Pengendalian Kualitas Produk Tas Wanita Menggunakan Metode Seven Tools dan Kaizen

Mochammad Dandi Prasetyo, Atikha Sidhi Cahyana

Abstract


UD. Jaya Collection mengalami berbagai masalah, termasuk kecacatan produk yang diduga karena kurangnya pengendalian kualitas dalam proses produksinya. Kecacatan mencapai 24 pcs (9%) pada Juni, 26 pcs (9%) pada Juli, dan 22 pcs (8%) pada Agustus. Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui penyebab kecacatan produk tas wanita dan memberikan usulan perbaikan dan mengetahui cara untuk mengendalikan kecacatan pada kualitas produk. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu seven tools dan kaizen. Seven tools adalah seperangkat alat dasar untuk menguji kualitas yang bisa mendukung perusahaan guna mengatasi masalah dan meningkatkan proses. Alat-alat ini penting untuk kemajuan setiap organisasi menuju keunggulan. Teknik analisis seven tools mencakup analisis flow chart, check sheet, histogram, scatter diagram, diagram pareto, control chart, dan fishbone. Alat-alat implementasi kaizen yang digunakan pada penelitian ini adalah Kaizen Five – M Checklist adalah sebuah alat yang fokus pada lima elemen kunci dalam setiap proses, yaitu manusia, metode, mesin, material, dan lingkungan. Five Step Plan ini adalah suatu metode dalam pelaksanaan Kaizen yang sering digunakan oleh perusahaan-perusahaan di Jepang. Langkah-langkah ini dikenal dengan 5-S, yang diambil dari kata-kata dalam bahasa Jepang, yaitu seiri (pemilahan), seiso (penataan), seiton (kebersihan), seiketsu (pemeliharaan), dan shitsuke (pembiasaan). Hasil penelitian menunjukkan kecacatan tertinggi pada November 41 dari 412 pcs dan terendah pada September 25 dari 265 pcs. Jenis kecacatan antara lain jahitan tidak rapi 28 pcs, resleting rusak 24 pcs, lem kurang menempel 25 pcs, kain berjamur 19 pcs. Untuk perbaikannya dibutuhkan peningkatan keterampilan pekerja, perawatan mesin, penanganan material, SOP, dan kondisi kerja. Berdasarkan metode Kaizen, sebagai usulan perbaikan dapat melakukan : Five M Checklist, 5S, fokus pada pengawasan, pelatihan, perawatan mesin, material, SOP, dan lingkungan. Penelitian ini dapat dilanjutkan dengan menggali faktor lain yang menimbulkan kecacatan produk.


Keywords


Pengendalian Kualitas; Seven Tools; Kaizen; Tas Wanita

Full Text:

PDF

References


N. Adlany, S. Salim Dahda, and M. Jufriyanto, “APLIKASI TEKNOLOGI Implementasi Seven Tools Of Quality Di Industri Kecil Triple X Produksi Tas,” vol. 6, no. 2, 2022.

A. R. Andriansyah and W. Sulistyowati, “Clarisa Product Quality Control Using Methods Lean Six Sigma and Fmeca Method (Failure Mode And Effect Cricitality Analysis) (Case Study: Pt. Maspion Iii),” PROZIMA (Productivity, Optimization and Manufacturing System Engineering), vol. 4, no. 1, pp. 47–56, Mar. 2021, doi: 10.21070/prozima.v4i1.1272.

H. C. Wahyuni and W. Sulistiyowati, BUKU AJAR PENGENDALIAN KUALITAS INDUSTRI MANUFAKTUR DAN JASA, Cetakan Pertama. Sidoarjo: Umsida Press, 2020.

R. Fitriana, D. K. Sari, and A. N. Habyba, PENGENDALIAN DAN PENJAMINAN MUTU, Edisi Pertama. Banyumas, 2021.

D. Hamdani, “Pengendalian Kualitas Dengan Menggunakan Metode Seven Tools Pada PT X,” Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Perbankan, vol. 6, no. 3, pp. 139–143, 2020.

Suhartini and M. Ramadhan, “Analisis Pengendalian Kualitas Produksi Untuk Mengurangi Cacat Pada Produk Sepatu Menggunakan Metode Six Sigma dan Kaizen,” MATRIK : Jurnal Manajemen & Teknik Industri-Produksi, vol. 22, no. 1, pp. 55–64, 2021.

A. Z. Al-Faritsy and C. Apriliani, “ANALISIS PENGENDALIAN KUALITAS UNTUK MENGURANGI CACAT PRODUK TAS DENGAN METODE SIX SIGMA DAN KAIZEN,” Jurnal Cakrawala Ilmiah, vol. 1, no. 11, pp. 2733–2744, 2022.

