Hubungan Dukungan Keluarga Dengan Kemandirian Lansia Dalam Pemenuhan Aktivitas Sehari-Hari Di Desa Alue Tho Kecamatan Seunagan Kabupaten Nagan Raya

Dian Fera, Arfah Husna

Abstract


Dukungan keluarga yang optimal dapat meningkatkan kesehatan para lansia. Bagian dari dukungan keluarga adalah cinta dan kasih sayang yang merupakan asuhan dan perhatian dalam fungsi efektif keluarga. Tujuan penelitian untuk mengetahui hubungan dukungan keluarga dengan kemandirian lansia dalam pemenuhan aktifitas sehari-hari di desa Alue Tho Kecamatan Seunagan Kabupaten Nagan Raya. Jenis penelitian adalah kuantitatif dengan desain cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh lansia yang ada di Desa Alue Tho Kecamatan Seunagan Kabupaten Nagan Raya, yang berjumlah 35 orang dengan pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik total sampling, instrumen yang digunakan ialah kuesioner dan analisa data yang digunakan bivariat dengan uji chi-square. Hasil penelitian terdapat hubungan yang sangat nyata antara dukungan keluarga dengan kemandirian lansia dalam pemenuhan aktifitas sehari-hari (p=0.001). Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa dukungan keluarga berada pada kategori baik dengan kemandirian lansia dalam katogori baik sebanyak 24 (20.1%) responden maka dari itu sebaiknya keluarga agar selalu memberikan dukungan kepada lansia agar kemandirian lansia lebih baik.


Full Text:

PDF

References


BPS. 2014. Statistika Indonesia (Statistical Year Book of Indonesia). BPS. Jakarta

Nugroho. 2018. Keperawatan Gerontologi. Edisi 3. Jakarta. EGC

Puskesmas Parom. 2016. Data Profil Puskesmas Paron. Nagan Raya. 2016

Notoadmodjo, S. 2010. Komunikasi dalam Keperawatan Genetik Jakarta. Buku Penerbitan Buku Kedokteran. EGC

Sampelan. 2015. Hubungan Dukungan Keluarga dengan Kemandirian Lansia Dalam Pemenuhan Aktivitas Sehari- hari di Desa Batu Kecamatan Likupang Selatan Kabupaten Minahasa Utara. Journel (e-Kp). 3(2)

Mulyati. 2015. Dukungan Sosial dan ekonomi Keluarga terhadap Kualitas Hidup dan Kesejahteraan Lansia di Kota Bogor. Bogor.

Friedman. 1998. Keperawatan Keluarga. Edisi 4.EGC. Jakarta.

Ikhwan. M. Kosasih. 2013. Gambaran Dukungan Sosial Keluarga Lansia dalam Mengikuti Kegiatan Posyandu Lansia. Jurnal AKP. Vol. 5 No. 1. 1 Januari – 30 Juni 2014.

Kelen et al. 2016. Tugas Keluarga dan Pemeliharaan Kesehatan dengan Mekanisme Kopling Lansia. J.Care. 4(1)

Sugiarto. Andi. 2005. Penilaian Keseimbangan Dengan Aktivitas Kehidupan Sehari- hari Pada Lansia di Panti Werdha Pelkris Elim Semarang dengan Menggunakan Berg Balance Scale dan Indeks Barthel. Semarang. UNDIP.

Hardywinoto,S. 2005. Gerontology Tinjauan dari Berbagai Aspek. Cetakan kedua. Jakarta. PT. Gramedia Pustaka Umum.

Akhmadi. 2008. Penegrtian Lansia dan Permasalahan Lanjut Usia, dari http/:www.rajawana.com (diakses 10 Oktober 2018)

Felpina,J.,D. 2017. Hubungan Dukungan Keluarga dengan Kemandirian Lansia Dalam Pemenuhan Kebutuhan Sehari- hari di Posyandu Lansia Permadi Kelurahan Tlogomas Kota Malang. Nursing News. 2(3)

Ediawati. 2013. Gambaran Tingkat Kemandirian Activity Of Daily Living (ADL) dan Resiko Jatuh pada Lansia di Panti Sosial

Tresna Wreda Budi Mulia 01 dan 03 Jakarta Timur. Skripsi.

Rohaedi. 2016. Tingakt Kemandirian Lansia dalam Aktivitas Daily Living di Panti Sosial Tresna Werdha Senja Rawi. journal Pendidikan Keperawatan Indonesia. 2(1)




DOI: https://doi.org/10.35308/j-kesmas.v5i2.1150

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




p-ISSN 2355-0643
e-ISSN 2355-0988

Managed by Fakultas Kesehatan Masyarakat
Published by Universitas Teuku Umar
Website : http://jurnal.utu.ac.id/jkesmas
Email    : jkemas@utu.ac.id

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.