Hubungan Perilaku Remaja Putri Terhadap Pemeriksaan Payudara Sendiri (Sadari) di SMU Negeri 1 Kelas III Manggeng Kabupaten Aceh Barat Daya

Murnita Murnita, Firman Parlindungan

Abstract


Pemeriksaan Payudara Sendiri (SADARI) adalah salah satu langkah deteksi dini untuk mencegah terjadinya kanker payudara. Dari 10 siswi yang diwawancarai tidak ada satupun yang mengetahui tentang SADARI. Ada 2 siswi yang mempunyai benjolan pada payudaranya. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui hubungan Perilaku Remaja Putri Terhadap Pemerikasaan (SADARI). Penelitian ini bersifat Analitik dengan desain cross sectional study, pengumpulan data mulai 21 oktober sampai dengan 1 november 2014 di SMU Negeri 1 Kelas III Manggeng Kabupaten Aceh Barat Daya. Populasi penelitian seluruh siswi kelas III 125 orang dengan sampel 56 siswi yang diambil dengan metode random sampling. Uji statistik menggunakan Chi-square pada tarap signifikan 95%.

Hasil Penelitian menunjukkan adanya hubungan antara pengetahuan terhadap Pemeriksaan dimana P-Value 0,01 yang berarti lebih kecil dari 0,05 ada hubungan antara sikap terhadap Pemeriksaan dengan P-Value 0,27 berarti lebih besar dari 0,05 tidak ada hubungan antara tindakan remaja putri terhadap Pemeriksaan dimana P-Value 0,02 yang berarti lebih kecil dari 0,05. Kesimpulannya ada hubungan pengetahuan terhadap Pemeriksaan maka hipotesis diterima, tidak ada hubungan antara sikap dengan Pemeriksaan maka hipotesis tidak diterima, ada hubungan tindakan terhadap Pemeriksaan maka hipotesis diterima. Penulis menyarakan bagi Dinas Kesehatan Aceh Barat Daya dapat memberikan penyuluhan kesekolah-sekolah agar siswi mendapat pengetahuan tentang kesehatan payudaranya, sehingga siswi dapat bertindak sesuai pemahamannya. Untuk Remaja Putri dapat meningkatkan pengetahuan dan menentukan sikap dengan melakukan pemeriksaan (SADARI) secara lebih dini. Diharapkan bagi pihak sekolah agar bekerja sama dengan petugas kesehatan untuk melaksanakan pendidikan/penyuluhan kesehatan di sekolah khususnya remaja putri untuk melakukan Pemeriksaan (SADARI).


Keywords


Pengetahuan; Sikap; Tindakan; Pemeriksaan Payudara Sendiri

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35308/j-kesmas.v2i2.1134

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




p-ISSN 2355-0643
e-ISSN 2355-0988

Managed by Fakultas Kesehatan Masyarakat
Published by Universitas Teuku Umar
Website : http://jurnal.utu.ac.id/jkesmas
Email    : jkemas@utu.ac.id

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.