Segmentasi Pelanggan Distributor Daging Sapi Menggunakan Pendekatan Recency, Frequency, Monetary (RFM) dan Fuzzy C-Means Clustering

Paduloh Paduloh, Murwan Widyantoro, Jasan Supratman

Abstract


Pengembangan produk dan menjaga hubungan baik dengan pelanggan merupakan hal penting yang dilakukan dalam industri. Dalam Industri daging sapi hal tersebut penting sekali dilakukan dalam rangka mengantisipasi perubahan permintaan terutama dalam kondisi pandemi dimana permintaan pasar cepat sekali berubah. Dalam penelitian ini akan dilakukan Segmentasi pelanggan dalam rangka pengembangan produk dan pengembangan pelanggan.  Dalam penelitian ini segmentasi pelanggan dilakukan dengan metode kombinasi antara analisis pada data transaksi pelanggan selama tiga tahun di distributor daging sapi. Proses pemilihan menggunakan software RStudio 3.1.1. Dari hasil penelitian didapatkan pelanggan daging sapi terbagi menjadi  3 pemilihan pelanggan, berdasarkan data pelanggan selama tiga tahun. Dari cara pemilihan  tersebut, cluster 2 merupakan kelompok pelanggan yang potensial atau baik sedangkan cluster 3 merupakan kelompok customer dengan tingkat loyalitas yang rendah terhadap perusahaan.


Keywords


Segmentasi Pelanggan; Daging Sapi, RFM, K-Means Clustering, Perbaikan Pelanggan

Full Text:

PDF

References


J. T. Wei, S. Y. Lin, Y. Z. Yang, and H. H. Wu, “Applying data mining and RFM model to analyze customers’ values of a veterinary hospital,” 2016, doi: 10.1109/IS3C.2016.126.

A. Singh, “Improving efficiency and reducing waste for sustainable beef supply chain,” degree Dr. Philos. Norwich Bus. Sch., 2018.

J. C. Kuo and M. C. Chen, “Developing an advanced Multi-Temperature Joint Distribution System for the food cold chain,” Food Control, vol. 21, no. 4, pp. 559–566, 2010, doi: 10.1016/j.foodcont.2009.08.007.

P. Paduloh, T. Djatna, M. Muslich, and S. Sukardi, “Impact Of Reverse Supply Chain On Bullwhip Effects In Beef Supply,” Ijscm, vol. 9, no. 5, pp. 184–194, 2020, [Online]. Available: http://excelingtech.co.uk/.

BADAN PUSAT STATISTIK, Distribusi Perdagangan Komoditas Daging Sapi Indonesia Tahun 2018. 2018.

N. M. Rachman, E. R. Cahyadi, and H. Hardjomidjojo, “Biaya Transaksi Dan Nilai Tambah Pada Rantai Pasok Daging Sapi Di Kota Bogor,” J. Manaj. dan Agribisnis, vol. 14, no. 1, pp. 22–31, 2017, doi: 10.17358/jma.14.1.22.

M. A. Shodiqi and A. N. Y. Lathifah, “Green Supply Chain Management: Solusi Distribusi Komoditas Daging Sapi untuk Mewujudkan SDGS 2030,” 2017.

B. Winarso, R. Sajuti, and C. Muslim, “Tinjauan Ekonomi Ternak Sapi Potong di Jawa Timur,” Forum Penelit. Agro Ekon., vol. 23, no. 1, p. 61, 2016, doi: 10.21082/fae.v23n1.2005.61-71.

Pusdatin, Buku Outlook Komoditas Peternakan Sapi Potong dan Daging Sapi 2017. Jakarta, 2017.

A. R. Virgiawan, “CUSTOMER SEGMENTATION USING RFM ANALYSIS AND FUZZY-C-MEANS ALGORITHM TO HELP CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT AT PT. XYZ,” Fak. Teknol. Inf. Inst. Teknol. Sepuluh Nop. Surabaya, 2015.

T. Hardiani, S. Sulistyo, and R. Hartanto, “Segmentasi Nasabah Tabungan Menggunakan Model RFM ( Recency , Frequency , Monetary ) dan K-Means Pada Lembaga Keuangan Mikro,” Semin. Nas. Teknol. Inf. dan Komun. Terap., 2015.

N. P. P. Yuliari, I. K. G. D. Putra, and N. K. D. Rusjayanti, “Customer segmentation through fuzzy C-means and fuzzy RFM method,” J. Theor. Appl. Inf. Technol., 2015.

C. D. Rumiarti and I. Budi, “SEGMENTASI PELANGGAN PADA CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT DI PERUSAHAAN RITEL: STUDI KASUS PT GRAMEDIA ASRI MEDIA,” J. Sist. Inf., 2017.

A. Carissa, “PENERAPAN CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (CRM) SEBAGAI UPAYA UNTUK MENINGKATKAN LOYALITAS PELANGGAN (Studi Kasus pada Bandung Sport Distro Malang),” J. Adm. Bisnis S1 Univ. Brawijaya, 2014.

A. Payne and P. Frow, “for Customer Framework Relationship Management,” J. Mark., 2013.

D. Zheng, “Application of silence customer segmentation in securities industry based on fuzzy cluster algorithm,” J. Inf. Comput. Sci., 2013, doi: 10.12733/jics20102432.

J. Nasiri and F. M. Khiyabani, “A whale optimization algorithm (WOA) approach for clustering,” Cogent Math. Stat., vol. 5, no. 1, pp. 1–13, 2018, doi: 10.1080/25742558.2018.1483565.

P. Paduloh, T. Djatna, M. Muslich, and S. Sukardi, “Designing Model for Truck Assignment Problem in Beef Delivery Using DBSCAN Algorithm,” J. Eng. Sci. Res., vol. 1, no. 2, pp. 65–68, 2020.

Paduloh, T. Djatna, Sukardi, and Muslich, “Dynamic supplier selection strategy towards negotiation process in beef industry using K-means clustering,” IOP Conf. Ser. Earth Environ. Sci., vol. 443, no. 1, 2020, doi: 10.1088/1755-1315/443/1/012003.

P. Paduloh et al., “Analysis of Reverse Supply Chain Performance with The Supply Chain Operation Reference Method in Beef Industry,” vol. 30, no. 3, pp. 329–337, 2020, doi: 10.24961/j.tek.ind.pert.2020.30.3.290.

J. Bhimani, M. Leeser, and N. Mi, “Accelerating K-Means clustering with parallel implementations and GPU computing,” 2015 IEEE High Perform. Extrem. Comput. Conf. HPEC 2015, 2015, doi: 10.1109/HPEC.2015.7322467.

Y. S. Chen, C. H. Chen, and C. J. Lai, “Extracting performance rules of suppliers in the manufacturing industry: An empirical study,” J. Intell. Manuf., vol. 23, no. 5, pp. 2037–2045, 2012, doi: 10.1007/s10845-011-0530-8.

Hijrah, Hijrah, Mukhlizar Mukhlizar, and TM Aziz Pandria. "Perbandingan Teknik Klasifikasi Untuk Memprediksi Kualitas Kinerja Karyawan." Jurnal Optimalisasi 6.1 (2020): 10-21.

Saputra, Arie. "OPTIMALISASIPENENTUAN SUMBER PASOKAN KOPI ARABIKA GAYO MELALUI PENDEKATAN HIRARCHICALCLUSTERING DATA MINING." Jurnal Optimalisasi 1.1 (2018).




DOI: https://doi.org/10.35308/jopt.v8i1.5181

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Optimalisasi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

JOPT: Jurnal Optimalisasi Indexing and Abstracting by: