Analisis Strategi Bersaing Pada Perusahaan Manufaktur Pull Handle Menggunakan Porter’s Five Forces Model (Studi Kasus: PD XYZ)

Rudy Vernando Silalahi, Silvia Juliasari

Abstract


PD XYZ merupakan salah satu produsen tarikan pintu yang terletak di Pulau Jawa. PD XYZ merasakan ketatnya persaingan di industri tarikan pintu. Penelitian ini menggunakan model lima kekuatan Porter untuk mengusulkan strategi bersaing yang tepat. Lima kekuatan Porter terdiri dari ancaman masuk, persaingan dari pesaing yang ada saat ini, tekanan dari produk alternatif, kekuatan tawar-menawar pembeli, dan kekuatan tawar-menawar pemasok. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dengan Direktur PD XYZ dan dua orang partisipan yang berpengalaman di pasar handle pintu. Berdasarkan hasil wawancara dengan Direktur PD XYZ, saat ini perusahaan sedang menerapkan strategi overall cost leadership. Berdasarkan analisis lingkungan industri tarikan pintu saat ini, terdapat ancaman sedang mengarah tinggi terhadap persainagn dengan pesaing yang ada dan kekuatan tawar-menawar pembeli. Diferensiasi pada industri gagang pintu masih cukup rendah saat ini. Strategi bersaing yang adalah strategi overall cost leadership dengan digabungkan dengan startegi diferensiasi. Perusahaan dapat melakukan diferensiasi dengan fokus product dan image. Perusahaan dapat meluncurkan seri yang berbeda, mengembangkan jenis kadar stainless steel yang ditawarkan dan mempromosikan pada platform yang berbeda

Keywords


Porter’s five forces Differentiation Overall cost leadership

Full Text:

PDF

References


Alfaruq, Alam Nursalam. 2020. Pengaruh Instagram Ads (Advertising) Dalam Membangun Brand Awareness Clothing Line HEBE. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya.Vol 9 No.2.2016

Eljisa, Tutut Elsa. 2017. Analisis Strategi Pada UD Ayam Mas (Ayam Potong) Menggunakan Porter Five Forces (Studi Kasus pada UD Ayam Mas Kec. Besuki Kab. Tulungagung).Simki-Economic Vol.01 No.01

Febrida, Rachel dan Roswita Oktavianti. 2020. Pengaruh Terpaan Iklan di Media Sosial Youtube terhadap Persepsi Konsumen (Studi terhadap Pelanggan Iklan Tiket.com di Youtube). Prologia Vol.4 No.1:179-185

Foris, Paskalino Jimmy dan Ronny H. Mustamu. 2015. Analisis Strategi Pada Perusahaan Plastik Dengan Porter five Forces. AGORA Vol.3 No.5

Indrawati, Komang Ayu Pradnya, dkk. 2017. Efektivitas Iklan Melalui Media Sosial Facebook dan Instagram Sebagai Salah Satu Strategi Pemasaran Di Krisna Oleh-Oleh Khas Bali. Jurnal Analisis Pariwisata:78-83

Tito, Anita Chrishanti Puteri dan Claudy Gabriella. 2019. Faktor-faktor Iklan yang Dapat Menarik Penonton Untuk Menonton Iklan Skip-Ads di Youtube Sampai Selesai. Jurnal Akuntansi Maranatha Vol 11 No.1 :98-114

Widiyarini. 2015. Analisa Strategi Daya Saing Menggunakan Five Forces Analysis Pada PT Gajah Tunggal. SOSIO e-KONS Vol.7 No.1

Dobbs, Michael E. 2014.Guidelines For Applying Porter’s Five Forces Framework: a set of industry analysis templates. Competitiveness Review Vol.24

David, Fred R. 2011. Strategic Management Concepts And Cases. New Jersey: Prentice Hall

Kotler, Philip, Veronica Wong, dkk. 2005. Principles of Marketing. England:Prentice Hall.

Porter, Michael E.1980.Competitive Strategy Techniques For Analyzing Industries And Competitors With A New Introduction. New York: The Free Press

Kadar, Muhammad Gafur, dkk. 2021. Manajement Strategik dan Kepemimpinan. Medan:Yayasan Kita Menulis.

Pusat Data Industri Indonesia. Data Pertumbuhan Industri Real Estate (Properti), 2011-2021. https://www.dataindustri.com/produk/tren-data-pertumbuhanindustri-real-estate-properti-2010- 2021/ (diakses pada 3 November 2022)

Badan Pusat Statistik. 2019. Direktori Industri Manufaktur Indonesia 2019(www.bps.go.id)

Badan Pusat Statistik. 2020. Direktori Industri Manufaktur Indonesia 2020 (www.bps.go.id)




DOI: https://doi.org/10.35308/jopt.v8i2.5738

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Optimalisasi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

JOPT: Jurnal Optimalisasi Indexing and Abstracting by: