Analisis Perilaku Masyarakat Terhadap Dampak Merkuri Untuk Kesehatan di Gampong Cot Trap Kecamatan Teunom Kabupaten Aceh Jaya Tahun 2014

Edaniati Edaniati, Fitriani Fitriani

Abstract


Penggunaan merkuri oleh masyarakat sangat berdampak negatif bagi kesehatan, diantaranya dapat menganggu sistem saraf, ginjal, pernapasan bahkan dapat mengakibatkan kanker. Hasil pemeriksaan merkuri pada air di Kabupaten Aceh Jaya yang telah melalui uji laboratorium adalah di Kecamatan Teunom sebesar 81% air tercemar oleh merkuri, Kecamatan Panga sebesar 83% air tercemar oleh merkuri, Kecamatan Krueng Sabe sebesar 39% air tercemar oleh merkuri, Kecamatan Setia Bakti sebesar 89% air tercemar oleh merkuri dan Kecamatan Sampoinet sebesar 64% air tercemar oleh merkuri. Penelitian ini bersifat analitik dengan pendekatan Crosssectional. Penelitian ini dilakukan di desa Cot Trap Kecamatan Teunom Kabupaten Aceh Jaya pada bulan Desember 2014, dengan populasi ± 171 KK responden dan sampel 63 KK dengan menggunakan analisis univariat dan bivariat dengan menggunakan uji chi-square.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa dari hasil penelitian yaitu : hasil uji chi-square (PValue pengetahuan (0,000) < α (0,05), PValue sikap (0,011) < α (0,05), dan PValue tindakan (0,001) < α (0,05), artinya terdapatnya hubungan yang signifikan antara dampak merkuri untuk kesehatan di desa Cot Trap Kecamatan Teunom Kabupaten Aceh Jaya tahun 2014. Disarankan Kepada pemerintah Kabupaten Aceh Jaya diharapkan lebih berperan aktif dalam penertiban penggunaan merkuri dan memberikan penyuluhan-penyuluhan tentang bahaya penggunaan merkuri dan kepada Dinas Kesehatan diharapkan agar dapat melakukan pengujian laboratorium dengan lebih teliti terhadap pencemaran air di Kecamatan Teunom agar air yang tercemar merkuri dapat cepat teratasi sehingga tidak meresahkan masyarakat.


Keywords


Pengetahuan; Sikap; Tindakan dan Dampak Merkuri

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35308/j-kesmas.v2i2.1097

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




p-ISSN 2355-0643
e-ISSN 2355-0988

Managed by Fakultas Kesehatan Masyarakat
Published by Universitas Teuku Umar
Website : http://jurnal.utu.ac.id/jkesmas
Email    : jkemas@utu.ac.id

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.