ANALISIS PENDAPATAN PETANI DAN MARGIN PEMASARAN JAGUNG (ZEA MAYS) DI KECAMATAN RANAH PESISIR KABUPATEN PESISIR SELATAN

Dian Fauzi, Soni Ramma Hendra, Alvindo Dermawan

Abstract

Salah satu komoditas subsektor pertanian yang menjadi prioritas pembangunan sektor pertanian yaitu komoditas jagung. Pengembangan usahatani jagung sangat menentukan besarnya.tingkat pendapatan petani dalam satu siklus penanaman jagung. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pendapatan petani jagung di Kecamatan Ranah Pesisir Kabupaten Pesisir Selatan dan menghitung margin pemasaran jagung di Kecamatan Ranah Pesisir Kabupaten Pesisir Selatan. Metode  digunakan pada  penelitian adalah deskriptif-kuantitatif. Teknik pengambilan responden yaitu Proporsional Random Sampling, responden yang diambil sebanyak 30 orang dari jumlah populasi. Teknik analisis data menggunakan analisis usahatani terdiri dari analisis biaya, analisis biaya penyusutan, analisis penerimaan, analisis pendapatan dan analisis R/C, kemudian analisis pemasaran yang terdiri dari analisis margin pemasaran, anaisis margin tingkat lembaga, analisis keuntungan pemasaran dan analisis farmer’ share. Pendapatan diterima petani jagung di Kecamatan Ranah Pesisir Kabupaten Pesisir Selatan sebesar Rp10.825.545 per Ha per periode penanaman, diperoleh R/C ratio sebesar 1,78. Setiap rantai pemasaran menerima margin pemasaran. Margin diterima pedagang pengumpul  sebesar Rp600/kg, pedagang besar Rp650/kg dan pedagang pengecer Rp1.950/kg.

Kata kunci: pendapatan, margin pemasaran, jagung

Keywords

pendapatan, margin pemasaran, jagung

References

Asmarantaka RW. 2012. Pemasaran Agribisnis (Agrimarketing). Bogor: Departemen Agribisnis FEM – IPB.

Bahua MI. 2010. Faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja penyuluh pertanian dan dampaknya pada perilaku petani jagung di Provinsi Gorontalo [disertasi]. Bogor:

[BPS] Badan Pusat Statistik. 2020. Kecamatan Ranah Pesisir Dalam Angka Edisi ke-1. Painan: BPS Kabupaten Pesisir Selatan.

[BPS] Badan Pusat Statistik. 2020. Sumatera Barat Dalam Angka Edisi ke-1. Padang: BPS Provinsi Sumatera Barat.

Departemen Keshatan RI. 2009. Profil Kesehatan Indonesia. Jakarta: Kementrian Kesehatan Republik Indonesia.

Mardikanto T. 2007. Penyuluhan Pembangunan Kehutanan. Jakarta: Pusat Penyuluhan Kehutunan Republik Indonesia.

Martafianto EWK. 2013. Analisis efisiensi pemasaran telur ayam ras di Kecamatan Karangploso Kabupaten Malang [skripsi]. Malang: Universitas Brawijaya.

Nazir M. 2017. Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Rangkuti I. 2021. Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi prilaku konsumen sayuran hidroponik di Kota Padang. [skipsi]. Padang: Universitas Taman Siswa Padang.

Soekartawi. 2002. Prinsip Dasar Ekonomi Pertanian. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Suratiyah. 2015. Ilmu Usahatani Jakarta: Penebar Swadaya.

Syukur A. 2007. Analisis pendapatan petani dan system pemasaran jagung di Kabupaten Jeneponto [tesis]. Makasar: Universitas Hasanudin.

Yull ARN. 2014. Faktor-faktor yang mempengaruhi pendapatan petani jagung di Desa Laubakeri. [skripsi]. Medan: Universitas Sumatera Utara.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.