Pengendalian Oil Losses pada Titik Losses Crude Palm Oil dengan Metode Statistical Process Control di PT. Ujong Neubok Dalam

Rita Hartati, Marlinda Marlinda, Yusi Hidjrawan, Rahmi Puspita

Abstract


Perusahaan selalu mengutamakan kualitas dan mengoptimalkan jumlah rendemen Crude Palm Oil (CPO), salah satu sistem manajemen yang diterapkan untuk mendapatkan jumlah rendemen optimal adalah menekan terjadinya kehilangan minyak (Oil losses) pada saat proses produksi. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui tingkat dan penyebab terjadinya Oil losses pada titik losses di PT. Ujong Neubok Dalam menggunakan metode Statistical Process Control (SPC).Kehilangan minyak (Oil losses) PKS PT Ujong Neubok Dalam biasanya terjadi pada 4 (empat) titik/stasiun yang berperan penting dalam proses pengolahan CPO yaitu: pada stasiun thresher minyak yang terikut janjangan kosong (empty bunch), stasiun press minyak yang terikut pada ampas press (fibre press), stasiun clarification minyak yang ada di pembuangan sludge centrifuge, dan finnal effluen (sisa pembuangan pabrik/limbah). Dari titik lokasi terjadinya Oil losses tersebut, perusahaan memberikan standar atau batasan maksimal kehilangan (Oil losses), fibre press (3,5%), empty bunch (2,5%), sludge centrifuge (1%), dan finnal effluen (0,8%).

Keywords


Rendemen CPO; Oil Losses; SPC

Full Text:

PDF

References


Pasaribu, Nurhida. Minyak Buah Kelapa Sawit. Jurusan Kimia Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Sumatera Utara. 2004

Devani, Vera dan Marwiji. Analisis Kehilangan Minyak pada Crude Palm Oil (CPO) dengan Menggunakan Metode Statistical Process Control. Jurnal Ilmiah Teknik Industri. Pekan baru: UIN Sultan Syarif Kasim. 2014. 13-1

Zakaria, Putra Rizky. Perbaikan Mesin Digester dan Press untuk Menurunkan Oil Losses di Stasiun Press dengan Metode PDCA. Jurnal PASTI. Agribisnis Kelapa Sawit: Medan. 2012. 8-2.

Heizer, Jay & Render, Barry. Operations Management-Manajemen Operasi. Edisi 11. Jakarta: Salemba Empat. 2013.

Harisandi, H. Pengaruh Waktu, Temperatur dan Tekanan terhadap Kehilangan Minyak pada Air Kondensat Dan Tandan Kosong Di Pabrik Kelapa Sawit PTPN III Kebun Rambutan Tebing Tinggi [Skripsi]. Universitas Sumatera Utara: Medan. 2009.

Zagloel, T.Y.M.; dan Nurcahyo, R.TQM Manajemen Kualitas Total dalam Perspektif Teknik Industri. Jakarta: PT. Indeks.

Montgomery, D. C. Introduction to Statistical Quality Control. New York: John Wiley & Sons Inc. 2008.

Heizer, Jay dan Barry Render. Manajemen Operasi. Buku 1 Edisi 9. Jakarta: Salemba Empat. 2009.

Adnan, Septian Rahmat, et al. "Pengendalian Kualitas Produk Komponen Foxing pada Departemen Moulding di PT. Agung Pelita Menggunakan Metode Statistical Process Control (SPC)." Jurnal Optimalisasi 7.2 (2021): 153-163.

Pamungkas, Iing, Heri Tri Irawan, and Lian Arkanullah. "Implementasi Statistical Process Control Untuk Pengendalian Kualitas Garam Tradisional Di Kabupaten Pidie." Jurnal Optimalisasi 4.2 (2020): 108-118.

Putra, Gaustama, and Rofi Rosalinda. "Analisis Ukuran Batubara Menggunakan Metode Statistical Quality Control di PT. Mifa Bersaudara." Jurnal Optimalisasi 6.1 (2020): 47-55.

Akmal, Abdiel Khaleil, et al. "Pengendalian Kualitas Produk Paving Block untuk Meminimalkan Cacat Menggunakan Six Sigma pada UD. Meurah Mulia." Jurnal Optimalisasi 7.2 (2021): 236-248.

Sofiyanurriyanti, Sofiyanurriyanti, and Mahasin Maulana Ahmad. "PENERAPAN METODE SIX SIGMA (DMAIC) PADA UMKM KERUDUNG DI DESA SUKOWATI BUNGAH GRESIK." Jurnal Optimalisasi 5.2 (2019): 121-127.

Muzakir, Muzakir. "Analisis Pengendalian Kualitas (Quality Contol) Produk Roti Menggunakan Alat Bantu Statistik." Jurnal Optimalisasi 1.1 (2018).

Pamungkas, I., & Iskandar, I. (2022). Defect Analysis for Quality Improvement in Fishing Boat Manufacturing Processes through the Integration of FMECA and Fishbone: A Case Study. International Journal of Innovative Science and Research Technology, 7(7), 181-188. https://doi.org/10.5281/zenodo.6902249.

Qonita, Najiyatul, Deny Andesta, and Hidayat Hidayat. "Pengendalian Kualitas Menggunakan Metode Statistical Quality Control (SQC) pada Produk Kerupuk Ikan UD. Zahra Barokah." Jurnal Optimalisasi 8.1 (2022): 67-75.

Fitriadi, Fitriadi. "Pengendalian Kualitas Air Pada Perusahaan Daerah Air Minum Tirta Meulaboh Untuk Meningkatkan Layanan Kepada Masyarakat." Jurnal Optimalisasi 1.1 (2018).

Mukhlizar, Mukhlizar, and Muzakir Muzakir. "PERENCANAAN PENGENDALIAN KUALITAS BATU BATA DENGAN MENGGUNAKAN METODE SIX SIGMA PADA UD. X." Jurnal Optimalisasi 2.2 (2016).

Putra, Gaustama. "Analisis Ukuran Pori Biokomposit [Sericin-Bioplastik] Pada Berbagai Pembekuan Dengan Metode Taguchi." Jurnal Optimalisasi 3.5 (2018).




DOI: https://doi.org/10.35308/jopt.v8i2.6220

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Optimalisasi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

JOPT: Jurnal Optimalisasi Indexing and Abstracting by: