Implementasi Pos Kesehatan Desa Di Gampong Ladang Tuha I Kecamatan Lembah Sabil Kabupaten Aceh Barat Daya

Safrizal Safrizal, Lena Auliana

Abstract


Pos Kesehatan Desa merupakan suatu usaha pemerintah dalam meningkatkan derajat kesehatan di Indonesia, dengan adanya poskesdes maka seluruh masyarakat dapat mengakses tempat pelayanan kesehatan dengan cepat dan mendapatkan pelayanan kesehatan yang dibutuhkan. Kunjungan diposkesdes terus menurun yaitu pada tahun 2014 terdapat 340 kunjungan, pada tahun 2015 berjumlah 210 kunjungan dan menurun kembali pada tahun 2016 berjumlah 99 kunjungan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan bagaimana implementasi pos kesehatan desa di Gampong Ladang Tuha I Kecamatan Lembah Sabil Kabupaten Aceh Barat Daya Tahun 2017. Jenis penelitian adalah kualitatif dengan pendekatan fenomenologi.Lokasi Penelitian di Gampong Ladang Tuha I pada tanggal 23 juli-8 agustus 2017. Informan dalam penelitian berjumlah 6 yaitu Bidan Desa, Bidan Koordinator, Kader, Kepala Puskesmas dan Geuchik yang diambil dengan menggunakan cara porpusive sampling. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa , tenaga kesehatan telah banyak melakukan upaya, namun hanya dari sebelah pihak karena kurangnya pemahaman masyarakat, kurang memadai fasilitas yang ada, bangunan poskesdes yang bocor, tidak adanya dana dari gampong, serta sering terjadi ketidaktersediaan obat, dan banyak kendala yang terjadi karena kurangnya keterlibatan masyarakat dan aparatur gampong dalam segala pelaksanaan program yang ada diposkesdes. Disimpulkan bahwa implementasi poskesdes di Gampong Ladang Tuha I belum memadai.sebaiknya pihak Puskesmas terus meningkatkan sosialisasi agar masyarakat dapat bersifat aktif, diharapkan kepada masyarakat agar lebih terlibat dengan tenaga kesehatan dalam implementasi poskesdes sehingga implementasi poskesdes dapat berjalan seperti yang diharapkan.


Keywords


Komunikasi; sumberdaya; struktur birokrasi; implementasi Poskesdes

Full Text:

PDF

References


Abdus, Muhammad. 2012. Partisipasi Masyarakat Dalam Pelaksanaan Desa Siaga Di Desa Tumbukan Banyu Kecamatan Daha Selatan Kabupaten Hulu Sungai Selatan Propinsi Kalimantan Selatan. Jurnal Kesmas.

Arzaq,Muhammad. Y. 2012. Partisipasi Masyarakat Dalam Progam Desa Dan Kelurahan Siaga Aktif Di Desa Suci Kecamatan Manyar Kabupaten Gresik.

Kemenkes. 2010. Pedoman Umum Pengembangan Desa Dan Kelurahan Siaga Aktif, Jakarta.

------------, 2010. Petunjuk Teknis Perhitungan Biaya Pengembangan desa Dan Kelurahan Siaga aktif, Jakarta.

------------, 2010. Petunjuk Teknis Pengembangan Dan Penyelenggaraan Pos Kesehatan Desa Poskesdes, Jakarta

Ridwan, Muhammad. 2015. Evaluasi Pelaksanaan Kegiatan Promotif Pos Kesehatan Desa ( Poskesdes ) Dari Desa Siaga, Kecamatan Rimbo Bujang , Kabupaten Tebo Jambi. Penelitian Universitas Jambi Seri Sains Vol 17: hal 42-54.

Sulaeman, Endang. S., B. Murti, Et Al.2015. Peran Kepemimpinan, Modal Sosial, Akses Informasi Serta Petugas Dan Fasilitator Kesehatan Dalam Pemberdayaan Masyarakat Bidang Kesehatan. Jurnal Kesehatan Masyakat Nasional. Vol 9.

Ilyas, Muhammad. 2017. Faktor- Fakor Yang Mempengaruhi Implementasi Kepmenkes No.1087/Menkes/Sk/Viii/2010 Tentang Keselamatan Dan Kesehatan Kerja Di Rumah Sakit.Vol.2 ISSN 2502- 2032.

Wisakti Daru. 2010. Implementasi Kebijakan Alokasi Dana Desa Di Wilayah Kecamatan Geyer Kabupaten Grobogan. Jurnal Ilmu Administrasi. ISSN 2338-7637

Wulansari, Titi. 2015. Studi Deskriptif Implementasi Program Posyandu Lanju Usia Di Rw IV Kelurahan Tanah Kali Kedinding Kecamatan Kenjeran Surabaya. Jurnal Kebijakan Dan Manajemen Publik Vol3. ISSN2303-341x




DOI: https://doi.org/10.35308/j-kesmas.v6i1.1155

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




p-ISSN 2355-0643
e-ISSN 2355-0988

Managed by Fakultas Kesehatan Masyarakat
Published by Universitas Teuku Umar
Website : http://jurnal.utu.ac.id/jkesmas
Email    : jkemas@utu.ac.id

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.