Hubungan Kepuasan Pasien Dengan Minat Kunjungan Ulang Di Puskesmas Sangkalan Kecamatan Susoh Kabupaten Aceh Barat

Susy Sriwahyuni Sukiswo

Abstract


Pelayanan kesehatan puskesmas merupakan bentuk pelayanan yang diberikan kepada masyarakat yang merupakan indikator pengukur kepuasan penggunaan jasa kesehatan. Puskesmas Sangkalan merupkan salah satu puskesmas yang berada di Kecamatan Susoh Kabupaten Aceh Barat Daya yang masih dirasakan perlu adanya pebenahan dari segi kualitas pelayanan kesehatan. Tujuan Penelitian ini adalah mengetahui bagaimana hubungan kepuasan pasien dengan minat kunjjung ulanng di Puskesmas Sangkalan Kecamatan Susoh Kabupaten Aceh Barat Daya. Metode penelitian ini adalah survey analitik dengan pendekatan cross sectional. Penelitian ini dilakukan di Puskesmas Sangkalan Kecamatan Susoh Kabupaten Aceh Barat Daya pada tahun 2016 dengan jumlah sampling sebanyank 35 responden yang memenuhi kriteria inklusi dan ekslusi.Berdasarkan hasil analisis bivariat menggunakan uji statistik Chi square diperoleh yaitu, realibilitas (p=0,001), jaminan (p=0,000), empati (p=0,012) dan bukti fisiik (p=0,007).Hasil ini memperlihatkan bahwa berhubungan bahwa berhubungan dengan minat kunjungan ulang di Puskesmas Sangkalan. Disarankan untuk terus meningkatkan kompetensi tenaga ahli sesuai dengan profesinya, agat lebih meyakinkan masyarakat dalam memperoleh pengobatan, salah satunya menerapkan program 4S (senyum, sopan, santun, sabar) dan SEHATI (sehat, empati, handal, aman, tertib dan iman) sebagai program unggulan Puskesmas serta menyediakan saran dan prasarana yang menjadi kebutuhan utama Puskesmas Sangkalan Kecamatan Susoh Kabupaten Aceh Barat Daya.

 


Full Text:

PDF

References


Adhyto. 2013. Reabilitas mempengaruhi kepuasan pasien terhadap pelayanan kesehatan di salah satu puskesmas Ngawi. Gaster 10 (2):2.

Angarini, M.T. 2012. Kepuasan pasien dengan minat dalam pemanfaatan ulang Yankes pada praktek doketer keluarga. Jurnal Universita, Muhammadiyah Semarang, 154-161.

Arikunto. 2005. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : Rineka Cipta.

Azwar, A. 2003. Pengantar Administrasi Kesehatan. Penerbit : Binarupa kasara.

Budiastuti. 2002. Faktor-faktor dalam meningkatkan Kepuasan Pasien. Jakarta : PPFKM UI.

Departemen Kesehatan RI [Depkes RI]. 2005. Rancangan Pembangunan Kesehatan. Jakarta.

Entjang. 2003. Ilmu kesehatan Masyarakat. Penerbiy : PT. Citra Aditya Bakti.

Gerson. 2004. Mengukur Kepuasan Pelanggan. PPM, Jakarta.

Hafizurrachman. 2004. Pengukuran kepuasan suatu suatu institusi kesehatan. Majalah Kedokteran Indonesia, Vol. 54, No. 7, 282-

Haryanti, K. 2000. Hubungan Persepsi Mutu Pelayanan dan Nilai Konsumen Psikomensia Kajian Ilmiah. Jurnal Fakultas Psikologi Universitas Katolik Soegijapranata. Semarang. 1 (1) :

Hastono. 2001. Analisa Data, Fakultas Kesehatan Masyarakat. Universitas Indonesia, Jakarta.

Heriandi. 2007. Faktor-faktor yang berhubungan dengan tingkat kepuasan pasien di instalasi Rawat alan RSOB tahun 2007. Skripsi. Universitas Indonesia.

Hermien, Hadiati. 2002. Hukum untuk perumahsakitan. PT. Citra Aditya Bakti. Bandung.

