Analysis of Mandatory Health Financing Mechanisms After the Abolition of Mandatory Health in Law No. 17 of 2023
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Antaranews. (2023). Kemenkes: Pencabutan mandatory spending tidak terkait BPJS Kesehatan. antaranews.com. Retrieved July 7, 2023, from https://www.antaranews.com/berita/3674130/kemenkes-pencabutan-mandatory-spending-tidak-terkait-bpjs-kesehatan
Ardiansyah, A. W. (2024). Mandatory Spending Dalam Konstitusi Indonesia: Tinjauan Yuridis dan Kaitannya Dengan Keuangan Negara. Prosiding PITNAS 2023, (1), 153–167. Retrieved from https://ejournal.iwi.or.id/ojs/index.php/prosiding/article/view/225%0Ahttps://ejournal.iwi.or.id/ojs/index.php/prosiding/article/download/225/101
Badeni. (2013). Kepemimpinan & Perilaku Organisasi. Alfabeta CV.
BBC. (2023). Kontroversi RUU Kesehatan: Anggaran wajib untuk kesehatan dihapus, “layanan kesehatan akan makin buruk.” bbc.com. Retrieved from https://www.bbc.com/indonesia/articles/c4nkddypg1mo
CNN. (2023). Menkes Ungkap Alasan Hapus Mandatory Spending dalam UU Kesehatan. CNN indonesia. Retrieved from https://www.cnnindonesia.com/nasional/20230711170228-32-972196/menkes-ungkap-alasan-hapus-mandatory-spending-dalam-uu-kesehatan
Detik.com. (2023). UU Kesehatan dan Kemudahan Dokter Asing Masuk Indonesia. detik.com. Retrieved July 7, 2024, from https://news.detik.com/kolom/d-6855215/uu-kesehatan-dan-kemudahan-dokter-asing-masuk-indonesia
Detik.com. (2024). MK Tolak Uji Formil UU Kesehatan IDI Cs, Ini Pertimbangannya. Detikhealth.com. Retrieved July 7, 2024, from https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-7219407/mk-tolak-uji-formil-uu-kesehatan-idi-cs-ini-pertimbangannya
Dhamara, R., & Fauzi, A. (2023). Efektivitas Penerapan Anggaran Berbasis Kinerja Terhadap Kinerja Kementerian Lembaga. Jurnal Akuntansi dan Manajemen Bisnis, 3(1), 104–110.
Dunn, W. N. (2003). Pengantar Analisis Kebijakan. (S. Wibawa, D. Asitadani, A. H. Hadna, & E. A. Purwanto, Eds.) (Kedua.). Universitas Gadjah Mada.
Fika Nurul Ulya, D. M. (2023). “Mandatory Spending” Dihapus, Kemenkes: Kalau Dulu, Enggak Jelas Berapa Duit Kita Habiskan. kompas.com. Retrieved from https://nasional.kompas.com/read/2023/07/15/16371051/mandatory-spending-dihapus-kemenkes-kalau-dulu-enggak-jelas-berapa-duit-kita
Firdaus, A. (2023). Pemerintah ubah haluan anggaran wajib kesehatan jadi berbasis kinerja. Antaranews. Retrieved September 20, 2024, from https://www.antaranews.com/berita/3632169/pemerintah-ubah-haluan-anggaran-wajib-kesehatan-jadi-berbasis-kinerja
Hukumonline. (2023). Peniadaan Mandatory Spending Kesehatan Dinilai Bertentangan dengan Konstitusi. hukumonline.com. Retrieved from https://www.hukumonline.com/berita/a/peniadaan-mandatory-spending-kesehatan-dinilai-bertentangan-dengan-konstitusi-lt64be4c56867cd/?page=2
Kebijakan, J. (2019). Masyarakat Praktisi Rencana Induk Bidang Kesehatan. Jaringan Kebijakan Kesehatan Indonesia. Retrieved from https://kebijakankesehatanindonesia.net/4853-masyarakat-praktisi-rencana-induk-bidang-kesehatan
Kemkes. (2022). Anggaran Kesehatan 2023 Fokus Tingkatkan Kualitas Layanan Kesehatan. sehatnegeriku.kemkes.go.id. Retrieved September 24, 2024, from https://sehatnegeriku.kemkes.go.id/baca/rilis-media/20221201/2041903/anggaran-kesehatan-2023-fokus-tingkatkan-kualitas-layanan-kesehatan/
Kemkes. (2023). Anggaran Kesehatan Menjadi Berbasis Kinerja, Ini Alasannya. sehatnegeriku.kemkes.go.id. Retrieved July 7, 2024, from https://sehatnegeriku.kemkes.go.id/baca/rilis-media/20230712/5643496/anggaran-kesehatan-menjadi-berbasis-kinerja-ini-alasannya/
Kompas. (2023). Demokrat Tolak UU Kesehatan, Singgung Penghapusan “Mandatory Spending” di Pemerintahan SBY. kompas.com. Retrieved July 7, 2024, from https://nasional.kompas.com/read/2023/07/11/16591991/demokrat-tolak-uu-kesehatan-singgung-penghapusan-mandatory-spending-di
Kompas. (2024). Duduk Perkara Dekan FK Unair Dipecat Usai Tolak Rencana Menkes Datangkan Dokter Asing. kompas.com. Retrieved July 7, 2024, from https://www.kompas.com/tren/read/2024/07/04/190000165/duduk-perkara-dekan-fk-unair-dipecat-usai-tolak-rencana-menkes-datangkan?page=all
Mahanum, M. (2021). Pengambilan Keputusan Dan Perencanaan Kebijakan. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pendidikan, 6(1), 154–163. Retrieved from http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/sabilarrasyad
Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis. SAGE.
Nur Rohmi Aida, R. S. N. (2023). Apa Itu Mandatory Spending yang Dihapus di UU Kesehatan, Apakah Berdampak pada BPJS? kompas.com. Retrieved July 7, 2024, from https://www.kompas.com/tren/read/2023/07/13/190000765/apa-itu-mandatory-spending-yang-dihapus-di-uu-kesehatan-apakah-berdampak?page=all
Putra, E. R. K. (2023). Aborsi Tanpa Indikasi Medis Dalam Sudut Pandang UU No 17 Tahun 2023. Jurnal Cahaya Mandalika, (17), 1129–1143.
Rachman, A. (2023). Anggaran Kesehatan Tak Lagi Dikunci 5%, Kenapa? CNBC. Retrieved from https://www.cnbcindonesia.com/news/20230712085447-4-453499/anggaran-kesehatan-tak-lagi-dikunci-5-kenapa
Rahmawati, D. (2024). Menkes: Dokter Asing-Dokter Lokal Bukan untuk Bersaing, Ini Masalah Nyawa. detik.com. Retrieved July 7, 2024, from https://news.detik.com/berita/d-7421480/menkes-dokter-asing-dokter-lokal-bukan-untuk-bersaing-ini-masalah-nyawa
Rizky, A. S. (2020). Proses Pengambilan Keputusan Kelompok: Fenomenologi Penggunaan Teknik Rasional SDIT Muhammadiyah Pasar Kemis Tangerang. Jurnal Literasi Pendidikan Nusantara, 1(1), 33–40. Retrieved from http://jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/jlpn
Rusandi, & Muhammad Rusli. (2021). Merancang Penelitian Kualitatif Dasar/Deskriptif dan Studi Kasus. Al-Ubudiyah: Jurnal Pendidikan dan Studi Islam, 2(1), 48–60.
Satria Indra Kesuma. (2023). Sosialisasi Tentang Ulasan Undang-Undang No. 17 Tahun 2023Tentang Kesehatan. Jurnal Ilmu Hukum Dan Tata Negara, 1(4), 143–156. Retrieved from https://doi.org/10.55606/birokrasi.v1i4.731
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta CV.
Supyani, S., & Umam, K. (2020). Penerapan Anggaran Berbasis Kinerja Pada Dinas Kesehatan Kota Bandung. Ministrate: Jurnal Birokrasi dan Pemerintahan Daerah, 2(3), 130–138. journal.uinsgd.ac.id. Retrieved from https://journal.uinsgd.ac.id/index.php/ministrate/article/view/9072
Ulya, H., & Indainanto, Y. I. (2024). Mobilisasi Gerakan Opini Digital #TolakRUUKesehatan di Media Sosial. Jurnal Communio: Jurnal Jurusan Ilmu Komunikasi, 13(1), 146–156.
Vidi Galenso Syarief. (2023). Perlindungan Hukum Tenaga Medis Dan Tenaga Kesehatan Melalui Majelis Yang Dibentuk Menteri Kesehatan Pasca Undang-Undang Kesehatan Omnibus Law. Collegium Studiosum Journal, 6(1), 336–343.
Warman, W., Komariyah, L., & Kaltsum, K. F. U. (2023). Konsep Umum Evaluasi Kebijakan. Jurnal Ilmu Manajemen dan Pendidikan, 3, 25–32.
Wisnuwardani, D. P. (2023). RUU Kesehatan Disahkan Jadi Undang-Undang, CISDI Nilai Terburu-Buru dan Tidak Transparan. liputan6. Retrieved July 7, 2024, from https://www.liputan6.com/health/read/5342227/ruu-kesehatan-disahkan-jadi-undang-undang-cisdi-nilai-terburu-buru-dan-tidak-transparan?page=2
DOI: https://doi.org/10.35308/jpp.v10i4.9931
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Akit Afit Datul Kusna, Bachtiar Dwi Kurniawan, Achmad Nurmandi, Helen Dian Fridayani
p-ISSN: 2477-5738 I e-ISSN: 2502-0528 I DOI: 10.35308
Jl. Alue Peunyareng, Ujong Tanoh Darat, Meureubo, Kabupaten Aceh Barat, Aceh 23681, Indonesia
(0655) 7110535 l +621260313742 l +6285277110911
is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License