Strategi Pengembangan Sentra OVOP IKM Keumamah Lampulo Menggunakan SWOT dan QSPM

Muhammad Akbar Fauzi, Friesca Erwan, Hasan Yudie Sastra, Uswatun Hasanah Nura

Abstract


One Village One Product (OVOP) merupakan salah satu strategi pengembangan potensi produk unggulan Industri Kecil dan Menengah (IKM). Di Provinsi Aceh, OVOP Banda Aceh merupakan pilot project yang dilaksanakan untuk membentuk sentra-sentra unggulan IKM, salah satunya adalah Sentra OVOP IKM Keumamah yang berlokasi di Kelurahan Lampulo, Kecamatan Kuta Alam, Banda Aceh. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi alternatif strategi pengembangan industri yang diterapkan di Sentra IKM Keumamah Lampulo menggunakan SWOT dan menentukan strategi prioritas pengembangan industri menggunakan matriks QSPM. Dari hasil penyusunan matriks SWOT diperoleh tujuh alternatif strategi pengembangan industri diantaranya adalah mempertahankan kualitas dan mempromosikan produk, meningkatkan SDM, membentuk tim pemasaran, pembentukan paguyuban (organisasi sosial), menetapkan harga produk yang bersaing, negosiasi harga bahan baku dengan pemasok secara win-win solution, menggunakan alat produksi yang inovatif dan tepat guna, menciptakan inovasi produk. Sedangkan hasil penyusunan matriks QSPM diperoleh bahwa strategi pengembangan industri yang diprioritaskan adalah membentuk paguyuban (asosiasi) dengan nilai TAS 6,340.

Keywords


Industri Kecil Menengah; One Village One Product (OVOP); Sentra OVOP; SWOT; QSPM

Full Text:

PDF

References


H. A. Sutanto, D. Sudantoko, & M. Slamet, “Strategi Peningkatan Keberdayaan Industri Kecil Konveksi Dengan Analysis Hierarchy Process ( AHP ),” J. Econ. Policy, vol. 5, no. 1, pp. 15–25, 2012.

M. Triharini, D. Larasati, & R. Susanto, “Pendekatan One Village One Product (OVOP) untuk Mengembangkan Potensi Kerajinan Daerah Studi Kasus: Kerajinan Gerabah di Kecamatan Plered, Kabupaten Purwakarta,” ITB J. Vis. Art Des., vol. 6, no. 1, pp. 29–42, 2014.

Y. Claymone & W. Jaiborisudhi, “A Study on One Village One Product Project ( OVOP ) in Japan and Thailand as an Alternative of Community Development in Indonesia,” vol. 16, No. 1, pp. 51–60, 2011.

T. Ueda, “OVOP as Small Enterprise Development and Supporting Roles of Government: Lessons from Oita and JICA’s OVOP Support Activities,” In Murayama, H (Ed), Significance of the Regional One-Product Policy: How to use the OVOP/OTOP Movements, pp.179-190, 2012. [Online]. Available: www.iovoppa.org/files2/

Kementerian Perindustrian Republik Indonesia, “Penilaian, Klasifikasi dan Pembinaan Produk OVOP.” 2012.

H. Wardoyo, “Promoting Local Products through One Village One Product and Customer Satisfaction.” World Academy of Science, Engineering and Technology International Journal of Economics and Management Engineering, vol. 3, no. 3, pp. 989-992, 2016.

OVOP Banda Aceh, “Profil Sentra Unggulan,” 2017. [Online]. Available: https://ovopbandaaceh.com/.

F. R. David, “Manajemen Strategis,” 12th ed. Salemba Empat, 2009.

Sofiyanurriyanti, T. M. A. Pandria, “Perumusan Strategi Bisnis Berdasarkan Analisis Kepuasan Konsumen Terhadap Usaha Waralaba,” Jurnal Optimalisasi, Vol. 5. No. 2. Oktober 2019.

P. E. Siahaan, “Analisis Strategi Pengembangan Usaha Restoran Rice Bowl (Studi Kasus pada Restoran Rice Bowl Botani Square, Bogor)”, Skripsi, Fakultas Pertanian IPB, Bogor, 2008.

M. A. Prasnowo, A. Khomaruddin, & K. Hidayat, “Strategi Pengembangan Sentra Industri Kecil Menengah Produksi Krupuk,” Tek. Eng. Sains J., vol. 1, no. 1, pp. 17–24, 2017.

M. I. Walukow & S. A. Pangemanan, “Developing Competitive Strategic Model Using Quantitavie Strategic Planning Matrix (QSPM) Approach for Handicrafts Ceramic Industry in Pu,” Procedia - Soc. Behav. Sci., vol. 211, pp. 688–695, 2015.

U. Effendi, R. Astuti, & D. C. Melati, “Development Strategies of Chocolate Business Using Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM) and Multi Attribute Utility Theory (MAUT) at ‘Kampung Coklat’, Blitar,” Ind. J. Teknol. dan Manaj. Agroindustri, vol. 6, no. 1, pp. 31–40, 2017.

M. Zulhiana, H. Suliantoro, & R. Purwaningsih, “Pemilihan Strategi Bisnis Dengan Menggunakan Metode Quantitative Strategy Planning Matrix Pada UKM Batik Banyumas,” 2015.

W. Tambunan, Y. Sukmono, & L. O. Aggreani, “Analisis Strategi Pemasaran untuk Meningkatkan Volume Penjualan dan Daya Saing,” Jurnal Optimalisasi, vol 7. No. 1. April 2021.




DOI: https://doi.org/10.35308/jopt.v8i1.5283

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Optimalisasi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

JOPT: Jurnal Optimalisasi Indexing and Abstracting by: