Aceh 23681, Indonesia 
email: society@utu.ac.id |sosiologi@utu.ac.idhttp://sosiologi.utu.ac.id