Redesain Kemasan Produk Keripik Manggleng dengan Quality Function Deployment (QFD) dan Value Engineering
Abstract
Poetra Roti merupakan UMKM yang terus berkembang pesat yang menciptakan inovasi produk dengan memanfaatkan bahan baku lokal. Saat ini Poetra Roti telah memproduksi 26 jenis makanan. Menurut pemilik UMKM, produk keripik manggleng merupakan produk yang kurang laku karena sepi peminat dan terdapat kompetitor yang menjual produk sejenis. mengindikasikan perlu adanya perbaikan untuk meningkatkan penjualan keripik manggleng. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan karakteristik teknis yang diprioritaskan menggunakan House of Quality (HoQ) dan menentukan nilai terbaik menggunakan metode Value Engineering dalam merancang ulang kemasan produk keripik manggleng. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu Quality Function Deployment dan Value Engineering. Metode QFD dapat mengetahui atribut kebutuhan konsumen (whats) untuk merancang respon teknis (hows). Selain itu, metode QFD dapat mengubungkan spesifikasi produk dengan kebutuhan pasar. Hasil dari Metode QFD yaitu didapatkan 18 atribut kebutuhan konsumen dan 12 respon teknis. Kemudian pada metode Value Engineering menggunakan analisis fungsi dari nilai yang dapat mengendalikan biaya tanpa mengurangi kualitas, estetika dan reabilitas yang diharapkan konsumen. Hasil dari metode VE yaitu dibuat 2 rancangan alternatif dan dipilih dengan alternatif dengan nilai value tertinggi yaitu alternatif A1 (A3B2C1D2E2F1) dengan value sebesar 0,937, nilai performansi 25,844 dan biaya sebesar Rp. 3370. Kepuasan konsumen dinilai meningkat secara signifikan dengan presentase tertinggi sebesar 110,5%.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
E. E. K. Sekali, N. M. Wartini, and L. Suhendra, “Karakteristik Ekstrak Aseton Pewarna Alami Daun Singkong (Manihot Esculenta C.) pada Perlakuan Ukuran Partikel Bahan dan Lama Maserasi,” J. Ilm. Teknol. Pertan. Agrotechno, vol. 5, no. 2, p. 49, 2020, doi: 10.24843/jitpa.2020.v05.i02.p02.
D. J. T. Pangan, “Banjarnegara Siap Bangkitkan Lagi Pengembangan Ubi Kayu.” [Online]. Available: https://tanamanpangan.pertanian.go.id/detil-konten/berita/384
S. Muntahanah and F. Zuhaena, “Metode pendekatan yang dilakukan dalam kegiatan pengabdian pada masyarakat pada UMKM Manggleng Dabakir adalah pendampingan langsung dengan memberikan coaching dan mentoring tentang kinerja produksi , teknik managerial , dan pemasaran yang baik , pengemban,” vol. 02, no. 01, pp. 30–35, 2023, doi: 10.56681/wikuacitya.v2i1.63.
P. S. A. Gandhani, R. A. Wandira, I. Rosiyanti, P. Wulandari, W. Princessa, and M. Aminudin, “Inovasi Packaging dan Marketing Produk UMKM Menggleng,” pp. 1–8, 2022.
Karya Kreatif Indonesia, “Poetra Roti.” [Online]. Available: https://prod-2023.karyakreatifindonesia.co.id/en/umkm/poetra-roti
I. B. Suryaningrat, N. S. Mahardika, and M. E. Firlanarosa, “Desain Kemasan Sekunder pada Produk Prol Tape dengan Metode Quality Function Deployment (QFD) (Studi Kasus di UD. Purnama Jati, Kabupaten Jember),” J. Agroteknologi, vol. 15, no. 01, p. 11, 2021, doi: 10.19184/j-agt.v15i01.20624.
M. I. Darmawan, M. Kiptiah, A. G. Ilmannafian, and M. Safitri, “Pengembangan Atribut Produk keripik Singkong Menggunakan Metode Value Engineering Berbasis Customer Oriented,” vol. 31, no. 52, pp. 70–77, 2021.
A. L. Septiyadi and I. M. B. Dirgantara, “Pengaruh Atribut Kemasan (Packaging) Terhadap Minat Beli Konsumen pada Produk Kosmetik Emina,” vol. 10, pp. 1–14, 2021.
T. Wicaksono, M. B. Hossain, and C. B. Illés, “Prioritizing business quality improvement of fresh agri-food smes through open innovation to survive the pandemic: A qfd-based model,” J. Open Innov. Technol. Mark. Complex., vol. 7, no. 2, 2021, doi: 10.3390/joitmc7020156.
J. Prasetiyo, F. Debora, M. Pupung, and A. Widodo, “Perbaikan Desain Kemasan Makanan Ringan Menggunakan Metode Quality Function Deployment (QFD),” J. Optim., vol. 8, no. 1, p. 96, 2022, doi: 10.35308/jopt.v8i1.5334.
S. Nugroho, P. Darminto, and G. Andika, “Aplikasi Value Engineering untuk Mengatasi Value Problem Produk Foodcart Studi Kasus di Master Gerobak,” 2018.
W. Gulo, Metodologi Penelitian. 2010.
H. Ponda, N. F. Fatma, and N. Kadir, “Penerapan Metode Quality Function Deployment (Qfd) Dalam Pengembangan Produk Body Mist (Studi Kasus Perusahaan Parfum),” Heuristic, pp. 97–118, 2021, doi: 10.30996/heuristic.v18i2.6161.
E. Utami, “Perancangan Desain kemasan Produk Olahan Coklat ‘Cokadol’ dengan Metode Quality Function Deployment,” vol. 5, no. 2, pp. 91–100, 2018.
A. Amri, F. Fatimah, and K. Inda, “Rancangan Kemasan Camilan Akar Kelapa Pada Ud. Angsa Dua Dengan Mengunakan Metode Value Engineering,” Ind. Eng. J., vol. 10, no. 2, 2021, doi: 10.53912/iej.v10i2.677.
I. Betanursanti and K. Maldini, “Desain kemasan jamur crispy mbah man snack menggunakan metode Value Engineering (ve),” vol. 1, no. 1, pp. 26–36, 2022.
K. N. Salsabila, B. Suhardi, and I. Iftadi, “Re-Desain Kemasan Produk UMKM Rengginang Minilo dengan Menggunakan Quality Function Deployment (QFD),” Performa Media Ilm. Tek. Ind., vol. 22, no. 2, p. 122, 2023, doi: 10.20961/performa.22.2.80688.
A. Nalhadi, B. Subentar, and S. Supriyadi, “Perancangan Kemasan Produk Kue Gipang Pangrih Menggunakan Metode Quality Function Deployment,” JiTEKH, vol. 10, no. 2, pp. 52–59, 2022, doi: 10.35447/jitekh.v10i2.560.
I. M. Kartini et al., “Perancangan Desain Kemasan Black Garlic Honey dengan Metode Quality Function Deployment ( QFD ),” vol. 17, no. 1, pp. 1–10, 2023, doi: 10.24198/jt.vol17n1.1.
K. R. Amaliah and Z. Zulkarnain, “Pengembangan kemasan permen rumput laut dengan metode Value Engineering (Studi kasus: UMKM Pondok Cafe),” J. Ind. Serv., vol. 7, no. 2, p. 211, 2022, doi: 10.36055/jiss.v7i2.13248.
A. Alfirmansyah, K. Hidayat, and M. Fahkry, “Product Development of Boran Rice Seasoning Using the Value Engineering Method,” vol. 6, no. 1, pp. 60–71, 2022.
Copyright (c) 2024 Jurnal Optimalisasi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
JOPT: Jurnal Optimalisasi Indexing and Abstracting by: