Faktor-Faktor Penyebab Kegagalan Berkembangnya Perusahaan Startup: Studi Kasus Perusahaan Makanan dan Minuman di Indonesia

Yusi Anindhita, Anggraeni Puji, Nur Adesita

Abstract


Startup adalah perusahaan yang baru didirikan sebagai organisasi pada tahap awal yang memiliki karakteristik yang berbeda dari organisasi yang matang, yang berfokus pada memonetisasi ide. Startup bidang makanan dan minuman masih menjadi salah satu bisnis yang menjanjikan, terutama di tengah perkembangan ekonomi digital. Mempertahankan bisnis makanan dan minuman tidak mudah. Presentasi jumlah kegagalan dari startup perusahaan sangatlah tinggi yaitu sekitar 90%. Faktor – faktor yang mempengaruhi dari kegagalan berkembangnya perusahaan startup diantaranya yang berpengaruh adalah faktor organisasi, produk, manusia, keuangan, pasar dan ekosistem. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengidentifikasi faktor – faktor apa saja yang membuat kegagalan berkembangnya perusahaan startup Indonesia di bidang makanan dan minuman dengan menggunakan metode penelitian secara kualitatif dan kuantitatif yaitu dengan Focus Group Discussion dan AHP. Hasil penelitian adalah nilai relative priority tertinggi didapatkan pada kelompok dari faktor kegagalan yang terpenting menurut responden adalah pada kelompok faktor keuangan sebesar 0,08068217 dengan nilai tertinggi pada kelompok faktor keuangan adalah salah menentukan harga sebesar 0,136754. Berdasarkan hasil wawancara kesalahan penentuan harga disebabkan karena terlalu murah menetapkan harga sehingga biaya operasional tidak mencukupi.

Keywords


startup; faktor kegagalan; strategi bisnis

Full Text:

PDF

References


Akter, B., & Iqbal, A. (2020). Failure Factors of Platform Start-ups: A Systematic Literature Review. Nordic Journal of Media Management Issue, 1(3), 433–459. https://doi.org/10.5278/njmm.2597-0445.6090

Aminova, M., & Marchi, E. (2021). The Role of Innovation on Start-Up Failure vs. its Success. International Journal of Business Ethics and Governance, 41–72. https://doi.org/10.51325/ijbeg.v4i1.60

Bednár, I. R., & Tarišková, I. N. (2018). Indicators of startup failure. International Scientific Journal “Industry 4.0,” 5(December 2017), 238–240.

Cantamessa, M., Gatteschi, V., Perboli, G., & Rosano, M. (2018). Startups’ roads to failure. Sustainability (Switzerland), 10(7), 1–19. https://doi.org/10.3390/su10072346

Dalmarco, G., Maehler, A. E., Trevisan, M., & Schiavini, J. M. (2017). The use of knowledge management practices by Brazilian startup companies. RAI Revista de Administração e Inovação, 14(3), 226–234. https://doi.org/10.1016/j.rai.2017.05.005

B. Gurel, I.U Sari, “Strategic Planning for Sustainability in a StartUp Company: A Case Study on Human Resources Consulting Firm, European Journal of sustainable Development, vol. 4, no 2, pp.313- 322, 2015

Hart, M. A. (2012). The Lean Startup: How Today’s Entrepreneurs Use Continuous Innovation to Create Radically Successful Businesses Eric Ries. New York: Crown Business, 2011. 320 pages. US$26.00. In Journal of Product Innovation Management (Vol. 29, Issue 3). https://doi.org/10.1111/j.1540-5885.2012.00920_2.x

Hummel, J.M., Bridges, J.F.P., IJzerman, M.J., 2014. Group decision making with the analytic hierarchy process in benefit-risk assessment: a tutorial. Patient. Springe Int. Publ. https://doi.org/10.1007/s40271-014-0050-7

Kalyanasundaram, G. (2018). Why Do Startups Fail? A Case Study Based Empirical Analysis in Bangalore. Asian Journal of Innovation and Policy, 7(1), 79–102. https://doi.org/10.7545/ajip.2018.7.1.079

Kayikci, Y., Demir, S., Mangla, S. K., Subramanian, N., & Koc, B. (2022). Data-driven optimal dynamic pricing strategy for reducing perishable food waste at retailers. Journal of Cleaner Production, 344(August 2021), 131068. https://doi.org/10.1016/j.jclepro.2022.131068

Krishna, A., Agrawal, A., & Choudhary, A. (2016, December). Predicting the outcome of startups: less failure, more success. In 2016 IEEE 16th International Conference on Data Mining Workshops (ICDMW) (pp. 798-805). IEEE. https://doi.org/10.1109/ICDMW.2016.0118

Nurcahyo, R., & Gabriel, D. S. (2018). fashion startup companies Characteristics of Startup Company and Its Strategy : Analysis of Indonesia Fashion Startup Companies. January. https://doi.org/10.14419/ijet.v7i2.34.13908

Papapostolou, A., Karakosta, C., Apostolidis, G., & Doukas, H. (2020). An AHP-SWOT-fuzzy TOPSIS approach for achieving a cross-border RES cooperation. Sustainability,12(7), 2886. https://doi.org/10.3390/su12072886

Patel N. (2015). 90% of startups fail: here's what you need to know about the 10%. Forbes. https://doi.org/10.1097/01.NME.0000457290.69959.78

R.R dos Santos, F.J.C de melo Melo, C.N de Queiroz Claudino, D.D de Medeiros, “Model for formulating competitive strategy: the supplementary health sector case”, “Model for formulating competitive strategy: the supplementary health sector case”, Benchmarking: An International Journal, Vol. 24, No. 1, pp 219-243, 2017

S. Stubner, T. Wulf, H. Hungenberg, “Management Support and the Performance of Entrepreneurial Start-Ups – An Empirical Analysis Of Newly Founded Companies in Germany”, Management Support, vol. 59, pp. 138-159, April 2000




DOI: https://doi.org/10.35308/jopt.v8i2.5697

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Optimalisasi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

JOPT: Jurnal Optimalisasi Indexing and Abstracting by: