Evaluasi Penerapan Kawasan Tanpa Rokok Melalui Peran Dinas Kesehatan

Yarmaliza Yarmaliza, Teungku Nih Farisni

Abstract


Kebiasaan merokok sudah mengakar dalam kehidupan masyarakat Aceh Barat dan merupakan kebiasaan yang dapat merugikan kesehatan. Berbagai macam penyakit kanker dapat menjadi resiko bagi perokok aktif maupun pasif. Dengan adanya program Kawasan Tanpa Rokok yang diupayakan oleh Dinas Kesehatan Aceh Barat berupaya mengurangi kebiasaan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis rencana kebijakan pemerintah Aceh Barat, upaya yang dilakukan oleh Dinas Kesehatan, serta proses pembentukan Qanun tentang kawasan tanpa rokok yang telah diajukan Dinas Kesehatan Aceh Barat ke Bagian Hukum Setdakab Aceh Barat. Penelitian ini bersifat kualitatif, dengan pendekatan wawancara mendalam (in-depth interview) pada informan melalui teknik purposive sampling. Hasil penelitian menyatakan bahwa draft usulan Qanun tentang Kawasan Tanpa Rokok sudah dalam tahapan Program Legislasi (Proleg) yang akan dibahas pada tahun 2015 di DPRK Aceh Barat antara Badan Eksekutif dan Badan Legislatif mengenai isi dan ketentuan yang terkait dalam draft tersebut untuk diupayakan menjadi Rancangan Qanun, selanjutnya pihak Eksekutif membahas draft tersebut bersama lintas sektor terkait penyempurnaan draft tersebut sebelum diajukan ke DPRK yang akan dibahas dalam rapat paripurna untuk dijadikan Qanun. Selanjutnya draft Qanun dibawa ke tingkat Provinsi untuk diverifikasi dan kemudian ditandatangani oleh Bupati Aceh Barat atas persetujuan DPRK yang akhirnya produk hukum mengenai peraturan kawasan tanpa rokok tersebut bisa diimplementasikan. Bila rancangan qanun tersebut disahkan, maka diharapkan agar Pemerintah secara konsisten untuk melaksanakan qanun tersebut. Diharapkan untuk Dinas Kesehatan Aceh Barat terus melakukan sosialisasi yang bersinergi antara Legislatif dan Eksekutif sehingga lancar dalam pembahasan dengan waktu yang tidak lama, sehingga dapat diimplementasikan kepada masyarakat Aceh Barat.


Keywords


Kebijakan; Kawasan Tanpa Rokok

Full Text:

PDF

References


Adian, Donny Gahrial. 2010. Pengantar Fenomenologi. Depok: Koekoesan.

Astawa, I Gede Pantja, dan Na’a, Suprian. 2008. Dinamika Hukum dan Ilmu Perundang-undangan di Indonesia. Bandung: Alumni.

Badan Penelitian Dan Pengembangan Kesehatan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. 2010. Kerugian ekonomi akibat rokok.

Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan. 2012. Fakta mengenai lima jenis penyakit terbanyak terkait rokok.

Badan Penelitian Dan Pengembangan Kesehatan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. 2013. Hasil Riset Kesehatan Dasar 2013.

Crofton, J. and Simpson, D. 2009. Tembakau: Ancaman Global. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Departemen Pendidikan Nasional. 2005. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Edisi ke-3. Jakarta: Balai Pustaka.

Dunn, William. 2003. Pengantar Analisis Kebijakan Publik. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. 2012. Factsheet Pengendalian Masalah Kesehatan Akibat Tembakau.

Moleong, L. J. 2004. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: IKAPI.

Parsons, Wayne. 2006. Public Policy: Pengantar Teori dan Praktik Analisis Kebijakan. Jakarta: Kencana.

Peraturan Pemerintah (PP) No.109 tahun 2012 tentang pengamanan bahan yang mengandung zat adiktif berupa produk tembakau bagi kesehatan.




DOI: https://doi.org/10.35308/j-kesmas.v5i1.1138

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




p-ISSN 2355-0643
e-ISSN 2355-0988

Managed by Fakultas Kesehatan Masyarakat
Published by Universitas Teuku Umar
Website : http://jurnal.utu.ac.id/jkesmas
Email    : jkemas@utu.ac.id

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.