PENGARUH PENGUMUMAN INDONESIA SUSTAINABILITY REPORTING AWARD (ISRA) TERHADAP ABNORMAL RETURN DAN VOLUME PERDAGANGAN SAHAM SERTA DAMPAKNYA TERHADAP PERUSAHAAN PERAIH DAN NON PERAIH PENGHARGAAN

RINA MAULINA

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk menguji pengaruh pengumuman Indonesia Sustainability Reporting Award (ISRA) terhadap abnormal return dan volume perdagangan saham perusahaan pemenang penghargaan dan non-pemenang ISRA dan menguji perbedaan abnormal return dan volume perdagangan saham sebelum dan sesudah pengumuman Indonesia Sustainability Reporting Award (ISRA) di perusahaan pemenang penghargaan dan non-pemenang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pengumuman ISRA tidak memiliki pengaruh terhadap abnormal return perusahaan pemenang penghargaan dan non-pemenang; (2) Pengumuman ISRA tidak mempengaruhi volume perdagangan saham perusahaan pemenang penghargaan dan non-pemenang; (3) tidak ada perbedaan abnormal return sebelumdansesudahpengumuman Indonesia sustainability reporting award (ISRA) di perusahaan pemenang penghargaan; (4) ada perbedaan dalam pengembalian abnormal sebelum dan sesudah pengumuman penghargaan pelaporan keberlanjutan Indonesia (ISRA) di perusahaan yang tidak memenangkan penghargaan; (5) tidak ada perbedaan volume perdagangan saham sebelum dan sesudah pengumuman penghargaan pelaporan keberlanjutan Indonesia (ISRA) di perusahaan pemenang penghargaan; dan (6) ada perbedaan volume perdagangan saham sebelum dan sesudah pengumuman penghargaan pelaporan keberlanjutan Indonesia (ISRA) di perusahaan yang tidak memenangkan penghargaan.

Kata Kunci: Pengumuman penghargaan ISRA, abnormal return, volume perdagangan saham

 


Full Text:

PDF

References


Akis, Aldair & Siti. (2012). Pengaruh Pengumuman Indonesia Sustainability Reporting Award (Isra) Terhadap Abnormal Return Dan Volume Perdagangan Saham (Studi Kasus Pada Perusahaan Peraih Penghargaan Isra 2009-2010).

Journal Of Accounting, 1(2), 1-9.

Anggraini, Fr.R. Retno. (2006). Pengungkapan Informasi Sosial dan Faktor- Faktor yang Mempengaruhi Pengungkapan Informasi Sosial dalam Laporan Keuangan Tahunan (Studi Empiris pada Perusahaan-Perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia). Simposium Nasional Akuntansi IX. Padang. Agustus: 54-58.

Armin, Muhammad Isra. (2011). Pengaruh Penghargaan Indonesia Sustainability Reporting Award (ISRA) Terhadap Abnormal Return dan Volume Perdagangan Saham (Studi Empiris Pada Perusahaan Peraih Penghargaan Isra 2009-2010). Skripsi Tidak Dipublikasikan. Universitas Hasanudin. Makassar.

Budiman, Ferry & Supatmi. (2009). Pengaruh Pengumuman Indonesia Sustainability Reporting Award (ISRA) terhadap abnormal return dan volume perdagangan saham (Studi Kasus pada Perusahaan Pemenang ISRA Periode 2005-2008).

Simposium Nasional Akuntansi XI. Palembang.

Burhan, Annisa Hayatun N dan Wiwin Rahmanti. (2012). The Impact of Sustainability Reporting on Company Performance. Journal of Economic, Business, and Accountancy Ventura, 15(2), 257-272.

Cheng, M., & YJ. Christiawan. (2011). Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility terhadap Abnormal Return. Jurnal Akuntansi dan Keuangan, Vol. 13, No. 01, hal 24-26, Mei 2011.

Dewi, Komang Eva Cyntia dan Putu Sudana. (2015). Sustainability Reporting dan Profitabilitas (Studi pada Pemenang Indonesian Sustainability Reporting Awards). E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, 623-640.

Djam’an, Nurhidayah. (2011). Pengaruh Informasi Laporan Arus Kas, Laba dan Size Perusahaan Terhadap Abnormal Return Saham pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Riset Akuntansi Indonesia.

Gujarati, Damodar. (2003). Ekonometri Dasar. (Sumarno Zain, Penerjemah).

Jakarta: Erlangga.

Hartono, Jogiyanto. (2003). Teori Portofolio dan Analisis Investasi. Edisi 3.

Yogyakarta : BPFE.

----------. (2010). Teori Portofolio dan Analisis Investasi. Edisi Keenam.

Yogyakarta : BPFE.

Hendrawijaya, Michael. (2009). Analisis Perbandingan Harga Saham, Volume Perdagangan Saham dan Abnormal Return Saham Sebelum dan Sesudah Pemecahan Saham. Tesis Pascasarjana Magister Manajemen. UNDIP Semarang.

Linuwih, Randika Bagus dan Yeterina Widi N. (2014). Perbedaan Reaksi Pasar pada Perusahaan Pemenang Indonesia Sustainability Reporting Award (ISRA). Telaah Bisnis, 15(1), 1-22.

Prayoso, Indra Sari dan Hari Hananto. (2013). Pengaruh Sustainability Reporting terhadap Abnormal Return Saham pada Badan Usaha Sektor Pertambangan yang Terdaftar di BEI Periode 2010-2012. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya, 2(2), 1-12.

Reddy, Krishna dan Lucus W. Gordon. 2010. The Effect of Sustainability Reporting on Financial Performance: An Empirical Study Using Listed Companies. Journal Of Asia Entrepreneurship And Sustainability, 6(2), 19-42.

Satyo. (2005). Disukai Konsumen, Diminati Investor. Media Akuntansi, Edisi 47/TahunXII/Juli 2005.

Sekaran, Uma. (2006). Research Methods for Business: Metodologi Penelitian untuk Bisnis. Buku 1. Edisi 4. Terjemahan Kwan Men Yon. Jakarta: Salemba Empat.

Sekaran, Uma dan Roger Bougie. (2010). Metode Penelitian untuk Bisnis (Research Methods For Business). Chiches: John Wiley & Sons.

Suci, Suramaya. (2010). Pengaruh Adanya Pengumuman Pemenang Indonesia Sustainability Reporting Award (ISRA) terhadap Kepercayaan Investor. Widya Warta No.01 Tahun XXXIV.

Tandelilin, E. (2010). Portofolio dan Investasi Teori dan Aplikasi, Edisi Pertama, Kanisius IKAPI Yogyakarta.

Wiyani, Wahyu dan Andi Wijayanto, 2005, Pengaruh Nilai Tukar Rupiah, Tingkat Suku Bunga Deposito dan Volume Perdagangan Saham Terhadap Harga Saham, Jurnal Keuangan dan Perbankan, 9(3), 884 – 903.




DOI: https://doi.org/10.35308/akbis.v2i2.933

Refbacks

  • There are currently no refbacks.