Ilyas, Y. 2002. Kinerja Teori Penilaian dan Penelitian. Pusat Kajian Ekonomi Kesehatan, Fakultas Kesehatan Masyarakat UI Depok. Jakarta.

Jacobalis, S. 2000. Rumah Sakit Indonesia Dalam Dinamika Sejarah, Transformasi, Globalisasi dan Krisis Nasional. Yayasan Penerbitan IDI, Jakarta.

Kotler, P. 2007. Principle of marketing. 12 th ed., New Jersey L Prentice Hall.

Kusumapradja, R. 2001. Organisasi dan Manajemen 1. Jakarta : Pustaka Sinar Harapan.

Lusa. 2007. A scale for avaluating employee satifaction with nursing care. [serial on internet].[cited 2014]

Lovelock, Cristopher, and Jochen W. 2001. Service Marketing, People Technology, Strategy. New Jersey Prentice Hall Upper Sadle River.

Munir, A. A. S. 2007. Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia. Jakarta : Gramedia.

Niken. 2008. Hubungan Kepuasan Pasien Bayar dengan Minat Kunjungan Ulang di Puskesmas Wisma Jaya Kota Bekasi Tahun 2007. Jurnal Makara,Vol 12 (1) : 42 – 46. Universitas Indonesia.

Niyarni, dkk. 2011. Hubungan Kualitas Pelayanan dengan Minat menggunakan Ulang Jasa Pelayanan Kesehatan Rawat Jalan di RSUD Bendan Kota Pekalongan. Jurnal Kesehatan. Universitas Pekalongan. Vol. 1 (2)

: 7-8.

Notoadmodjo, S. 2005. Metodelogi Penelitian Kesehatan. PT. Rinek Cipta. Jakarta.

Nursalam. 2003. Konsep dan Penerapan Metodelogi Penelitian Ilmu Keperawatan : Pedoman Skripsi, Tesis dan Instrumen Penelitian. Jakarta : Salemba Medika.

Puspita. 2009. Hubungan Persepsi Pasien Tentang Kualitas Pelayanan dengan Citra Rumah Sakit Daerah Kabupaten Aceh Taming. Tesis. Universitas Sumatera Utara.

Sabarguna. 2004. Quality Assurance n Pelayanan Rumah Sakit. Jakarta.

Sareong. 2015. Faktor yang berhubungan dengan kepuasan pasien rawat jalan di Puskesmas Rantepao Kabupaten Toraja Utara Tahun 2013. Jurnal Kesehatan. Universitas Hasanuddin.

Soejadi. 2002. Efisiensi pengelolaan rumah sakit, Grafik barbet Johnson sebagai salah satu indikatoe. PT. Citra Aditya Bakti.

Solikhah. 2008. Hubungan kepuasan pasien dengan minatpasien dalam pemanfaatan ulang pelayanan pengobatan. Junal Manajemen Pelayanan Kesehatan. Yogyakarta, 11 (4) : 192-199.

Supranto. 2002. Metode Riset dan Aplikasinya dalam Pemasaran. Edisi 7, Jakarta : Rineka Cipta.

Suryawati, dkk. 2006. Penyusunan Indikator Kepuasan Pasien Rawat Inap Rumah Sakit di Provinsi Jawa Tengah. Jurnal Manajemen Pelayanan Kesehatan, 9 (4) : 177

– 184.

Tjiptono, F. 2002. Manajemen Jasa. Edisi kedua. Penerbit : Andy Offset. Jakarta.

Tjiptono, F dan Chandra, G. 2011. Service, Quality and Satisfaction. Penerbit : Andy. Yogyakarta.

Utama. 2003. Pendekatan Mutu dan Kepuasan Pelanggan dalam Pelayanan Kesehatan. PT. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Zeitmal, V. A., Bitmer. 2006. Service Marketing. Mc Graw Hill Inc, Int’l Edition, New York.




DOI: https://doi.org/10.35308/j-kesmas.v5i1.1144

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Managed by Fakultas Kesehatan Masyarakat

Published by Universitas Teuku Umar
Website: http://jurnal.utu.ac.id/jkesmas
Email: jkemas@utu.ac.id

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.