PERILAKU MENYIMPANG MAHASISWA DALAM MENYELESAIKAN TUGAS KELOMPOK (Studi Kasus Mahasiswa Sosiologi Angkatan 2021)

Wasiul Wasiul, natasya tanjung, afita julia, sumi sulisma, fia rianti, ridwan adami

Abstract


Mahasiswa sangat erat kaitannya dengan tugas perkuliahan. Dimana tugas merupakan suatu bentuk tanggungjawab yang harus di selesaikan atau dikerjakan oleh seorang mahasiswa selama masa perkuliahannya. Tugas itu sendiri terdapat dua jenis sistem pengerjaanya, ada yang secara individu serta secara berkelompok. Yang mana tugas kelompok merupakan kegiatan beberapa orang mahasiswa yang biasanya berjumlah kecil, dimana nantinya bertujuan untuk mendapatkan hasil akhir yang sesuai dengan tugas tersebut. Namun tugas dalam bentuk kelompok hanya di kerjakaan sebaian anggota saja selebihnya tidak ikut berpartisipasi dalam penyelesaian nya. Penelitian ini memiliki tujuan yaitu melihat apa penyebab minimnya tanggung jawab mahasiswa dalam menyelesaikan tugas kelompok dan dampaknya. Metode penelitian yang di gunakan merupakan metode dekskriptif kualitatif. Penentuan informan menggunakan tehnik purposive sampling dengan jumlah10 informan. Teori yang di gunakan adalah teori tindakan sosial. Hasil penelitian menunjukan adanya beberapa hal yang menyebabkan mahasiswa minim tanggujawab dalam menyelesaikan tugas kelompok adalah rasa malas, bergantung pada orang lain, pesimis, sibuk dengan kegiatan yang lain atau tidak punya waktu. Sedangkan untuk dampaknya sendiri, mahasiswa tidak mendapatkan ilmu, tugas tidak selesai dengan maksimal, timbulnya konflik antar anggota kelompok.

 


Keywords


Prilaku Menyimpang, Mahasiswa

Full Text:

PDF

References


Weber, Max. "The Theory of Social and Economic Organization." Free Press, 1947.

Naila, I. (2021). Perilaku Social Loafing dalam Pembelajaran Daring: Studi Kasus pada Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 2(1), 136-141.

Sutanto, S., & Simanjuntak, E. (2015). Intensi social loafing pada tugas kelompok ditinjau dari adversity quotient pada mahasiswa. EXPERIENTIA: Jurnal Psikologi Indonesia, 3(1), 33-46.

Weber, M. (1922). Wirtschaft and Gesellschaft: Grundriss der verstehenden Soziologie.

Gerth, H. H., & Mills, C. W. (2010). From Max Weber: Essays in Sociology.

Kalberg, S. (1980). Max Weber’s Methodology: The Unification of Cultural, Economic, and Social Analysis.

Weber, Max. 1922. "The Theory of Social and Economic Organization." Diterjemahkan oleh A.M. Henderson dan Talcott Parsons. The Free Press.

Johnson, D. W., & Johnson, R. T. (1994).. In J. Thousand, R. Villa, & An Overview of Cooperative Learning A. Nevin (Eds.), Creativity and Collaborative Learning: A Practical Guide to Empowering Students and Teachers. Paul H. Brooks Publishing Co.

Johnson, David W., et al. "Cooperation and competition: Theory and research." American Psychological Association, 1981.

Panduan akademik universitas teuku umar 2022-2023, hal: 64

Moleong, (2017). Buku Metodologi Penelitian Kualitatif. Diterbitkan oleh PT Remaja Rosdakarya, Bandung.

Narwoko, S. D. (2018). Buku Sosiologi Komunitas Menyimpang. Diterbitkan oleh Pustaka Pelajar




DOI: https://doi.org/10.35308/jspps.v3i2.9878

Refbacks

  • There are currently no refbacks.













Jurnal Society : Pengamat Perubahan Sosial 

Prodi Sosiologi
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Teuku Umar
Jl. Alue Peunyaring, Meulaboh - Aceh Barat, Aceh 23681, Indonesia 
email: society@utu.ac.id |sosiologi@utu.ac.idhttp://sosiologi.utu.ac.id