Penentuan Posisi dan Strategi Usaha Produksi Paving Block di Kabupaten Aceh Besar

Heri Tri Irawan, Muzakir Muzakir, Iing Pamungkas, Khairul Hadi, T.M. Azis Pandria, Adib Adib

Abstract


CV. Bate Mandiri merupakan industri yang bergerak dalam proses pembuatan paving block yang berada di Kabupaten Aceh Besar. Usaha produksi sejenis di kawasan tersebut menjadi ancaman dalam mempertahankan eksistensinya dan diperlukan langkah strategis dalam mempertahankan dan mengembangkan usaha agar bertahan dalam jangka panjang. Tujuan penelitian ini adalah untuk menentukan posisi dan strategi usaha produksi paving block pada CV. Bate Mandiri menggunakan SWOT (Strenghts, Weaknesses, Opportunities, Threats) dengan analisis SAP (Straegy Advantage Profile) dan ETOP (Environmental Threat Opportunity). Analisis SAP digunakan untuk mendapatkan gambaran posisi strategis perusahaan, dilihat dari sudut pandang persaingan dengan faktor-faktor internal yang meliputi kekuatan dan kelemahan. Sedangkan analisis ETOP mengidentifikasi faktor-faktor peluang dan ancaman perusahaan didasarkan pada hasil analisis lingkungan eksternal yang dilakukan terhadap perusahaan. Hasil penelitian yang diperoleh posisi pemasaran pada CV. Bate Mandiri berdasarkan analisis SAP berada pada posisi aman (Favourable), posisi ini industri CV. Bate Mandiri memiliki kekuatan tertentu yang tidak dimiliki oleh pesaing dan Posisi CV. Bate Mandiri berdasarkan analisis ETOP berada pada posisi usaha spekulatif. Adapun strategi yang dapat digunakan yaitu memungkingkan untuk dilakukanya penambahan investasi, di mana posisi usaha ini memiliki peluang untuk sukses yang tinggi tetapi resiko yang harus dihadapi juga tinggi sebanding dengan sukses yang dicapai.


Keywords


Posisi Usaha; Strategi Usaha; SWOT; SAP; ETOP

Full Text:

PDF

References


I. Pamungkas, and H.T. Irawan, "Strategi Pengurangan Risiko Kerusakan Pada Komponen Kritis Boiler di Industri Pembangkit Listrik," Jurnal Optimalisasi, vol. 6, no. 1, pp. 86-95, April 2020.

Sofiyanurriyanti, and T. M. A. Pandria, “Perumusan Strategi Bisnis Berdasarkan Analisis Kepuasan Konsumen Terhadap Usaha Waralaba,” Jurnal Optimalisasi, vol. 5. no. 2, Oktober 2019.

H.T. Irawan, and I. Pamungkas, "Penetapan Harga Jual Batu Bata Pada UD. Bata Jaya dengan Menggunakan Metode Target Profit Pricing." Jurnal Optimalisasi, vol. 5, no. 1, pp. 1-9, April 2019.

A. K. Akmal, R. Irawan, K. Hadi, H.T. Irawan, I. Pamungkas, and K. Kasmawati, "Pengendalian Kualitas Produk Paving Block untuk Meminimalkan Cacat Menggunakan Six Sigma pada UD. Meurah Mulia." Jurnal Optimalisasi, vol. 7, no. 2, pp. 234-248, Oktober 2021.

H.T. Irawan, I. Pamungkas, and A. Arhami, "Penjadwalan Produksi Paving Block Pada CV. Nibo Corporation Banda Aceh." Jurnal Optimalisasi, vol. 6, no. 1, pp. 56-60, April 2020.

F. R. David, “Manajemen Strategis,” 12th ed. Salemba Empat, 2009.

W. Tambunan, Y. Sukmono, & L. O. Aggreani, “Analisis Strategi Pemasaran untuk Meningkatkan Volume Penjualan dan Daya Saing,” Jurnal Optimalisasi, vol. 7. no. 1. April 2021.

M. Fahmi, A. Baihaqi, and I. Irwan. "Analisis Strategi Pemasaran Kopi Arabika ‘Bergendaal Koffie’di Kabupaten Bener Meriah," Jurnal Agrisep, vol. 14, no.1 pp. 28-35. 2013.

A. Prastiyo, A. Fathoni, and D. Malik. "Strategi pemasaran produk jahe merah melalui analisis SWOT pada perusahaan UD. Barokah Ungaran." Journal of Management, vol. 4, no. 4, 2018.

P.A. Widagdha, A. Fathoni, and D. Malik. "Strategi Peningkatan Volume Penjualan Obat Generik Melalui Analisis Swot (Studi Kasus Pada Pt. Bernofarm Pharmaceutical Semarang)." Journal of Management, vol. 4, no. 4, 2018.

E. Indriyani, C. Harini, and A. Fathoni. "Analisis Swot Sebagai Dasar Penentu Strategi Bersaing Pt. Paragon Technology and Innovation (Wardah Kosmetik)." Journal of Management, vol. 4, no. 4, 2018.

A.J. Mare, B. Prihatminingtyas, and A.A. Sadyah. "Strategi Pemasaran Olahan Kopi Bubuk di UMKM Ya-Sam Desa Bocek." Jurnal Pendidikan Tambusai, vol. 6, no. 1, pp. 3794-3801, 2022.

N. Fidiyati, D. and L.B. Hasiholan, "Strategi Pemasaran Industri Mebel dalam Menembus Pasar Global Melalui Analisis SWOT (Studi Kasus pada CV Mandiri Abadi Jepara)," Journal of Management, vol. 4, no. 4, 2018.

A. Nisa, "Penetapan Strategi pada Perusahaan Daerah Rumah Potong Hewan Kota Malang.” Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB, vol. 4, no, 2, 2016.

M. Arifin, and A.K. Anam, "Analisis Strategi Pemasaran Barang Ekspor pada Perusahaan Mebel Ukir CV. Fikra Indo Export dalam Menghadapi Persaingan terhadap Perusahaan Sejenis di Kota Jepara." Jurnal Dinamika Ekonomi & Bisnis, vol. 2, no. 2, 2005.




DOI: https://doi.org/10.35308/jopt.v8i1.5358

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Optimalisasi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

JOPT: Jurnal Optimalisasi indexed by: