Hubungan Mutasi Kerja Dengan Cakupan Pelayanan Kesehatan di Puskesmas Beutong Kecamatan Beutong Kabupaten Nagan Raya Tahun 2014

Aida Yuddin, Muhammad Iqbal Fahlevi

Abstract


Mutasi tidak terlepas dari alasan untuk mengurangi rasa bosan pegawai kepada pekerjaan serta meningkatkan motivasi dan semangat kerja pegawai, selain itu untuk memenuhi keinginan pegawai sesuai dengan minat dan bidang masing-masing. Indikator turunnya semangat kerja antara lain rendahnya produktivitas, tingkat absensi pegawai tinggi, dan gaji rendah. Maka mempengaruhi semangat kerja pegawai pada suatu organisasi. Tujuan penelitian untuk mengetahui hubungan mutasi dengan cakupan pelayanan kesehatan pada Puskesmas Beutong Kecamatan Beutong Kabupaten Nagan Raya. Penelitian dilakukan pada tanggal 12 s/d 22 November tahun 2014. Desain penelitian adalah survey Analitik dengan pendekatan cross sectional. Terdiri dari variabel independen yaitu mutasi dan variabel dependen yaitu cakupan pelayanan kesehatan. Pengambilan sampel menggunakan teknik Total sampling. Pengumpulan data diperoleh dari data primer melalui kuesioner dan data sekunder melalui data Puskesmas Beutong. Analisa data menggunakan uji statistik Chi square.
Berdasarkan hasil penelitian dengan sampel 19 responden yang diwawancarai, 9 responden (47,4%) menyatakan tidak dilakukan mutasi dan cakupan pelayanan kesehatannya tidak tercapai. Sedangkan 37 responden yang menyatakan ya dilakukan mutasi sebanyak 34 responden (19,9) serta cakupan pelayanan kesehatannya tercapai. Dari hasil perhitungan Chi Square pada derajat kepercayaan 95 % (ά=0,05) diketahui bahwa nilai p value adalah (0,001) < ά (0,05). Maka Ha gagal ditolak sehingga ada hubungan antara mutasi dengan cakupan pelayanan kesehatan. Diharapkan kepada Kepala Puskesmas Beutong untuk memperhatikan keinginan dan kemauan bekerja seseorang yang mempunyai tujuan tertentu yang ingin dicapai. Diharapkan kepada seluruh pegawai di Puskesmas Beutong berfikir secara positif terhadap kebijakan mutasi yang diterapkan oleh kepala Puskemas Beutong.


Keywords


Mutasi; Pegawai; Motivasi; Pelayanan Kesehatan

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35308/j-kesmas.v2i2.1098

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




p-ISSN 2355-0643
e-ISSN 2355-0988

Managed by Fakultas Kesehatan Masyarakat
Published by Universitas Teuku Umar
Website : http://jurnal.utu.ac.id/jkesmas
Email    : jkemas@utu.ac.id

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.