Analisis Beban Kerja Operator pada Stasiun Boiler Menggunakan Cardiovascular Load (CVL) (Studi Kasus: PT. Socfindo Indonesia Perkebunan Seunagan)

Josua Samosir, Sofiyanurriyanti Sofiyanurriyanti

Abstract


PT. Socfindo Indonesia Perkebunan Seunagan merupakan perusahaan yang bergerak dibidang produksi Crude Palm Oil (CPO) dan Inti sawit (biji kernel). Di perusahaan sering terjadi nya stem naik turun saat produksi dimulai yang dimana bahan bakar boiler harus diisi setiap 5 menit sekali. Penelitian ini dilakukan di stasiun boiler yang memiliki 5 operator. Penelitian ini dilakukan selama 6 hari kerja dengan pengamatan selama 7 jam kerja per hari dan data yang akan diambil yaitu denyut nadi operator sebelum mulai kerja, setelah mulai kerja, istirahat kerja dan sesudah selesai kerja. Beban kerja yang di ukur adalah beban kerja fisik. Beban kerja fisik diukur menggunakan cardiovascular load (CVL). Adapun hasil dari persentase cardiovascular load (% CVL) yang diterima setiap operator di stasiun boiler dalam perhitungan %CVL terhadap operator di stasiun boiler diatas, 3 operator di stasiun boiler yaitu Halim Bako, Wito dan Edi Sanjaya mengalami beban kerja fisik yang termasuk dalam kategori tidak terjadi kelelahan pada operator sedangkan 2 operator lainnya yaitu Suroto dan dedi freato mengalami beban kerja fisik yang termasuk dalam kategori memerlukan perbaikan dengan nilai yang didapat yaitu 33.14% (CVL 30% s/d < 60%) dan 31.15%  (CVL 30% s/d <60%).


Keywords


Operator Boiler; Beban Kerja; Cardiovascular Load

Full Text:

PDF

References


Alfonso, Ignatius Erick, Lamto Widodo, and I. Wayan Sukania. "Analisa Beban Kerja Fisik Dan Mental Untuk Menentukan Jumlah Pekerja Opitmal Di PT X." Jurnal Mitra Teknik Industri, Vol.1, No.1, April 2022.

Diniaty, D. D. “Analisis Beban Kerja Fisik dan Mental Karyawan di Lantai Produksi pada PT Pesona Laut Kuning. SITEKIN”. Jurnal Sains, Teknologi dan Industri, Vol. 13,No.2, hal 203-210, Juni 2016.

Grandjean, E. Fitting the Task to the Man 4th edition. Taylor & Francis Inc. London. 1993.

Herianto, Kesehatan Kerja. Jakarta: Buku kedokteran EGC, 2010.

Hima, A. F., & Umami, M. K. “Evaluasi Beban Kerja Operator Mesin pada Departemen Log and Veeeneer Preparation di PT. XYZ”. Teknik dan Manajemen Industri, Vol. 6, No. 2, 106-113, Desember 2011.

Handika, F. S., & Yuslistyari, E. I. “Analisis Beban Kerja Fisik Dan Mental Operator Produksi Di Pd. Mitra Sari,” Jurnal Intent: Jurnal Industri Dan Teknologi Terpadu, Vol 3. No. 2, hal, 82-89, Agustus 2020.

Manuaba, A. “Penerapan Ergonomi Meningkatkan Produktivitas”. Makalah. Denpasar: Bagian Ilmu Faal Fakultas Kedokteran Universitas Udayana, 2000.

Mutia, M. “Pengukuran Beban Kerja Fisiologis dan Psikologis pada Operator Pemetikan Teh dan Operator Produksi Teh Hijau di PT. Mitra Kerinci. Jurnal Optimasi Sistem Industri, Vol. 13 no. 1, hal, 503-517, April 2014.

Oesman, T, Intervensi Ergonomi Pada Proses Stamping Part Body Component Meningkatkan Kualitas Dan Kepuasan Kerja Serta Efisiensi Waktu di Divisi Stamping Plant. PT ADM JAKARTA, Jakarta, 2010.

Purba, E., & Rambe, A. J. M. Analisis Beban Kerja Fisiologis Operator Di Stasiun Penggorengan Pada Industri Kerupuk. Jurnal Teknik Industri USU, Vol. 5, No. 2, 219677, Maret 2014.

Puspa, A. “Fisiologi dan Beban Kerja Fisik”, 19 Desember 2014, [Online]. Tersedia: http://industrialgirl95.blogspot.com. [Diakses 16 Desember 2021].

Syarifuddin, S., Pane, A. M., & Muzakir, M. “Analisis Beban Kerja Operator Bagian Boiler Dengan Lingkungan Kerja Fisik Di Pt. Perkebunan Nusantara III PKS SISUMUT”, Industrial Engineering Journal, Vol. 10. No.1. April 2021.

Wignjosoebroto, S. “Ergonomi, Studi Gerak Dan Waktu Teknik Analisis Untuk Peningkatan Produktivitas Kerja”. Surabaya: Guna Widya, 2000.

Tayyari & Smith. “Occupation Ergonomics Priciples and applications”. T.J. Press Ltd, Great Britain. 1997.

Sofiyanurriyanti, Sofiyanurriyanti, Okta Rezayansyah, and Agus Ardiyansyah. "Analisis Beban Kerja pada Proses Pengangkatan Pupuk ke Dalam Truck Menggunakan Metode Standard Nordic Quistionaire dan Niosh Lifting Equation di PT. Pupuk Iskandar Muda." Jurnal Optimalisasi 6.2 (2020): 165-173.

Putra, Reji Jaya, and Gaustama Putra. "Analisis Beban Kerja pada Operator Bagian Produksi dengan Menggunakan Metode NASA-TLX (Task Load Index) di PT. Ujong Neubok Dalam." Jurnal Optimalisasi 7.2 (2021): 212-224.

Sofiyanurriyanti, Sofiyanurriyanti, et al. "Analisis Kebutuhan Jumlah Tenaga Kerja Optimal Berdasarkan Penilaian Beban Kerja Fisik Menggunakan Cardiovascular Load dan Stopwatch Time Study (Studi Kasus UD. Batu Alam Kabupaten Aceh Barat)." Jurnal Optimalisasi 7.1 (2021): 119-129.

Hartati, Rita, and Putri Zuriati. "PENENTUAN JUMLAH TENAGA KERJA YANG OPTIMAL PADA DEPARTEMEN TATA KELOLA & KEPATUHAN DENGAN METODE WORK SAMPLING DI PT PUPUK ISKANDAR MUDA." Jurnal Optimalisasi 4.1 (2019): 30-37.

Tarwaka, S., & Sudiajeng, L. Ergonomi untuk keselamatan, kesehatan kerja dan produktivitas. Uniba, Surakarta, 2004, 34-50.




DOI: https://doi.org/10.35308/jopt.v8i1.4680

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Optimalisasi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

JOPT: Jurnal Optimalisasi Indexing and Abstracting by: