Pemilihan Authorized Service Center (ASC) Menggunakan Metode Analytical Hierarcy Process (AHP) di Industri Water Heater

Muhammad Wahid, Indra Setiawan, Satriyo Maulana, Moh. Mawan Arifin, Abdul Rochim

Abstract


Authorized Service Center (ASC) merupakan bagian jenis usaha kerjasama pelayanan teknis berupa jasa yang meliputi pelayanan perbaikan, perawatan, penjualan suku cadang dan pemasangan produk khususnya untuk pemanas air terhadap konsumen. Terdapat penurunan tingkat persentase Out SLA pada tahun 2017 dan tahun 2018, hal ini dikarenakan perubahan kerjasama ASC dari yang semula dikelola oleh distributor tunggal menjadi banyak pihak ASC. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bobot kriteria dalam pemilihan ASC. Metode yang digunakan adalah Analytical Hierarcy Process (AHP) memiliki beberapa item kategori yaitu Biaya, Fasilitas, Kinerja, Administrasi dan Pelayanan. Penelitian dilakukan dengan melibatkan para expert. Hasil penelitian menunjukkan biaya adalah kriteria yang dominan besar dengan nilai 1.880 poin dalam menentukan ASC yang tepat untuk ditunjuk sebagai kerjasama dalam melakukan pelayanan teknis ke para konsumen pemanas air. Biaya yang dimaksud dalam hal ini adalah modal yang berkaitan dengan kesanggupan perihal rutinitas kegiatan operasional ASC seperti, pengadaan alat, tempat, pekerja teknis dan yang terpenting adalah untuk melakukan repeat order suku cadang.

Keywords


Analytical Hierarcy Process; Authorized Service Center; Jasa Kinerja; Water Heater

Full Text:

PDF

References


M. Wahid and S. Hasibuan, “Performance evaluation of after-sales service partners in the power tools industry,” J. Sist. dan Manaj. Ind., vol. 5, no. 2, pp. 105–114, 2021, doi: 10.30656/jsmi.v5i2.3985.

A. A. Purwati, T. Fitrio, F. Ben, and M. L. Hamzah, “Product Quality and After-Sales Service in Improving Customer Satisfaction and Loyalty,” J. Econ., vol. 16, no. 2, pp. 223–235, 2020, doi: 10.21831/economia.v16i2.31521.

M. Wicaksono, L. D. Fathimahhayati, and Y. Sukmono, “Pengambilan Keputusan Dalam Pemilihan Supplier Dengan Metode Analytical Hierarchy Process (AHP) dan Technique For Others Reference by Similarity to Ideal Solution (TOPSIS),” J. Tekno, vol. 17, no. 2, pp. 1–17, 2020, doi: 10.33557/jtekno.v17i2.1078.

J. Muhammad, D. Rahmanasari, J. Vicky, W. A. Maulidiyah, W. Sutopo, and Y. Yuniaristanto, “Pemilihan Supplier Biji Plastik dengan Metode Analitycal Hierarchy Process (AHP) dan Technique for Order Preference by Similarity to Ideal Solution (TOPSIS),” J. INTECH, vol. 6, no. 2, pp. 99–106, 2020, doi: 10.30656/intech.v6i2.2418.

A. Sihite and E. Suhendar, “Penilaian Supplier Menggunakan Metode Fuzzy Ahp Dan Topsis Di Pt. Hp,” Ilm. Tek. Ind., vol. 9, no. 1, pp. 71–80, 2021.

A. A. Chamid, B. Surarso, and F. Farikhin, “Implementasi Metode AHP Dan Promethee Untuk Pemilihan Supplier,” J. Sist. Inf. Bisnis, vol. 5, no. 2, pp. 128–136, 2015, doi: 10.21456/vol5iss2pp128-136.

N. Nurjanah and I. Fatmawati, “Analisis Pemilihan Vendor Menggunakan Metode Analytical Hierarchy Process,” J. Logistik Bisnis, vol. 10, no. 2, pp. 12–18, 2020.

D. Rimantho, F. Fathurohman, B. Cahyadi, and S. Sodikun, “Pemilihan Supplier Rubber Parts Dengan Metode Analytical Hierarchy Process Di PT.XYZ,” J. Rekayasa Sist. Ind., vol. 6, no. 2, pp. 93–104, 2017, doi: 10.26593/jrsi.v6i2.2094.93-104.

P. Hasan, A. D. Wierfi, F. E. Neno, and K. Kusrini, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Suplier Hasil Tani Gabah Menggunakan Metode AHP,” J. Ilm. Sisfotenika, vol. 9, no. 2, pp. 180–191, 2019, doi: 10.30700/jst.v9i2.513.

I. Wahyudi, S. Bahri, and P. Handayani, “Penerapan Metode AHP pada Penentuan Sales Terbaik Studi Kasus: PT. Sampoerna Telekomunikasi Indonesia,” J. Tek. Komput., vol. 5, no. 1, pp. 135–138, 2019, doi: 10.31294/jtk.v4i2.

N. Aisyah and A. S. Putra, “Sistem Pendukung Keputusan Rekomendasi Pemilihan Manajer Terbaik Menggunakan Metode AHP (Analytic Hierarchy Process),” J. Esensi Infokom, vol. 5, no. 2, pp. 7–13, 2021.

B. Hanum and C. Asmarani, “Analisa Pemilihan Supplier Sebagai Komponen Pendukung Produksi PT. XYZ Menggunakan Metode Analytic Hierarchy Process (AHP),” J. PASTI, vol. 9, no. 2, pp. 220–229, 2015.

Z. Azhar, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Salesman Marketing Terbaik Menggunakan Metode AHP,” J. Ris. Komput., vol. 6, no. 6, pp. 580–585, 2019.

A. Kusaeri, M. Hermansyah, and H. Bashori, “Analisis Pemilihan Supplier menggunakan Pendekatan Metode Analitychal Hierarchy Process di Pt XX,” J. Knowl. Ind. Eng., vol. Vol. 3, no. 3, pp. 51–61, 2016.

D. E. H. Purnomo and Y. A. Sunardiansyah, “Implementasi Metode Analytical Hierarchy Process (AHP) Untuk Evaluasi Pemasok Kayu Pada Industri Furnitur,” JISO J. Ind. Syst. Optim., vol. 4, no. 1, pp. 1–7, 2021.




DOI: https://doi.org/10.35308/jopt.v8i2.5744

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Optimalisasi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

JOPT: Jurnal Optimalisasi Indexing and Abstracting by: