The Effect of Picture Storybooks on Language Development of Preschool Children at TK Al Muttaqin
Abstract
Perkembangan bahasa merupakan aspek penting dalam pertumbuhan dan perkembangan anak usia prasekolah. Salah satu cara untuk merangsang perkembangan bahasa adalah melalui kegiatan bercerita menggunakan buku cerita bergambar. Buku ini menarik secara visual dan membantu anak memahami pemahaman, struktur kalimat, dan cara berkomunikasi secara efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh buku cerita bergambar terhadap perkembangan bahasa anak usia prasekolah di TK Al Muttaqin. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen nonequivalent dengan desain kelompok kontrol. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 10 Maret sampai dengan 18 Maret 2025. Sampel penelitian ini sebanyak 70 responden, dengan masing-masing kelompok berjumlah 35 responden. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik total sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi. Uji statistik dalam penelitian ini menggunakan uji Wilcoxon dan Mann-Whitney. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar partisipan berusia 6 tahun, berjenis kelamin perempuan, dan berbicara dalam bahasa Indonesia dan Jawa. Sebelum intervensi, sebagian besar responden berada pada kategori Masih Berkembang, yaitu sebanyak 22 responden (62,8%). Setelah dilakukan intervensi terjadi peningkatan mayoritas ke kategori Berkembang Sangat Baik yaitu sebanyak 20 responden (56,4%). Hasil penelitian menunjukkan nilai signifikansi p value 0,000. Ada pengaruh penggunaan buku cerita bergambar terhadap perkembangan bahasa anak prasekolah di TK Al Muttaqin.
Kata Kunci: Buku Cerita Bergambar; Perkembangan Bahasa; Anak Usia Prasekolah
Full Text:
PDFReferences
Anggriani, M., Hairunisa, H., Akbar, M. R., Mulyadi, M., & Widayati, U. (2022). Pengembangan Buku Cerita
Bergambar Interaktif Berorientasi Literasi dan Pendidikan Karakter Siswa untuk Meningkatkan Kemampuan dan
Minat Membaca Kelas V SDN 63 Dodu Kota Bima. Jurnal Pendidikan Bahasa, 12(2), 31–40.
https://doi.org/10.37630/jpb.v12i2.833
Astuti, T., & Ramdhani, L. A. (2023). Media Buku Cerita Bergambar mengembangkan Kemampuan Membaca
Permulaan Anak Usia 5-6 Tahun. Journal on Teacher Education, 5(1), 387–396.
https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jote.v5i1.18665
Aulina, C. N. (2019). Buku Ajar Metodologi Pengembangan Bahasa Anak Usia Dini (1st ed.). UMSIDA Press.
https://doi.org/https://doi.org/10.21070/2019/978-623-7578-09-3
Ayudiah, A., Isyos, S. S., Nita, I., Nuriani, N., Jumining, J., & Ratna, M. (2024). Hubungan Pola Asuh Orangtua Dengan
Perkembangan Bahasa Anak Prasekolah Puskesmas Pegajahan Kec. Pegajahan Kab. Serdang Bedagai Tahun 2023.
Protein : Jurnal Ilmu Keperawatan Dan Kebidanan., 2(1), 137–148. https://doi.org/10.61132/protein.v2i1.93
Faizin, N. (2022). Pengaruh Metode Bercerita Dengan Buku Cerita Bergambar Terhadap Kemampuan Bahasa Ekspresif
Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Pembina 3 Tarakan. Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 17(12), 21.
https://doi.org/10.2307/4023556
Hamidah, N. H., & Fauziah, I. P. (2024). Permasalahan Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini Dan Faktor Yang
Mempengaruhinya. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 30–38.
https://doi.org/https://doi.org/10.35706/murangkalih.v5i01.10854
Hariyani, M., Camelia, D., Fadilah, Y., & Dheasari, A. E. (2022). Meningkatkan Kemampuan Bercerita Anak melalui
Media Buku Cerita Gambar. As-Sabiqun: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(5), 1345–1361.
https://doi.org/10.36088/assabiqun.v4i5.2259
Haryati, H. (2024). Peran Lingkungan Dalam Pengembangan Bahasa AUD. Jurnal Ilmiah Cahaya Paud, 6(1), 184–
https://doi.org/10.33387/cahayapd.v6i1.7605
Ishak, & Awaliah, A. (2023). Analisi Penggunaan Media Cerita Bergambar Dalam Meningkatkan Kemampuan Bahasa
Anak Usia 4-5 Tahun. Educhild: Journal Of Early Childhood Education, 4(1), 1–13.
https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30863/educhild.v4i1.5508
Kemenkes. (2024). Strategi Komunikasi Efektif Dan Stimulasi Perkembangan Bicara Anak Pada Pasien Dengan
Gangguan Perilaku Dan Speech Delay. Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.
https://lms.kemkes.go.id/courses/e43dd296-8130-4962-a040-e1ea0009487f
Lestari, S., Rusmayadi, & Azizah, A. (2020). Pengaruh Buku Cerita Bergambar Berbasis Dongeng Terhadap
Kemampuan Bahasa Reseptif Anak Usia Dini. Jurnal Jendela Bunda. https://eprints.unm.ac.id/27225/
Lestari, T., Mustika, I., & Ismayani, R. M. (2020). Pengaruh Pola Asuh Terhadap Perkembangan Bahasa Anak. Parole:
Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 3(1), 1–12. https://doi.org/DOI: 10.36456/parole.v3i1.10789
Nasution, F., Siregar, A., Arini, T., & Zhani, V. U. (2023). Permasalahan Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. Jurnal
Pendidikan Dan Keguruan, 1(5), 406–414.
Ngura, E. T. (2022). Media Buku Cerita Bergambar (K. Satoto (ed.); 1st ed.). Jejak Pustaka.
Norlita, W., & Rizky, M. (2022). Pengetahuan Orang Tua tentang Gangguan Perkembangan Speech Delay pada Anak
Usia 1-5 Tahun di Posyandu Wilayah Kerja Puskesmas Sidomulyo Pekanbaru. Jurnal Kesehatan" As-Shiha", 2(2).
https://ejurnal.umri.ac.id/index.php/JKU/article/view/4411
Nursalam. (2020). Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan (5th ed.). Salemba Medika.
Rahmawati, Kurniawati, W., & Novianto, E. (2023). Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Melalui Metode Bercerita
Dengan Media Buku Cerita Bergambar Pada Anak Usia Dini. Tarbiyah Jurnal: Jurnal Keguruan Dan Ilmu
Pendidikan. http://journal.an-nur.ac.id/index.php/tarbiyahjurnal
Ratnasari, E. M., & Zubaidah, E. (2019). Pengaruh Penggunaan Buku Cerita Bergambar Terhadap Kemampuan
Berbicara Anak. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(3), 267–275.
https://doi.org/10.24246/j.js.2019.v9.i3.p267-275
Schoppmann, J., Severin, F., Schneider, S., & Seehagen, S. (2023). The effect of picture book reading on young
children’s use of an emotion regulation strategy. Plos One, 18(8 August), 1–22.
https://doi.org/10.1371/journal.pone.0289403
Sudirlan. (2024). Faktor yang Mempengaruhi Perkembangan Bahasa Pada Anak Usia Dini. Seminar Psikologi
Pendidikan Ke1 Asosiasi Psikologi Pendidikan Indonesia, 1(1), 69–76.
Wang, Y. (2023). Factors Affecting Children’s Language Development: A Systematic Review. Journal of Education,
Humanities and Social Sciences, 8, 2089–2093. https://doi.org/10.54097/ehss.v8i.4650
DOI: https://doi.org/10.35308/j-kesmas.v12i2.12758
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Managed by Fakultas Kesehatan Masyarakat
Published by Universitas Teuku Umar
Website: http://jurnal.utu.ac.id/jkesmas
Email: jkemas@utu.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.






.jpg)


