INTERVENSI SOSIAL TERHADAP PENGEMBANGAN MASYARAKAT LOKAL DI DAERAH TRANSMIGRASI DESA TOPOYO

Azhary Adhyn Achmad, R. Nunung Nurwati, Nandang Mulyana

Abstract


Pengembangan masyarakat lokal di daerah transmigrasi Desa Topoyo bertujuan untuk mendorong kemampuan dan kemandirian masyarakat lokal dalam mengelolah dan memanfaatkan sumberdaya lokal di daerah transmigrasi agar dapat seiring dan kerjasama dengan trasnmigran dalam meningkatkan kualitas hidup masyarakat lokal setempat. Intervensi Sosial pada level komunitas lokal dapat menjadi salah satu metode yang digunakan untuk upaya pengembangan masyarakat lokal melalui serangkaian cara dan strategi yang dilakukan oleh pelaku intervensi atas dasar adanya kemauan dan komitmen untuk membantu bagi kemajuan dan peningkatan kualitas hidup masyarakat lokal di sekitar kawasan transmigrasi Desa Topoyo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang menghasilkan data deskriptif mengenai proses pengembangan masyarakat lokal di daerah transmigrasi Desa Topoyo. Teknik pengumpulan data melalui observasi langsung, wawancara dan studi dokumen. Informan ditentukan secara purposif berdasarkan karakteristik dan dan kesesuaian data yang dibutuhkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui Intervensi Sosial pada level komunitas lokal dapat mendorong dan membangkitkan kemampuan serta kemandirian masyarakat lokal di daerah transmigrasi Desa Topoyo dalam meningkatkan kualitas dan taraf hidupnya.

Keywords


Pengembangan masyarakat lokal, intervensi sosial, peningkatan taraf hidup.

Full Text:

PDF

References


Adi, Isbandi Rukminto. (2008). Intervensi Komunitas: Pengembangan Masyarakat Sebagai Upaya Pengembangan Masyarakat, Jakarta: Rajawali Pers.

Almubarok I, Zaky. (2016). Berita Ketransmigrasian. Departemen Tenaga Kerja dan Tranmsigrasi.

Creswell, John W. (2009). Research Design Pendekatan Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Penterjemah Achmad Fawaid.

Heeren, H. J. (1979). Transmigrate In Indonesia. Jakarta: Gramedia.

Junaidi & Hardiani. (2009). Dasar-Dasar Teori Ekonomi Kependudukan. Hamada Prima, Jakarta

Louise, C. Johnson. (2001). Praktek Pekerjaan Sosial (Suatu Pendekatan Generalist), Terjemahan Tim Penerjemah STKS Bandung.

Miles, Matthew B. & A. Michael Huberman. (2009). Analisis Data Kualitatif. Jakarta: UI-Press.

Najiyati, S. dkk. (2008). Transmigrasi dan Pengembangan Masyarakat Desa Sekitar. Jakarta: Bangkit Daya Insana.

Rahardjo. (1999). Pengantar Sosiologi Pedesaan dan Pertanian. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Rothman, Jack, Erlich, John L. dan Tropman, John. (2001), Tactics of Community Intervention (4th Edition). Bellmont, CA: Brooks/Cole – Thomson Learning.

Suharto, Edi. 2005. Membangun Masyarakat Memberdayakan Rakyat: Kajian Strategis Pembangunan Kesejahteraan Sosial & Pekerjaan Sosial. Bandung: Refika Aditama.




DOI: https://doi.org/10.35308/jpp.v5i2.1128

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Public Policy

Jurnal Public Policy
p-ISSN: 2477-5738  I  e-ISSN: 2502-0528  I  DOI: 10.35308
Jl. Alue Peunyareng, Ujong Tanoh Darat, Meureubo, Kabupaten Aceh Barat, Aceh 23681, Indonesia
(0655) 7110535 l +621260313742 l +6285277110911
License Creative Commons is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License