I. Nursyamsi and A. Momon, “Analisa Pengendalian Kualitas Menggunakan Metode Seven Tools untuk Meminimalkan Return Konsumen di PT. XYZ,” Serambi Engineering, vol. VII, no. 1, 2022.

I. Komang Dartawan and W. Setiafindari, “Analisis Pengendalian Kualitas Produk Dengan Metode Seven Tools Dan Kaizen Pada PT Sinar Semesta I Komang Dartawan, Widya Setiafindari Analisis Pengendalian Kualitas Produk Dengan Metode Seven Tools Dan Kaizen Pada PT Sinar Semesta,” vol. 18, p. 2023.

H. Alfadilah and A. Fashanah Hadining, “Pengendalian Produk Cacat Piece Pivot pada PT. Trijaya Teknik Karawang Menggunakan Seven Tool dan Analisis Kaizen,” Serambi Engineering, vol. VII, no. 1, 2022.

P. Sambodo and A. S. Cahyana, “Pengendalian Kualitas Produk Sound Sistem Di Cv. Xyz dengan Metode Seven Tools Dan Quality Control Circle,” Procedia of Engineering and Life Science, vol. 3, 2022.

Moh. R. Rosyidi and Narto, BUKU MONOGRAF PENELITIAN PENGENDALIAN KUALITAS DENGAN MENGGUNAKAN SEVEN TOOLS, Cetakan Pertama. Malang: Ahlimedia Press, 2022.

Ramlawati, TOTAL QUALITY MANAGEMENT, Edisi Pertama. Makassar: Penerbit Nas Media Pustaka, 2020.

Anggi Riska Devi and Widya Setiafindari, “UPAYA PENINGKATAN KUALITAS PRODUK ENGINE PULLEY YST PRO MENGGUNAKAN METODE SEVEN TOOLS DAN KAIZEN FIVE M CHECKLIST DI PT MITRA REKATAMA MANDIRI,” Jurnal Ilmiah Teknik Mesin, Elektro dan Komputer, vol. 3, no. 2, pp. 192–204, Jul. 2023, doi: 10.51903/juritek.v3i2.1743.

K. Nabila and Rochmoeljati, “ANALISIS PENGENDALIAN KUALITAS MENGGUNAKAN METODE SIX SIGMA DAN PERBAIKAN DENGAN KAIZEN (STUDI KASUS : PT. XYZ),” Juminten : Jurnal Manajemen Industri dan Teknologi , vol. 01, no. 01, pp. 116–127, 2020, Accessed: Nov. 06, 2023. [Online]. Available: http://juminten.upnjatim.ac.id/index.php/juminten

R. F. Kusuma and A. Z. Al-Faritsy, “Pengendalian Kualitas Jersey dengan Menggunakan Metode Six Sigma dan Kaizen pada UMKM Titik Terang Konveksi,” Jurnal Ilmiah Multidisiplin, vol. 2, no. 6, pp. 2208–2219, 2023.

I. Andespa, “ANALISIS PENGENDALIAN MUTU DENGAN MENGGUNAKAN STATISTICAL QUALITY CONTROL (SQC) PADA PT.PRATAMA ABADI INDUSTRI (JX) SUKABUMI,” E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana 9.2, vol. 9, no. 2, pp. 129–160, 2020.

L. Permono, S. T. Salmia, and R. Septiari, “PENERAPAN METODE SEVEN TOOLS DAN NEW SEVEN TOOLS UNTUK PENGENDALIAN KUALITAS PRODUK (STUDI KASUS PABRIK GULA KEBON AGUNG MALANG),” Jurnal Mahasiswa Teknik Industri), vol. 5, no. 1, pp. 58–65, 2022.

D. Pitoyo and A. R. Akbar, “ANALISIS PENGENDALIAN KUALITAS PRODUK DENGAN METODE SIX SIGMA DAN METODE 5 STEP PLAN DI PT. PIKIRAN RAKYAT BANDUNG,” ReTIMS, vol. 1, no. 1, pp. 1–13, 2019.

S. E. Mahardika and A. Z. Al-Faritsy, “Meminimalisir Produk Cacat Pada Produksi Batik Cap Menggunakan Penerapan Metode Six Sigma Dan Kaizen,” Jurnal Teknik Industri, vol. 9, no. 2, p. 2023.




DOI: https://doi.org/10.35308/jopt.v10i1.9041

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Optimalisasi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

JOPT: Jurnal Optimalisasi Indexing and Abstracting by: